Cara kerja elektrik mirror pada Mobil modern

Elektrik Mirror - Teknologi didalam sebuah mobil, saat ini sudah banyak sekali mengalami pengembangan. Bukan hanya di sektor mesin, sektor keamanan dan kenyamanan juga menjadi sektor yang mengalami banyak pengembangan. Buktinya, ada banyak sekali komponen elektrik pada satu unit mobil.

Cara kerja elektrik mirror

Salah satu inovasi didalam mobil yaitu mirror atau spion. Mirror adalah sepasang cermin yang terletak di samping kendaraan dan berfungsi untuk mengetahui kondisi di area samping kendaraan. Mirror pada mobil saat ini sudah mengusung sistem elektrik mirror. Bagaimana cara kerja elektrik mirror? Simak pembahasan lebih lengkap dibawah

Mirror atau spion akan menunjang keselamatan dalam pengendaraan sebuah kendaraan. Selain itu, mirror juga menjadi elemen harus dilengkapi agar tidak kena tilang.

Apa itu Elektrik Mirror? 


Elektrik mirror atau spion elektronika adalah sepasang spion yang memiliki fungsi sama dengan spion pada umumnya, namun sudut pandang pada elektrik mirror dapat disesuaikan oleh pengguna untuk menjamah area yang lebih luas dan jelas.

Hal ini akan mengatasi permasalah yang terjadi pada spion biasa. Pada spion biasa, kita perlu menyesuaikan sudut spion secara manual sebelum berkendara untuk memperoleh sudut pandang yang sesuai. Tentunya hal ini lebih rumit dan tidak efektif.

Untuk itu, elektrik mirror hadir sebagai fitur penyesuaian kaca spion melalui sentuhan tombol. Sehingga, kapanpun kita dapat mengubah sudut pandang mirror atau spion dengan mudah dan efektif.

Komponen Sistem Elektrik Mirror


Sesuai namanya, elektrik mirror memiliki berbagai komponen elektronika yang saling terintegrasi untuk memposisikan mirror dengan ketepatan tinggi. Komponen elektrik mirror yaitu ;

1. 4 way mirror switch
Mirror switch

Switch atau saklar ini berfungsi sebagai input untuk menggerakan mirror pada empat arah berbeda. Disebut 4 way switch karena saklar ini memiliki 4 tombol yang masing masing berfungsi menggerakan mirror ke atas, bawah, kiri, dan kanan.

2. L/R Switch Button
Komponen ini juga termasuk switch elektrik mirror namun tidak menyatu  dengan 4 way switch. Saklar ini berfungsi untuk mengubah perintah pengoperasian. Dalam satu kendaraan pasti memiliki minimal 2 mirror. Namun hanya ada satu saklar untuk menyesuaikan posisi mirror. Switch ini akan mengatur pengoperasian mirror kiri atau mirror kanan.

3. Mirror Motor
Mirror motor

Motor ini pada dasarnya sama dengan motor listrik umum yang mengubah energi listrik ke dalam energi putar. Namun didalam sistem elektrik mirror energi putar tersebut dikonversi melalui tuas untuk menggerakan mirror. Dalam sebuah mirror terdapat dua motor agar dapat menggerakan mirror ke 4 arah berbeda.

4. Mirror Housing
Mirror housing

Mirror housing pada sistem elektrik mirror memiliki bentuk yang lebih cembung. Hal ini dikarenakan terdapat komponen motor mirror yang akan diletakan dibelakang cermin.

5. Mirrors
Mirrir atau cermin, menjadi komponen utama pada sistem ini. Cermin ini pada dasarnya sama dengan cermin biasa namun terletak bebas (floating) dengan mirror housing. Sehingga mirror dapat bergerak tanpa menngganggu mirror housing.

6. Fuse, relay dan kabel
Komponen yang tak boleh ketinggalan dalam setiap sistem elektrikal adalah kabel, dan pengaman (fuse dan relay). Kabel didalam sistem elektrik mirror ada dua jenis yaitu kabel kontrol yang memiliki diameter kecil dan kabel power yang memiliki diameter lebih besar.

Cara Kerja Elektrik Mirror

Diagram elektrik mirror

Cara kerja elektrik mirror dimulai saat kunci kontak berada pada posisi ON yang dipicu oleh sentuhan pengguna ke mirror switch.

Arus dari baterai masuk relay elektrik mirror dan keluar menuju saklar atau switch mirror. Didalam switch mirror terdapat rangkaian saklar kombinasi yang memiliki 4 tombol dengan kontrol yang berbeda. Rangkaiannya, ditunjukan seperti pada gambar.


Kemudian ada tiga output dari saklar mirror switch ke tiap mirror. Tiga output tersebut terkait power L/H motor, power Up/Down motor, dan ground. Arus akan keluar dari ketiga output ini sesuai pengolahan didalam saklar elektrik mirror.

Arus yang keluar dari switch masuk ke motor dan tersambung dengan ground. Sehingga motor mirror berputar. Putaran tersebut diubah menjadi gerakan Up/Down atau Left/Right melalui tuas didalam mirror housing. Hal itu menyebabkan mirror bergerak sesuai keinginan pengguna.

Itulah pembahasan mengenai cara kerja elektrik mirror pada mobil yang mungkin ingin anda ketahui. Semoga dapat menambah referensi tentang dunia otomotif.