Dapatkan Tips Seputar Otomotif Terbaru Untuk Meningkatkan Performa Kendaraan Anda

3 Cara Ampuh Mengatasi Busi Hitam Secara Permanen

Advertisement

Cara mengatasi busi hitam - Salah satu masalah yang membuat pemilik motor galau adalah busi yang terusan menghitam. Sudah dibersihkan, besoknya busi kembali menghitam.

Beruntung anda membaca artikel ini, karena disini akan kita bahas langkah-langkah mengatasi busi motor yang berwarna hitam secara permanen dan tahan lama.



Sebelumnya, kita perlu mendalami apa penyebab busi motor kita menjadi hitam. Ini karena beda masalah beda pula cara memperbaikinya, perlu diketahui bahwa kondisi atau warna ujung busi merupakan indikator dari proses pembakaran mesin.

  • Kalau busi motor anda berwarna putih abu dan berkerak, maka itu tandanya campuran bensin terlalu irit atau terlalu kurus.
  • Kalau busi berwarna hitam pekat dan berkerak, itu tandanya campuran bensin terlalu boros.
  • Kalau warnanya merah bata dan kering, maka itu tandanya busi nornal dan pengapian berlangsung secara sempurna.


Untuk masalah busi hitam kering, bisa disebabkan karena campuran bensin yang terlalu boros. Yang dimaksud campuran bensin disini, adalah komposisi bensin yang keluar menuju intake manifold.

Secara ideal, campuran bensin ini hanya 1/14 dari udara yang masuk kedalam intake manifold. Apabila komposisinya lebih banyak maka itu bisa dikatakan boros.

Penyebab suplai bensin boros ini, bisa berasal dari komponen berikut

  • Choke tertutup
  • Filter udara kotor
  • Pilot jet terlalu besar
  • Setelan angin karbu terlalu rapat.



Bagaimana Cara Mengatasi Busi Motor Secara Permanen ?


Sebelumnya, anda bersihkan dahulu busi yang menghitam menggunakan amplas, sikat atau kalau perlu ganti dengan yang baru. Namun kalau kondisi businya baru anda ganti, maka cukup bersihkan.

(Baca pula bro ; Cara mudah cek busi apakah masih hidup atau mati)

Untuk mencegah busi motor kembali menghitam, maka ada beberapa langkah yang bisa anda ikut diantaranya ;

1. Bersihkan dulu filter udara motor

langkah pertama, anda bisa terlebih dahulu membersihkan filtrer udara motor. Untuk membersihkannya, memang agak spesial karena umumnya motor menggunakan filter udara jenia basah.

  • Pertama, buka box filter yang letaknya agak tersembunyi pada motor bebek. Dan ambil filter udaranya.
  • Setelah itu, anda bisa melihat seperti apa kondisi filter udara motor anda.


Filter basah, memang memiliki rongga yang lebih besar dari pada filter kering. Namun kalau tidak dibersihkan secara rutin, denu yang tersaring akan menggumpal pada permukaan filter dan menghambat laju udara.

Apabila laju udara terhambat maka kevakuman yang dibuat oleh piston akan lebih banyak menyedot bensin dari pilot jet sehingga campurannya boros.

Kalau demikian, berarti kita perlu membersihkan permukaan filter memakai lap atau sikat gigi bekas.




  • Untuk membersihkan, pertama pukulkan filter secara berlahan ke lantai hingga kotoran dari sela filter keluar.
  • Lalu gunakan lap atau sikat gigi bekas (bulu halus) untuk membersihkan kotoran yang menempel.


Jangan gunakan air apalagi mencucinya, karena filter basah ini menggunakan cairan sejenis oli untuk mengikat kotoran. Kalau terkena air maka performa filter akan berkurang.

Setelah selesai, pasang kembali filter kedalam box filter dan jangan lupa kencangkan sekrup box filter secukupnya. Untuk tutorial selengkapnya, bisa anda baca : 5 langkah membersihkan filter udara motor sendiri agar performa mesin makin joss

2. Setel sekrup udara pada karburator

Langkah kedua, kita bisa melakukan resetting sekrup pada karburator motor. Ada dua sekrup penyetel, yakni sekrup idle speed dan sekrup suplai udara.


  • Pertama, kita hidupkan motor dalam kecepatan idle.
  • Lalu putar sekrup idle speed kekanan (sesuai arah jarum jam) hingga RPM mesin sedikit meningkat.
  • Lalu putar juga sekrup udara kekanan full hingga mentok (apabila mesin brebet/mau mati putar lagi sekrup idle kekanan hingga brebet hilang)
  • Setelah sekrup udara mentok dan mesin hidup normal, kita balikan putaran sekrup idle ke arah kiri.
  • Putar hingga RPM mesin agak brebet (tidak sampai mati)
  • Setelah itu, buka sekrup udara (putar kekiri) hingga RPM mesin tidak brebet. Saat anda memutar sekrup udara ke arah kiri, berlahan RPM mesin akan meningkat. Hentikan putaran ketika tidak ada penambahan RPM lagi.
  • Disini, setelan udara sudah pas. Kita hanya tinggal menyetel sekrup idle untuk menurunkan RPM mesin pada RPM yang diinginkan.
  • Putar sekrup idle ke arah kiri hingga mesin berputar pada 900 - 1.100 RPM.


Bagi anda yang belum mengetahui sekrup ini, ada dua buah sekrup saat anda mengamati karburator motor disisi kanan motor. Sekrup penyetel tersebut lokasinya saling berjejer, sekrup yang lokasinya ditengah karbu (segaris dengan katup gas) adalah sekrup idle (2) untuk mengatur putaran idle/langsam mesin. Sementara sekrup didepannya merupakan sekrup udara (1).

Untuk melakukan setting ini, kita hanya memerlukan obeng (-) dengan ujung yang tidak terlalu kecil.

Baca pula :



3. Jika masalah belum hilang, lakukan overhoule karburator

Setelah anda melakukan dua hal diatas, seharusnya suplai bensin sudah kembali normal. Tapi kalau esok harinya, motor kembali susah hidup dan pas dicek ternyata busi kembali menghitam maka itu tandanya ada masalah pada karburator motor anda.

Ada dua komponen yang mempengaruhi suplai bensin didalam karburator. Yakni

  • Pilot jet
  • Jarum skep


Pilot jet merupakan saluran yang menghubungkan ruang pelampung dengan venturi. Disinilah bensin mengalir keluar menuju intake manifold.

Biasanya, beberapa teknisi melakukan modifikasi ukuran pilot jet untuk meningkatkan performa mesin. Jika kita ganti pilot jet dengan diameter lebih besar, maka suplai bensin akan semakin banyak dan performa mesin meningkat.

Namun, apabila busi yang dipakai tidak mendukung maka busi tersebut justru yang jadi korbannya. Busi cenderung selalu berwarna hitam akibat pengapian yang kurang sempurna. Seharusnya, setelan ini memakai busi racing.

Sehingga, untuk mengembalikan kinerja karburator ke semula kita perlu mengganti pilot jet sesuai ukuran aslinya.

Kemudian untuk jarum skep, merupakan jarum berbentuk tirus yang menempel pada katup gas. Jarum ini masuk ditengah-tengah pilot jet untuk mengatur suplai bensin.

Semakin tinggi katup gas terbuka maka diameter jarum juga akan mengecil yang membuat suplai bensin semakin banyak ketika RPM tinggi.

Namun, karena faktor pemakaian jarum ini bisa mengalami keausan. Kalau jarum skep aus, maka diameternya mengecil yang menyebabkan ruang pilot jet membesar. Imbasnya, bensin yang keluar jadi makin banyak/boros.

Dengan kata lain, selain mengganti pilot jet dengan ukuran aslinya kita juga perlu mengganti jarum skep yang baru.

Demkian artikel lengkap dan jelas mengenai cara mengatasi busi motor hitam dan kering. Semoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kita semua.