Kapasitas Oli Mesin Kawasaki Ninja 250 Fi Mencapai 2 Liter

Advertisement

Oli mesin Kawasaki Ninja 250 – Salah satu sport bike yang cukup dikenal dan iconic di Indonesia adalah Kawasaki Ninja. Salah satu line-up Kawasaki Ninja adalah Ninja 250 yang memiliki mesin berkapasitas 250 cc. Lantas, dengan kapasitas itu berapa liter oli yang diperlukan ?

Seperti yang anda ketahui sebelumnya, Kawasaki Ninja menggunakan mesin karbu berkapasitas 250 cc. Untuk Ninja 250 versi lawas membutuhkan oli mesin sekitar 1,7 L. Sementara pada mesin baru yang sudah mengaplikasikan teknologi Fi memiliki kapasitas oli lebih besar.


Total, kapasitas oli mesin Ninja 250 Fi mencapai 2,3 L. Penambahan yang cukup besar bukan, ini dikarenakan desain mesin baru ini berbeda dengan versi sebelumnya. Mengusung in-line 2 silinder mesin baru Ninja 250 ini memiliki crankcase yang lebih lebar. Sehingga oli yang dibutuhkan juga lebih banyak.

Tapi kapasitas 2,3 L adalah kapasitas total yang diperlukan ketika anda mengganti oli plus filter olinya. Sementara apabila anda hanya mengganti oli mesin tanpa mengganti filter oli maka kapasitas yang diperlukan paling hanya sekitar 2 literan.

Karena anda sudah tahu kapasitasnya, anda bisa melakukan penggantian oli mesin sendiri dirumah. Tapi yang perlu diingat adalah jangan sampai mengisi oli secara berlebihan karena itu akan merusak komponen mesin.

Langkah piston, justru akan terhambat ketika banyak oli didalam crank case. Sehingga RPM maksimal mesin tidak dapat dicapai serta ada beberapa komponen yang akan mengalami kebocoran oli karena tekanan oli yang berlebihan.

Oleh sebab itu, meski kapasitasnya pas 2 Liter anda jangan mengisi dua botol oli sekaligus. Tapi pada pengisian botol kedua, pastikan anda mengisi secara bertahap. Lihat pula stik oli untuk mengetahui berapa kapasitas oli mesin yang sudah terisi didalam mesin.

Ini penting karena ketika anda mengisi oli baru du liter full maka ada oli sisa yang tidak terkuras akan menambah kapasitas oli mesin. Sehingga volume total setelah penggantian bisa lebih dari 2 liter. Untuk harga oli mesin sendiri, tergantung pilihan anda. Hanya saja untuk KM 12.000 atau kelipatannya mungkin bisa memakan biaya lebih mahal. Karena bukan hanya filter oli yang menambah beban harga, tapi anda juga perlu menambah satu liter oli untuk memenuhi kapasitas total yang mencapai 2,3 L. Jadi saat service 12.000 Km atau kelipatannya setidaknya anda harus menyediakan satu oil filter dan 3 liter oli mesin.

Harga oil filternya sekitar 75 ribu. Sementara olinya mungkin sekitar 60 ribu per liternya. Jadi biaya yang perlu anda siapkan sekitar 255 ribu rupiah. Cukup mahal hanya untuk mengganti oli, tapi harga seperti ini seharusnya bukan jadi masalah bagi pemilik Ninja yang harganya juga melebihi 50 juta. Tapi kalau anda mau lebih irit, anda bisa menyimpan 0,7 liter sisa oli untuk penggantian 12.000 Km berikutnya. Jadi nanti anda cukup membeli 2 liter oli saja.

Kapasitas oli ini juga berlaku untuk mesin-mesin Kawasaki lain yang memiliki besaran 250 cc seperti Kawasaki Z250.

Demikian artikel lengkap dan singkat mengenai kapasitas oli mesin Kawasaki Ninja 250 Fi. Semoga bisa menambah wawasan kita dan bemanfaat bagi kita semua.