7 Penyebab Suara Motor Berisik + Cara Mengatasinya

Suara motor berisik - Bunyi mesin motor yang normal itu tenang dan cenderung berat. Tidak ada bunyi tumbukan logam atau bunyi lain yang mengganggu. Tapi, tidak semua motor demikian. Anda yang sampai ke blog ini berarti sedang mencari solusi untuk masalah bunyi kasar ini.

Perlu anda ketahui, didalam mesin itu ada banyak sekali komponen yang berpotensi menimbulkan bunyi. Oleh sebab itu penangananya juga harus tepat. Dibawah akan kita kupas secara rinci penyebab motor berisik dan cara tepat mengatasinya.

Kembali lagi ke pembahasan awal, bahwa didalam mesin ada banyak sekali komponen yang bergesekan. Bahkan bisa dibilang bahwa mesin kendaraan adalah sekumpulan komponen logam yang bergesekan. Yang paham akan otomotif pasti tahu dengan hal ini.

Gesekan komponen berbahan logam ini pastilah menyebabkan bunyi. Tapi, bunyi tersebut tersamarkan oleh bunyi dentuman pembakaran dan akibat adanya sistem pelumas.

Dalam hal ini oli sebagai pelumas mesin akan melapisi semua komponen yang bergesekan, sehingga ketika ada komponen yang bergesekan ada lapisan oli yang membatasinya.

Permasalah bunyi kasar, bisa disebabkan oleh faktor pelumas ataupun ada faktor lain. Apa saja ? dan bagaimana cara menghilangkan suara berisik pada mesin motor ini ?


Penyebab Suara Mesin Motor Berisik

motor bunyi klotok-klotok saat panas

1. Volume oli mesin kurang

Seperti yang kita bahas sebelumnya bahwa oli mesin itu bertugas melapisi komponen mesin yang bergesekan. Tapi dalam kondisi kurang, maka oli mesin tersebut tidak dapat melapisi seluruh komponen mesin yang bergesekan.

Sehingga ada sebagian komponen mesin yang bekerja tanpa lapisan oli. Inilah sumber bunyinya, komponen mesin yang saling bergesekan ini akan mengeluarkan bunyi yang khas.

Bunyinya tidak melulu seperti besi bergesekan, ada pula yang seperti ketukan. Biasanya ini terjadi pada area kepala silinder selaku area terjauh dari bak oli mesin.

Jika kita biarkan, ada efek negafif yang muncul bahkan lebih berat. Jika kompomen mesin aus/wear out maka performa mesin yang jadi taruhannya.

Untuk mengatasinya, pertama kita perlu menambahkan oli mesin motor kita hingga volumenya menunjukan level yang normal. Anda bisa menggunakan oli motor apapun, tapi jika bisa gunakan oli yang sama dengan oli yang ada pada mesin. Atau jika tidak anda bisa mengganti keseluruhan oli mesin dengan yang baru, untuk yang ini oli berbeda juga tidak masalah.

Baca juga : 5 ciri oli motor habis + solusinya

2. Timming chain kendor


cara menghilangkan suara motor kasar

Timming chain adalah rantai yang terletak disamping mesin (biasanya disamping kiri mesin). Rantai ini dipakai untuk menghubungkan poros engkol dengan poros nok.

Yang namanya rantai (berbahan besi) pasti bisa kendor/molor apalagi letaknya didalam mesin yang merupakan sumber panas. Hasilnya, seperti rantai roda, jika molor akan menimbulkan bunyi gemercik dan klotok-klotok yang kurang nyaman didengar.

Tapi sebenarnya, hal ini sudah diperhitungkan oleh para insinyur saat mendesain mesin dengan adanya komponen penegang/tensioner. Tensioner akan menarik timming chaih hingga tidak kendor. Tapi tensioner ini juga bersifat terbatas. Jika pemuaian timming chaih lebih besar atau pegas tensioner aus, maka bunyi ini bisa muncul.

Bagaimana solusinya ?

Ada dua cara untuk menghilangkan bunyi dari timing chain ini.

  • Pertama anda bisa mengganti tensioner motor dengan tipe tensioner manual. Kelebihannya anda bisa menegangkan timming chain dengan range lebih jauh tapi ini juga beresiko membuat timming chain putus jika tidak tepat mengunakannya.
  • Cara kedua, anda bisa mengganti dua komponen ini. Baik tensioner atau timming chain, apabila sudah diganti maka sudah dipastikan akan lebih kuat tegangannya. Kelemahannya hanya masalah harga.
Baca pula ; Cara ganti rantai keteng (timming chain) Satria FU


3. Celah katup terlalu lebar

Celah katup/klep adalah gap atau jarak antara ujung batang katup dengan ujung rocker arm dalam posisi katup tertutup (free). Celah ini umumnya memiliki nilai sekitar 0,2 hingga 0,3 mm.

