Tips Mudah Membersihkan Plafon Mobil Dari Jamur dan Kotoran

Advertisement

Membersihkan Plafon Mobil – kotoran didalam interior mobil memang cukup mengganggu bagi kita, masalahnya kotoran tersebut sulit untuk dibersihkan. Mengapa ? karena bahan plafon itu terbuat dari bahan khusus yang sulit dibersihkan seperti fabric dan beludru. Tapi anda jangan panik dulu karena diartikel ini akan kita ulas cara mudah membersihkan plafon mobil menggunakan bahan-bahan disekitar kita.

Plafon, selain sulit dibersihkan juga terletak diatap interior mobil sehingga luput dari pembersihan ketika kita mencuci mobil. Sehingga kotoran pada plafon bisa membandel dan semakin sulit dibersihkan. Memang, jika kotoran yang ada pada plafon itu ringan seperti debu kering maka hanya bermodal alat vakum bisa langsung hilang. Tapi jika kotoran itu berupa noda atau bahkan jamur, perlu teknik dan alat khusus untuk membersihkannya.



Hal-hal yang mampu menyebabkan plafon mobil anda kotor antara lain ;
  • Asap Rokok, mobil sejatinya dibuat dengan kabin tertutup yang dilengkapi sistem AC. Sehingga harusnya kita tidak bisa merokok didalam mobil karena asapnya bisa mengumpul dan bersirkulasi didalam kabin. Akibatnya bukan hanya kesehatan orang didalam mobil yang terancam, tapi kondisi plafon mobi juga terlihat kusam.
  • Panas dari luar, jika kita parkirkan kendaraan dibawah terik dalam waktu lama bisa mengakibatkan perpindahan panas dari atap mobil menuju bagian dalam mobil. Sehinga suhu kabin pasti akan meningkat, jika kondisi kabin lebih lembab maka hal itu berpotensi menyebabkan pengembunan dibeberapa daerah termasuk plafon mobil. Selain itu plafon yang terkena radiasi panas juga akan cepat kusut.
  • Tangan kotor, mungkin ini penyebab yang paling sepele. Saat tangan kita kotor entah terkena oli ataupun noda makanan dan tanpa sengaja kita menyentuh plafon otomatis noda tersebut akan menempel pada plafon.
  • Sirkulasi AC, lubang ventilasi AC ada yang terletak diplafon mobil. Lubang ini akan mengeluarkan udara dari blower. Seharusnya sikulasi ini dilengkapi dengan filter AC jika tidak maka bisa saja debu dari luar masuk kedalam kabin dan menempel pada plafon didekat ventilasi AC. Masalah ini juga bisa timbul saat filter AC kotor.


Dari keempat penyebab diatas, tentu noda yang dihasilkan akan berbeda. Sehingga teknik pembersihan yang kita lakukan juga berbeda. Sebelum kita melangkah ke cara pembersihan, kita akan membahas alat dan bahan yang kita perlukan.

1. Sikat lembut
Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas dengan bulu lembut. Hal itu dikarenakan bulu yang kasar aka merusak struktur dari material plafon mobil.

2. Kain Lap/Tissue
Jika tidak ada kain lap, anda juga bisa menggunakan tissue yang bisa menyerap cairan. Jika anda akan memakai kain lap, pastikan kain tersebut dalam kondisi bersih. Karena kain ini akan kita pakai untuk finishing.

3. Cairan Pembersih
Cairan ini, sebenarnya bisa anda dapatkan digerai aksesoris otomotif atau bengkel mobil. Tapi kita juga bisa membuatnya menggunakan bahan deterjen seperti pembesih piring, dan pembersih jamur (pembersih lantai atau WC).

Caranya, dengan mencampurkan dua deterjen tersebut didalam gelas yang berisi air. Tuangkan dengan perbandingan yang seimbang. Jangan juga terlalu banyak menuangkan deterjen ke air, tuang secukupnya saja. Kemudian aduk secara berlahan, hingga deterjen tercampur dengan air.



Setelah itu, anda harus memisahkan busa dengan cairan pembersih. Mengapa ? karena busa adalah hasil reaksi antara deterjen dengan air, jika kita pakai untuk membersihkan maka tidak sanggup mengangkat noda justru akan meratakan noda.

Cara Membersihkan Plafon Mobil Dari Kotoran


Langkah awal, analisa jenis kotoran yang menempel pada plafon mobil. Jika noda tersebut kering maka anda bisa membersihkannya dengan bantuan kain kanebo basah, namun untuk plafon berbahan beludru anda bisa memakai sikat gigi yang sudah disiapkan dalam kondisi kering.

Bagaimana jika noda tersebut tidak kunjung hilang ? itu tandanya noda pada plafon bersifat membandel seperti jamur atau oli. Untuk membersihkannya ikuti langkah dibawah.

  • Celupkan sikat gigi ke cairan pembersih yang sudah kita siapkan. Pastikan untuk mencelupnya ke cairan bukan mengenai busanya.
  • Oleskan sikat tersebut kearea plafon yang kotor. Usapkan dengan gerakan searah jika bahan plafon terbuat dari kain yang lembut atau beludru. Namun untuk material plafon fabric atau leather anda bisa mengusapnya dengan gerakan memutar.
  • Usapkan terus hingga muncul lapisan pembersih di area yang kotor. Ulangi untuk mencelupkan sikat ke cairan pembersih jika noda belum terlihat bersih.
  • Jika anda sudah yakin bahwa noda tersebut sudah terangkat, maka bersihkan deterjen dari plafon memakai kain lap bersih atau tissue yang bisa menyerap air.
  • Jika nodanya masih ada, lakukan lagi langkah diatas sampai noda benar-benar hilang.


Mungkin ada beberapa noda yang cukup sulit untuk dihilangkan, khususnya noda oli pada plafon berbahan beludru. Untuk membersihkan plafon beludru memang lebih sulit, untuk itu kita diharuskan untuk lebih berhati-hati untuk membersihkan plafon material ini. Jika kita bersihkan dengan gerakan memutar maka struktur beludru akan berantakan dan berpotensi rusak. Untuk itu, secara perlahan gerakan kita harus searah.

Jika cairan pembersih diatas belum mampu mengangkat kotoran, anda harus mencobanya dengan cairan khusus pembersih interior yang sudah memiliki komposisi bahan yang tepat untuk mengangkat noda dan jamur pada interior mobil.

Demikian artikel lengkap mengenai cara mudah membersihkan plafon mobil dari jamur dan noda lainnya. Cara ini juga bisa dipakai untuk membersihkan jok atau dashboard mobil. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan otomotif kita. (img source : youtube.com)