6 Jurus Jitu Membersihkan Mesin Motor Dari Karat

Membersihkan mesin motor bisa dilakukan dengan beberapa cara, ada cara yang mudah ada pula yang perlu alat khusus. Nah, sebelum kita membersihkan mesin motor kita perlu mengetahui jenis kotoran apa yang menghinggapi blok mesin motor kita.

Mengapa ini penting ?

karena dengan mengetahui kotoran atau kerak yang menempel kita bisa tahu bahan dan alat apa saja yang dibutuhkan untuk menghilangkan kotoran tersebut biar kinclong seperti baru.

Jenis kotoran yang paling umum ditemui pada mesin motor adalah karat dan kerak.

Ini terjadi karena posisi mesin di bagian luar yang langsung berinteraksi dengan udara bebas membuat kotoran dari luar bisa langsung menempel pada permukaan mesin. Apalagi jika ditambah ada rembesan oli dipermukaan mesin maka kotoran akan semakin mudah menempel.


cara mengkilapkan blok mesin dengan solar

Sementara karat dihasilkan dari reaksi antara besi dan air, ini terjadi jika motor anda tidak dirawat atau tidak digunakan dalam waktu lama. Lantas, apa solusinya ?

1. Gunakan Air Detergent

Untuk langkah awal, anda perlu membersihkan permukaan mesin dari debu dan kotoran ringan lain. Ini ditujukan agar anda bisa memilah mana kerak yang membandel dan mana yang bisa dibersihkan dengan mudah.
membersihkan motor berkarat menggunakan sitrun

Untuk langkah ini, anda cukup menyediakan air yang sudah ditambah detergent atau cairan pembersih piring. cairan yang dipakai kalau bisa detergent yang bisa mengangkat noda-noda membandel. Dan siapkan pula kain lap.

Bagaimana caranya ? Basahkan kain lap menggunakan air detergent yang sudah kita buat, selanjutnya usapkan kain tersebut ke area permukaan mesin hingga noda-noda berupa noda tanah dan nida oli hilang.

2. Pakai bantuan bensin/solar

Bensin atau solar selain mudah terbakar juga memiliki sifat membilas. Artinya bahan bakar ini bisa mengangkat kotoran khususnya kotoran oli disela-sela mesin dengan cepat.


Kita perlu menyiapkan bahan bakar tersebut didalam bak penampung dan sebuah koas atau sikat gigi bekas untuk media pembilas. Caranya, cukup mudah anda hanya perlu membersihkan area mesin memakai koas atau sikat gigi. Pembersihan ini berbeda dengan yang pertama karena pada pembersihan ini, kotoran akan langsung terbawa pada molekul bahan bakar.

Sehingga ketika dibagian bawah mesin sudah kita siapkan bak penampung maka bahan bakar akan langsung berubah warna menjadi kehitaman bertanda kotoran pada sela-sela mesin mulai terangkat.

3. Gunakan Cairan Pembersih Westafel


Cairan pembersih westafel atau WC memang cukup ampuh untuk menghilangkan kerak atau noda membandel dipermukaan closet. Ini juga bisa kita alih fungsikan pada blok mesin motor.

Caranya juga sama, cukup siapkan cairan pembersih kloset didalam suatu wadah dan siapkan sikat kasar. Sikat ini bisa berupa sikat gigi atau sikat kawat jika bisa yang memiliki bulu yang kasar.

Caranya, celupkan sikat didalam cairan pembersih kemudian gosokan sikat ini kepermukaan mesin yang berkerak. Gosokan sikat ini hingga kotoran terangkat. Anda juga bisa memakai detergent untuk membersihkan area permukaan mesin yang telah dibersihkan dengan cairan pembersih westafel.

4. Gunakan Larutan Asam Cuka
cara membersihkan mesin megapro tanpa krom
img by ida.co.id


Larutan asam cuka memang banyak dipakai untuk menghilangkan karat dari permukaan besi. Zat asam pada cuka akan meluruhkan karat sebagai hasil oksidasi besi dengan oksigen. Blok mesin, juga terbuat dari permukaan logam untuk itu anda bisa memanfaatkan asam cuka ini untuk membersihkan area permukaan mesin yang berkarat.

Caranya, sama seperti nomor tiga. Anda perlu membasahi area permukaan mesin yang berkarat memakai cuka ini dan gosokan menggunakan bantuan sikat. Tapi, larutan asam cuka memiliki efek merusak cat pada body motor. Untuk itu saat anda melakukan langkah ini pastikan tidak ada tetesan asam cuka ke body motor.

5. Amplas Bagian Yang Berkarat

Langkah ini bisa anda ambil jika kondisi mesin dalam kondisi berkarat parah. Sebenarnya karat yang terbentuk ini akibat reaksi air yang ada pada blok mesin yang berbentuk besi, jadi karat ini timbul dari permukaan blok mesin sehingga bisa kita amplas untuk menghilangkannya.

Anda bisa memakai amplas halus jika permukaan karat masih tergolong ringan, dan anda juga bisa memakai jenis amplas lebih kasar jika ketebalan karat terlalu besar.

6. Cat Ulang Mesin Motor Anda

Langkah pemgecatan dilakukan apabila kondisi mesin benar-benar parah. Dimana karat dan kerak menempel dihampir seluruh bagian mesin baik yang terlihat ataupun yang sulit dijangkau. Tapi, pengecatan ini hanya bersifat mengaburkan warna blok mesin sehingga warnanya mungkin akan terlihat baru tapi permukaannya masih sama.

Untuk itu sebelum anda mengecat ulang blok mesin anda, disarankan untuk melakukan pembersihan dari mulai pencucian hingga pengamplasan agar hasil nantinya lebih halus sehingga akan terlihat.

Untuk mengecat ini, anda perlu membongkar seluruh bagian mesin dan teknik pengecatan mesin juga berbeda dengan pengecatan body. Karena pengecatan ini tidak boleh mengenai bagian dalam mesin. Sehingga perlu penutup yang rapat bisa dari kertas agar cat tidak mrangsak masuk ke permukaan dalam mesin.

Jika anda ingin mencegah karat untuk hinggap di blok mesin motor anda, mungkin anda perlu menyemprotkan cairan khusus anti karat yang bisa mencegah terjadinya pengaratan ketika ada sisa air dipermukaan blok mesin.

Tapi, hal paling utama yang membuat motor anda berkarat yakni karena tidak pernah digunakan dengan kata lain motor hanya didiamkan menganggur. Kalaupun ditempatkan ditempat yang tertutup mungkin karat akan lebih ringan tapi jika tempatnya lembab itu bisa memicu karat yang parah, pada mesin dan bagian lain yang terbuat dari besi misalnya tanki atau knalpot.

Disisi lain, motor yang selalu digunakan meski tidak pernah dibersihkan akan lebih tahan terhadap karat meski tidak menjamin bahwa kerak dari debu akan menempel, setidaknya kita bisa lebih mudah membersihkannya. Karena membersihkan kerak itu lebihbmudah dibandingkan membersihkan karat.