Jika celah klep terlalu sempit, maka tidak ada kesempatan bagi katup untuk memuai. Sehingga bisa terjadi kebocoran kompresi dari katup yang tidak tertutup rapat karena tertekan rocker arm.

Sememtara jika terlalu lebar, pembukaan katup akan lebih lambat dan suaranya juga lebih keras. Meski celahnya tidak ada satu mili, tapi bisa menimbulkan suara cukup berisik seperti ketukan logam (tek-tek). Ini karena gerakan rocker arm menekan batang katup itu terjadi secara cepat dan tiba-tiba.

Solusinya, anda perlu stel ulang katup mesin anda dengan spesifikasi 0,2 mm pada intake valve dan 0,3 mm pada exhaust valve. Celah katup ex lebih besar karena berhubungan dengan gas buang bertemperatur tinggi sehingga laju pemuaiannya lebih jauh.


Baca juga ; cara stel klep Satria Fu sendiri tanpa ke bengkel

4. Poros nok aus/oblak


mengatasi motor ngelitik saat RPM tinggi

Inilah salah satu resiko jika oli mesin kurang, awalnya suara mesin akan terkesan berisik. Jika dibiarkan maka akan menggerus komponen mesin salah satunya poros nok.

Poros nok posisinya ada didalam kepala silinder yang merupakan area terjauh dari pusat pelumasan. Ini berarti bagian ini sangat berpotensi aus jika kondisi pelumas kurang.

Poros nok yang aus akan sedikit oblak, hasilnya akan keluar bunyi kasar dari area mesin bagian atas.

Solusinya anda perlu melakukan penggantian poros nok pada mesin motor anda. Biaya penggantian bisa cukup mahal karena harga satu unit camshaft original tidak murah.

5. Kebocoran kompresi

Bocor kompresi tidak hanya berimbas pada hilangnya tenaga motor, tapi juga ada bunyi yang dihasilkan pembakaran yang kurang ideal. Ini terjadi karena pembakaran mesin yang ideal dilakukan pasda suhu dan tekanan yang tinggi.

Jika kompresi mesin turun, otomatis kedua faktor tersebut akan menurun dan akan mengeluarkan bunyi. Bunyi yang dihassilkan tidak seperti bunyi gesekan atau bunyi ketukan logam, bunyi ini timbul dari bunyi pembakaran namun lebih kasar yang biasanya disertai asap putih dari knalpot.

Untuk mengatasinya, pertama kita perlu tes kompresinya menggunakan compression tester. Baru kita bisa menyimpulkan apakah kompresi turun atau tidak. Jika turun kita perlu mencari sumber kebocoran tersebut. Baca : Ciri-ciri mesin bocor kompresi

6. Ada baut yang kendor

Ini serinh terjadi pada komponen pelengkap mesin seperti cover dan braket. Komponen-komponen ini disatukan menggunakan baut atau mur. Jika baut pengikat ini kendor, braket atau cover ini bisa oblak.

Saat mesin dihidupkan, komponen ini akan bergetar yang imbasnya ada pada suara mesin yang berisik. Untuk masalah ini, bunyi yang dirasakan berupa bunyi getaran logam yang berasal dari area luar mesin.

Solusinya, tinggal kencangkan baut pengikat braket atau cover mesin yang mengalami longgar. Pengencangan ini mungkin memerlukan bantuan kunci agar baut tidak lagi kendor.

7. Celah gigi primer terlalu besar


penyebab suara motor matic berisik

Gigi primer adalah roda gigi output mesin yang terletak pada poros engkol. Ada dua buah roda gigi primer, yakni drive dan driven gear. Drive gear terletak pada poros engkol, sementara driven gear terletak pada rangkaian kopling.

Celah antara dua roda gigi inilah yang dimaksud. Jika celahnya longgar maka akan muncul suara seperti mendengung dari bak mesin bagian kanan. Celah ini bisa melebar karena banyak faktor, bisa karena aus atau karena memang sudah umurnya.

Solusinya, gantilah satu set gigi primer ini. Selengkapnya baca : Cara mengatasi bunyi dengung mesin

Dari 7 penyebab motor berisik diatas ada yang termasuk masalah ringan ada pula yang berat. Untuk mengetahui area mana yang bunyi anda perlu memperhatikan bunyi tersebut secara teliti.

Pertama, cek bagian yang termudah seperti apakah ada baut kendor. Setelah itu baru kita cek dengan menghidupkan mesin untuk mengetahui dibagian mana sumber berisik itu.

Demikian artikel lengkap dan detail mengenai penyebab dan cara mengatasi motor berisik dengan mudah dan benar. Semoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kita semua.