Dapatkan Tips Seputar Otomotif Terbaru Untuk Meningkatkan Performa Kendaraan Anda

Penyebab Tanki Motor Gampang Bocor + Cara Mengatasinya

Advertisement

Penyebab tanki motor bocor - Tanki adalah komponen yang berfungsi sebagai penampung bahan bakar utama sebuah kendaraan. Namun, tak jarang ditemui kondisi tanki yang bocor khususnya pada motor-motor sport. Lantas apa penyebabnya ? dan bagaimana cara mengatasinya ?

Tanki motor yang bocor, bukan hanya merugikan kita dari segi konsumsi bahan bakar yang lebih boros akibat dari keluarnya sebagian bensin dari tanki, tapi juga bisa membahayakan motor kota karena sifat bensin yang mudah terbakar membuat motor kita juga rawan terbakar.

Kalau bensin yang keluar itu cuma tetesan kecil, mungkin tidak menjadi masalah. Tapi kalau itu dibiarkan tetesan tersebut akan memperlebar permukaan area yang terkena bensin, sehingga apabila ada percikan api kecil saja (kosleting listrik/putung rokok) bisa membakar motor kita dengan cepat.

Oleh karena itu, apabila anda menemukan rembesan disekitar tanki motor maka jangan disepelekan. Segera lakukan langkah perbaikan.


Penyebab Tanki Motor Gampang Bocor


Penyebab utama tanki motkr bisa bocor adalah karat dan korosi pada permukaan tanki. Kita tahu kalau tanki motor itu terbuat dari bahan logam. Sementara logam itu rapuh kalau permukaannya karatan. Inilah yang menyebabkan adanya kebocoran.

Karat ini, memang musuh utama dari logam. Seperti yang dijelaskan pada wikipedia, karat itu adalah hasil dari korosi. Sementara korosi merupakan proses elektrokimia dari logam yang beroksidasi dengan oksigen.

Dalam hal ini, tanki yang berbahan logam berperan sebagai pereduksi sementara pengoksidasi dilakukan oleh oksigen yang terkandung didalam air. Sehingga apabila ada air didalam tanki, maka akan terjadi oksidasi dari tanki tersebut yang hasilnya berupa karat. Hal ini ditambah pula panas dari mesin yang mempercepat proses oksidasi.

Hasilnya permukaan yang karatan semakin rapuh dan tekanan sedikit saja pada permukaan ini bisa membuat permukaannya jebol.

Dari hal tersebut bisa kita simpulkan kalau penyebab tanki motor cepat bocor adalah karena air yang masuk kedalam tanki.

Dari mana air tersebut bisa masuk ?

Ada beberapa akses untuk air agar bisa masuk kedalam tanki antara lain ;

1. Dari tutup tanki



Tekanan didalam tanki motor itu harus stabil (sesuai dengan tekanan udara luar). Karena kalau berlebih bisa menyebabkan overpressure pada karburator motor. Oleh sebab itu ada ventilasi yang biasanya terletak pada tutup tanki.

Namun, kalau kita tidak hati-hati air juga bisa masuk melalui ventilasi ini. Kapan air tersebut masuk ? saat kita mencucci motor, atau saat hujan.

Itulah sebabnya mengapa masalah tanki bocor ini sering dialami pada motor sport yang tankinya didepan seperti megapro, tiger dan CB.

2. Embun didalam tanki

Saat kita melakukan pengisian bahan bakar, maka kita buka tutup tanki. Namun yang masuk kedalam tanki itu bukan hanya bensin, namun udara juga memenuhi ruang tanki.

Kalau saat itu kelembaban udara ditempat pengisian bahan bakar tergolong tinggi, maka ada potensi embun didalam tanki. Embun ini muncul akibat peningkatan suhu didalan tanki, yang memaksa air yang terkandung didalam udara untuk mengembun.

Namun karena lokasinya didalam tanki maka air tersebut akan tertampung didalam tanki motor.

3. Korosi air hujan

Air hujan memang dikenal sebagai element yang mempercepat pengaratan suatu logam. Ini terjadi karena air hujan yang jatuh dari atas mengandung banyak oksigen yang bersifat korosif. Sehingga proses pengaratan bisa langsung terjadi tanpa memerlukan oksigen tambahan dari luar.

