Kapan Busi Motor Harus Di Ganti ?

Advertisement

Interval penggantian busi motor, itu berbeda bagi tiap motor. Salah satu penyebabnya karena faktor pemakaian. Motor yang dipakai secara ugal-ugalan cenderung mesinnya bekerja lebih ekstra, sementara pengendara yang lebih nyantai biasanya kinerja mesinnya juga lebih santai.

Itulah sebabnya penggantian busi motor itu beda tiap motornya, tapi bagi anda yang penasaran berapa KM penggantian busi bisa simak artikel dibawah. Akan kita bahas secara tuntas mengenai busi serta penggantiannya.

Busi selain harus bisa menyalakan api didalam ruang bakar juga harus bisa bertahan dalam suhu dan tekanan tinggi. Inilah masalah yang membuat umur busi lebih singkat, untuk interval penggantiannya harus anda lihat dari kondisi busi itu.

mengetahui busi motor yang setengah mati


Lakukan pembersihan busi setiap kali anda menyervis kendaraan ke bengkel atau ketika anda akan melakukan perawatan motor sendiri dirumah maka lakukan pembersihan serta pemeriksaan busi pada interval 4.000 KM dan kelipatannya.

Busi yang normal itu kering dan warnanya agak sedikit kecoklatan. Sementara apabila warna busi hitam, maka ada masalah pada sistem bahan bakar motor anda.

1. Busi Hitam Bukan Berarti Busi Harus Diganti

Masalah ini harus diselesaikan terlebih dahulu, pasalnya apabila anda langsung menggantui busi yang menghitam itu tanpa memperbaiki sumber masalahnya maka dalam waktu singkat ujung busi juga akan kembali berwarna hitam pekat.

Busi yang berwarna hitam disebabkan karena campuran bensin yang terlalu banyak atau boros akibatnya ada asap hitam plus emisi yang dihasilkan oleh pembakaran yang juga akan melekat pada ujung busi. Untuk solusinya anda bisa melakukan resetting karburator.

Setelah sistem bahan bakar sudah anda selesaikan, maka lihat dulu kondisi businya. Apabila warna hitam belum terlalu pekat (bisa dibersihkan) maka anda masih bisa menggunakan busi tersebut, tapi sebelumnya anda perlu mengamplas bagian kerak itu dan mengukur kembali celah busi agar pas (0,8 mm) menggunakan feeler gauge.

2. Busi berwarna putih tanda perlu diganti

Kondisi kedua, anda akan menemui ujung busi yang berwarna putih dengan sedikit kerak. Ini menandakan bahwa api yang keluar dari busi itu sudah kecil sehingga bisa disimpulkan bahwa busi sudah mulai melemah kualitasnya dan harus segera diganti.

Kondisi ini terkadang menimbulkan gejala berupa motor brebet saat kita gas. Tapi setelah mesin panas, gejala hilang.

Selain dari kedua hal diatas, apabila sampai KM 10.000 anda tidak menemui dua kondisi diatas saat memeriksa busi maka lebih baik diganti atau anda menyediakan busi cadangan. Ini karena busi yang sudah melewati pemakaian 10 ribu Km biasanya sudah mengalami penurunan kualitas. Nantinya, busi akan mati secara tiba-tiba dan apabila anda tidak memiliki busi cadangan ini akan menyulitkan.

Untuk melakukan penggantian busi, cukup mudah anda hanya perlu membuka cop busi (kabel busi) kemudian lepas busi menggunakan kunci busi yang sudah disiapkan pada masing-masing motor. Ingat saat anda memasang busi pastikan posisinya lurus serta jangan terlalu kencang saat mengencangkan busi.

Karena, panas mesin juga akan semakin merekatkan busi sehingga nanti ketika anda akan melepas busi, anda akan merasakan kesulitan. Resikonya kepala busi bisa patah. Oleh sebab itu, cukup putar busi menggunakan tangan hingga mentok (keras) dan kencangkan menggunakan lengan pemanjang sekitar 50 derajat saja.

akibat busi motor setengah mati


Untuk businya sendiri, anda bebas memilih apakah mau pilih merk Denso atau NGK atau merk lainnya. Tapi yang perlu diingat, sesuaikan busi dengan motor anda. Apabila motor anda sudah menggunakan teknologi injeksi maka gunakan busi yang memiliki resistor (ada label U atau R).

Harga busi ini juga tidak terlalu mahal, karena tidak sampai 50 ribu rupiah. Kecuali anda menggunakan busi iridium mungkin bisa lebih dari itu.


Sekian artikel lengkap dan jelas mengenai ciri ciri busi yang harus ganti. Semoga dengan mengetahui artikel diatas kita bisa menghindari motor mogok dijalan karena busi mati. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua.