Ini Dia 12 Mobil Bertenaga Diesel Paling Cepat Didunia

Mobil tercepat -  Apa yang terlintas dipikiran anda ketika mendengar kata diesel ? Beberapa berfikir mesin diesel hanya digunakan pada truk, bus dan cross over karena mobil itu membutuhkan daya yang besar sehingga mesin diesel sangat cocok menjadi pilihan. Namun percayakah anda jika ada sportcar yang menggunakan mesin diesel sebagai jantung pacunya. Jika anda penasaran kami sudah merangkum 12 mobil bermesin diesel tercepat didunia.


Baca juga Apa itu mesin diesel dan bagaimana cara kerjanya

Berbagai pengembangan teknologi pada mesin diesel telah dilakukan oleh sejumlah produsen mobil. akibatnya mesin diesel menjadi populer, selain irit, mesin diesel juga lebih efisien dan mempunyai daya tahan tinggi.

pada mesin diesel pembakaran terjadi karena terdapat udara, compression, dan fuel. sedangkan pada mesin bensin pembakaran terjadi ketika terdapat af mixture, compression, dan spark plug. perbedaan ini menyebabkan output dari kedua mesin itu berbeda.

saat ini mesin diesel tidak lagi identik dengan truk yang dikenal berisik dan berasap hitam. Mesin diesel modern sudah mengusung teknologi common rail yang mampu lulus uji emisi hingga Euro 4. Inilah 12 mobil bermesin diesel tercepat didunia.

Baca juga Apa itu diesel common rail dan bagaimana cara kerjanya

1. Alfa romeo giulietta 2.0 jtdm-2. 


source: car-me.jp

kita mulai dari segmen kompak car. dilengkapi mesin diesel 2000 cc jtdm mobil ini dapat mencapai kecepatan maksimal 135 mph. akselerasi 0-60 mph 17 detik dan dapat menyemburkan tenaga sampai 170 hp.


2.Jaguar xf



jaguar menciptakan variant xf berkecepatan 140mph menggunakan mesin berkapasitas 3000 cc turbodiesel engine menjadikan luxury car ini salah satu sedan bermesin diesel terbaik. xf dapat menghasilkan torsi lebih dari 440 pound-feets 0-60mph ditempuh selama 5.9 detik.

3. Porsche macan s diesel


kita beralih ke segment luxury SUV, setelah sukses dengan model cayenne porsche memperkenalkan macan s diesel, mengusung tema powerful and fast ride, macan s diesel disuntikan mesin diesel enam silinder dan dilengkapi sistem penggerak AWD. performa sangat impresiv, top speed mencapai 142 mphsementara 0-60mph ditempuh 6.2 detik. selain itu macan s diesel juga dapat menyemburkan tenaga 258 hp.

4. Mercedes-Benz C-Class  C350 CDI


source: mcautosales.co.uk

salah satu produsen premium car juga tak mau ketinggalan. mercy mempunyai deretan luxury car bermesin diesel salah satunya c class c350. mobil ini mampu mencapai kecepatan 155 mph dan akselerasi 0-62 mph selama 6 detik.


5. Peugeot RCZ
 
caradvice.com.au


Nama Puegeot sudah familiar di kancah dunia otomotif dunua, khususnya di Eropa. seperti para kompetitornya, Puegeot juga memiliki varian mobil bermesin diesel. Pueget RCZ menggunakan jantung pacu mesin diesel berkapasitas 1.9 L 4 silinder. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 163 Hp dan bisa mencapai kecepatan 136 Mph. namun, sayangnya varian ini sudah tidak diproduksi.

6. BMW 328D
newcars.com

mobil selanjutnya juga berasal dari dataran Eropa. Seperti saingan senegaranya, BMW juga mengeluarkan mobil bertenaga diesel. mesin diesel berkapasitas 2.0 L yang disematkan di model 328D ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 180 Hp, dan mobil ini juga bisa mencapai kecepatan 140 Mph. selain itu, BMW 328D memiliki akselerasi yang cukup baik. jarak 0-60 hanya ditempuh selama 7,4 detik.