Ini biasa terjadi pada motor-motor sport yang tanki bensinnya diluar. Namun bukan hanya tanki, semua logam yang terkena air hujan juga berpotensi berkarat. Apalagi kalau setelah hujan kita biarkan motor diluar terkena udara, ini justru mempercepat proses okidasi logam.


Bagaimana Cara Menambal Tanki Motor Yang Bocor ?


Ada beberapa cara yang bisa anda pakai untuk menambal tanki yang bocor antara lain, menggunakan bahan lem, atau resin, atau timah (patri). Bagaimana caranya ?

1. Menambal tanki motor menggunakan Lem G

Ingat yang kita pakai adalah lem G khusus untuk logam kalau bisa yang encer. Pertama lepas dan kuras seluruh bensin dari dalam tanki motor.

Kemudian, amplas bagian yang mengalami kebocoran menggunakan amplas halus dengan hati-hati. Proses pengamplasan ini hanya ditujukan untuk membersihkan permukaan yang nanti akan kita lem jadi jangan terlalu keras mengamplaanya.

Lalu teteskan lem G kebagian yang bocor, sebelum lem tersebut mengering taburkan material tambahan. Material tambahan ini bisa berupa bedak, serbuk pasir, serbuk tanah liat kering, serbuk semen atau busa filter rokok. (pilih salah satu)

Taburkan material tambahan tersebut hingga rata ke bagian yang bocor, lalu teteskan kembali lem G (jangan berlebihan) sampai material tambahan bisa merekat. Terakhir tunggu satu hingga dua jam hingga lem mengering.


img by aselimalang.com

2. Menambal tanki motor dengan teknik patri

Teknik kedua bisa anda terapkan apabila kebocoran ini berbentuk memanjang seperti goresan. Langkahnya hampir sama, pertama lepas tanki dan kuras tanki. Jangan lupa mengamplas permukaan luarnya yang akan dipatri.

Siapkan alat patri dan timah batangan. Lalu langsung torehkan lelehan timah pada area tanki yang bocor. Teknik ini memang perlu keahlian keahlian khusus jadi pastikan anda memiliki pengalaman paling tidak menyolder saat akan mengambil teknik yang satu ini.

3. Menambal tanki menggubakan resin

Resin biasa digunakan pada bahan bangunan karena kuat dan tahan lama. Kita juga bisa menerapkan resin ini untuk melapisi bagian dalam tanki agar kebocoran bisa tertambal.

Teknik yang satu ini, berbeda dengan dua cara diatas. Karenaada cara ini, kita akan menambal tanki dari permukaan dalamnya menggunakan resin. Jadi langkah pertama pastikan kondisi permukaan dalam tanki 100% kering. Untuk memastikannya, anda bisa menjemur tanki dibawah terik.

Kalau sudah dipastikan kering, siapkan setengah kilo resin dan tuangkan tinner A spesial untuk melarutkan resin (jangan terlalu encer).



Setelah resin sudah siap, kita masukan seluruh cairan resin kedalam tanki. Kemudian kita putar-putar tanki agar resin didalam tanki bisa melapisi seluruh bagian dalam tanki. Kalau sudah rata, kemudian keluarkan sisa resin yang tidak terpakai.

Sebelum resin kering, colok bagian saluran bahan bakar untuk memastikannya tidak rapat terkena resin.

Tunggu beberapa saat hingga resin mengering dan tanki sudah rapat dengan sempurna.


Tips Agar Tanki Motor Tidak Gampang Kemasukan Air


Mencegah akan lebih baik daripada mengobati, ketika anda telah selesai menambal tanki maka langkah berikutnya merawat agar tanki tidak gampang bocor.

Beberapa tips untuk mencegah tanki motor bocor antara lain ;

  • Jangan semprot (steam) air langsung kebagian tutup tanki saat mencuci.
  • Gunakan fitur pembuangan air pada tanki secara sering (beberapa motor dilengkapi fitur ini).
  • Hindari menjemur motor dibawah terik setelah mencucinya
  • Bersihkan tanki motor seusai kehujanan agar air hujan tidak menempel pada tanki.


Demikian artikel lengkap dan jelas mengenai penyebab tanki motor bocor dan cara menambal tanki motor semoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kita semua.