9 Syarat Menjadi Driver GoJek (Ternyata Mudah)

Advertisement

Untuk menjadi driver transportasi berbasis online, memang tidak terlalu sulit persyaratanya. Tapi, bukan berarti semua orang bisa mengikutinya. Ads beberapa hal yang wajib ditepati ketika anda ingin mendaftar menjadi driver salah satu aplikasi transportasi online, GOJek. Lantas apa syaratnya ? simak selengkapnya dibawah.

Perkembangan teknokogi informasi memang tidak bisa dibendung. Semua sektor, sepertinya mendapatkan sentuhan perubahan dari perkembangan ini. Salah satunya, pada mode transportasi.

Ojek atau transportasi roda dua ini sebelumnya banyak kita temui di sekitar tempat-tempat umum. Sebelumnya kita harus menghampiri tempat pangkalan ojek ini untuk bisa menggunakan jasanya, tapi sekarang berkat adanya perkembangan teknologi muncul startup yang mempermudah layanan transportasi ojek ini.

GOjEK selaku start up lokal, bisa dinilai cukup berhasil dalam perubahan mode transportasi ini. Imbasnya bukan hanya penumpang yang semakin dipermudah, tapi beberapa orang juga bisa mendapatkan penghasilan ketika bergabung menjadi driver ojek online.


Apa kelebihan Menjadi Driver GoJek ?

syarat tahun motor gojek 2016

Terlepas dari segala kontroversinya, layanan ini bisa memberikan dampak positif khususnya bagi mereka yang sedang mencari lapangan pekerjaan antara lain ;

1. Kerja tapi tidak terikat waktu

Sebagai karyawan, kita pasti harus mengikuti berbagai aturan di tempat kerja kita termasuk manajemen waktu. Kapan harus masuk, kapan harus pulang dan resiko apabila telat.

Tapi, jika anda beralih profesi ke driver seperti ini anda tidak akan terikat waktu. Karena memang andalah yang menentukan sendiri kapan harus online dan kapan harus offline. Kita bisa bekerja selama mungkin apabila ingin mendapatkan pendapatan maksimal, dan bisa rehat pada pukul berapapun saat ada kepentingan lain.

Selain itu, hari libur yang harus dirayakan bersama keluarga pastinya akan lebih terasa. Anda bisa menentukan berapa lama anda akan berlibur tanpa takut dimarahi boss.

2. Potensi pendapatan besar

Berapa banyak penduduk di Indonesia ? memang mayoritas memiliki kendaraan pribadi untuk mobilitasnya. Tapi tak sedikit juga yang menggunakan jasa transportasi umum seperti GoJek ini.

Ditambah pelayanan serta harga yang lebih murah dari ojek konvensional maka orang akan penasaran dan mencoba layanan ini. Pada ojek online ini, ada ratting yang diberikan tergantung pelayanan driver terhadap penumpangnya.

Sama seperti aplikasi android, jika ratingnya besar maka banyak orang juga yang tertarik untuk mendownloadnya. Pada driver dengan ratting tinggi juga memiliki nilai kepercayaan yang juga tinggi, imbasnya tentu pada income.

3. Banyak layanan lain

Tak hanya mengantarkan penumpang, aplikasi GoJek juga menawarkan layanan antar barang (Go-Send), layanan antar makanan (Go-Food) dan Go-Mart.

Ini artinya, potensi job kita tidak hanya sebatas mengantarkan penumpang. Sebagai driver Gojek kita juga bisa menjadi kurir yang mengantar barang dalam cakupan kota.

Hasilnya, justru bisa lebih menggiurkan karena mengingat jual beli online saat ini sudah sangat berkembang pesat sehingga pekerjaan antar jemput barang sudah menjadi pekerjaan yang menjanjikan.


Lantas bagaimana cara menjadi driver Go-Jek ?

cara gabung gojek lewat sms

Untuk menjadi driver ojek online, cukup mudah anda tinggal melengkapi syarat-syaratnya dan sign up untuk mengisi formulir pendaftaran pada situs resminya dan anda akan mendapatkan informasi lanjutan terkait proses registrasi anda.

Dikutip dari situs resmi Go-Jek, syarat-syarat menjadi driver Gojek antara lain sebagai berikut ;


  1. Memiliki Sepeda Motor Pribadi Dengan Tahun Pembuatan Min 2011
  2. Memiliki KTP yang masih berlaku
  3. Memiliki SIM C yang masih berlaku
  4. Surat kelengkapan motor masih lengkap (STNK) dan berlaku
  5. Memiliki SKCK asli/legalisir yang masih berlaku
  6. Mampu bekerja 10 jam sehari dan 5 hari dalam seminggu
  7. Diutamakan yang berusia dibawah 35 tahun
  8. RAM Hp minimal 1 GB
  9. Layar Hp minimal 5 inchi


Dari syarat diatas, maka bisa disimpulkan siapapun bisa menjadi driver GoJek baik pria atau wanita asalkan memiliki sepeda motor dengan kelengkapan surat dan identitas si pemohon tentunya.

Pada syarat diatas, sudah tertera motor yang dipakai harus diproduksi diatas tahun 2011. Alasannya, mungkin karena faktor efisiensi dan polusi.

Motor yang diproduksi diatas tahun 2011 mayoritas sudah mengusung teknologi injeksi (sistem bahan bakar elektronik) hasilnya emisi yang dihasilkan lebih ramah lingkungan dan lebih efisien baik tenaga dan bahan bakar.

Untuk motor yang dipakai, itu bebas anda bisa menggunakan motor jenis apapun. Tapi untuk tipsnya, kan pekerjaan ini sangat bergantung pada sepeda motor (artinya bergantung juga pada konsumsi bensin).

Agar lebih efisen pilihlah motor berkapasitas kecil (dibawah 150 cc) yang berteknologi injeksi. Motor seperti ini bisa menempuh lenih dari 50 Km per liternya, sehingga anda bisa memaksimalkan pendapatan dengan meminimalkan penggunaan bensin.

Bagaimana perhitungan pendapatan/keuntungan driver GoJek ?

Secara umum, sistem pembayaran sama seperti ojek konvensional. GoJek dalam hal ini hanya berfungsi sebagai mediator yang mempertemukan driver dan costumer.

Tapi, pada GoJek ada perhitungan biaya setiap KMnya. Artinya begini, misal saya order ke GoJek dengan menyertakan tujuan saya. Disitu tertera jarak dan estimasi biayanya. Nanti anda sebagai driver akan dikontak melalui aplikasi GoJek bahwa ada yang order, pendapatan yang anda dapatkan itu biaya estimasi yang ada pada ponsel saya ketika melakukan order.

Biaya per kilometernya juga beda tiap daerah.


  • Untuk daerah Jabodetabek Rp. 30.000 tiap 12 KM
  • Untuk daerah Bandung/Bali/Surabaya Rp. 24.000 tiap 12 KM
  • Untuk daerah Palembang Rp. 16.000 tiap 8 KM
  • Sementara order pada jam 23.00 - 05.00 (semua kota) Rp. 8.000 tiap 4 KM + Komisi Rp. 3.000 (source : driver.go-jek.com)


Jadi jelaskan bagaimana kalau ingin menjadi driver Go-Jek ini, meski tarifnya lebih rendah dari ojek biaya tapi dengan pelayanan yang super anda bisa mendapatkan pendapatan yang jauh lebih besar. Untuk mendaftar langsung saja ke http://join.go-jek.com/go-ride

Demikian artikel lengkap dan jelas mengenai syarat dan cara mendaftar Gojek, semoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kita semua.