7. Mini Cooper SD
mini.ie

mobil bertenaga diesel selanjutnya ada di segment hatchback mewah,tepatnya Mini Cooper SD. Berbeda jika sebelumnya mesin diesel identik dengan mobil berdimensi besar, kali ini mesin diesel nampaknya mulai merambah ke sektor mobil-mobil kecil. Hasilnya, Mini Copper SD memiliki power mencapai 140 Hp dan kecepatan mencapai 134 Mph.

8. Audi A5 3.0 TDI Coupe
cardotcom.com

Selanjutnya, ada juga mobil bermesin diesel di segmen Coupe. Hal ini cukup mengejutkan karena biasanya mobil-mobil berlabel coupe, identik dengan kecepatan dan akselerasi yang akan maksimal didapat pada mesin bensin. namun, nampaknya teknologi sudah berkembang pesat sehigga mesin diesel juga dapat merambah ke segmen coupe. Audi A5 Coupe memiliki jantung pacu bermesin diesel berkapasitas 3.0 L V6 yang dapat menyemburkan tenaga sebesar 201 Hp dan kecepatan mencapai 146 Mph.

9. Maserati Ghibli Diesel
starmoz.com

Selanjutnya, kita masih bicara tentang mobil luxury asal Eropa, kali ini ada model Maserati. merk ini memang belum terlalu populer di Indonesia, karena merk ini berfokus pada segmen sport sedan di Eropa. Model Ghibli Diesel, memiliki jantung pacu bertenaga diesel yang mampu mengeluarkan kecepatan mencapai 155 Mph dengan akselerasi 1-62 hanya 6,3 detik. mobil ini juga sudah mendapatkan rating 5 pada EuroNCAP Rating.

10. Porsche Panamera Turbodiesel
theautochannel.com

selain memiliki varian diesel pada model Cayenne dan Macan, Porsche juga memiliki varian diesel pada salah satu luxury car keluaranya. Porsche Panamera Turbodiesel memiliki mesin diesel berkapasitas 2.900 cc V6 dengan Turbocharger yang mampu mengeluarkan output mencapai 300 Hp dan torsi 480 pound-feet. sementara untuk kecepatan, mobil ini mampu melaju dengan kecepatan 160 Mph dengan akselerasi 6 detik menempuh 0-60.

11. BMW Alpina D3 Bi-Turbo
carmagazine.co.uk

Selanjutnya, kembali kita bicara merk asal Jerman yaitu BMW. Mobil mewah ini tak mau kalah dengan para kompetitornya yang mulai mengeluarkan varian mesin diesel high performance. Sehingga pada model Alpina, BMW menyisipkan sebuah mesin diesel berkapasitas 3.000 cc V6 yang dilengkapi dua buah Turbocharger, hasilnya mobil ini mampu mengeluarkan daya hinga 350 Hp dan kecepatan hingga 172 Mph. sementara urusan akselerasi, untuk mencapai kecepatan 60 Mph, mobil ini hanya butuh waktu 4,6 detik.

12. Trident Iceni



Terakhir ada Sportcar asal British yang patut disambangi sebagai Mobil bermesin diesel tercepat didunia. spesifikasi yang dimiliki sportcar ini tak kalah gahar dari para kompetitornya yang menggunakan mesin bensin. Disokong oleh 6.6 liter v8 turbo diesel trident iceni dapat mencapai kecepatan maksimal 190 mph, menghasilkan 395 hp dan 700 pound-feet tentu sangat impressive dan mampu menandingi kompetitornya.

Itulah sekilas mobil-mobil tercepat yang menggunakan mesin diesel sebagai dapur pacunya. Semoga makin tau tentang info otomotif.