5 Langkah Praktis Membersihkan Filter Udara Motor

Advertisement
Membersihkan filter motor - Kebersihan filter sangat mesin bagi performa mesin baik sepeda motor atau mobil. Alasanya, komponen ini menjadi element pemisah kotoran yang terbawa aliran udara yang akan digunakan saat proses pembakaran. Sehingga ketika filter udara kotor, maka sirkulasi udara juga bisa terganggu. Hasilnya performa mesin akan berkurang.

cara bersihkan filter beat

Hal itulah yang mendasari pentingnya menjaga kebersihan filter udara secara rutin. Beruntung, letak filter ini terbilang mudah dijangkau.

Anda hanya membutuhkan sebuah obeng untuk membuka box filter udara. Sehingga untuk melakukan pembersihan filter udara, anda tidak perlu repot membawa motor anda ke bengkel. Cukup ambil obeng dan lakukan sendiri.
Lantas bagaimana caranya, simak tips tentang cara membersihkan filter udara motor berikut ini.

sebelum melamgkah ke teknik pembersihan filter, anda harus mengetahui bahwa tiap motor memiliki jenis saringan udara yang berbeda. Sehingga setelah anda melepas komponen filter dari sepeda motor lakukan identifikasii, karena tiap jenis filter memiliki cara membersihkan yang berbeda.

umumnya pada sepeda motor akan dijumpai tiga jenis filter ini ;

1. Tipe Kertas Kering
Saringan ini terbuat dari element berbahan kertas. Daya saring jenis ini memang cukup baik namun kurang untuk performa mesin. Selain itu jenis ini terbilang awet karena dapat dilakukan berulang-ulang hingga jarak tempuh 40.000. Anda akan menemui jenis saringan ini pada motor-motor karbu.

2. Tipe Kertas Basah
Meski memiliki bahan yang sama, namun jenis ini memiliki karakteristik yang berbeda. Jenis saringan ini dapat memaksimalkan performa mesin, karena desain element dibuat agar memiliki rongga lebih besar. Sehingga sirkulasi udara berlangsung lebih lancar. Untuk daya penyaringan, filter ini memiliki lapisan oli yang dapat menangkap debu yang melewatinya. Sehingga disebut filter basah. Anda dapat menemui jenis ini pada motor matic atau injeksi.

3. Tipe busa atau Foam
Untuk tipe ketiga terbuat dari busa yang dilingkarkan ke box filter. Jenis ini akan anda temui pada motor-motor lama atau atau berkapasitas besar (150 cc ke atas). Filter ini memiliki pori uang kecil namun dalam jumlah banyak serta menyebar. Sehingga selain baik dalam penyaringan, performa mesin pun ikut terjaga.

Cara Mudah Membersihkan Saringan Udara Motor


Langkah awal yang anda lakukan adalah siapkan segala alat dan bahan untuk membersihkan. Alat yang anda butuhkan adalah obeng plus tapi tidak menutup kemungkinan terdapat alat yang lain, hal itu tergantung jenis motor dan letak box saringan itu tersendiri. Pada motor matic, memiliki box yang terletak disamping sehingga mudah untuk dibuka. Namun pada motor bebek atau sport, memiliki box yang terselip sehingga perlu alat tambahan untuk membukanya.

1. Lepas penutup box saringan dengan membuka semua sekrup menggunakan obeng.

harga filter udara beat

2. Keluarkan element air filter dari dalam box.

3. Bersihkan element tersebut dengan cara ini.

  • Pada jenis saringan kertas kering, anda perlu menggunakan angin bertekanan untuk membuang semua debu. Semprotkan air bertekanan sedang pada kedua sisi filter.
memberihkan filter udara motor matic
  • Pada jenis kertas basah, anda tidak boleh langsung membersihkanya dengan udara bertekanan. Biasanya terdapat peringatan untuk tidak membuka box filter pada motor yang menggunakan kertas basah. hal itu karena filter ini memang bersifat sekali pakai. Tapi dengan cara yang benar kita bisa membersihkanya. Caranya, dengan menggosoknya dengan sikat gigi hingga kotoran keluar. Jangan mencuci atau menyemprotkan angin karena akan mengeringakn filter.
harga filter udara motor variasi
4. Saat membersihkan jangan terlalu keras karena bisa saja merusak filter. Bersihkan secara berlahan sampai debu tidak keluar dari filter.

5. Terakhir pasangkan kembali filter ke box dengan arah seperti awal. Jangan lupa untuk mengencangkan semua sekrup box.

Agar performa mesin terjaga, dianjurkan untuk melakukan pembersihan saringan secara berkala setiap 10.000 sampai 15.000 KM. Namun komponen ini tetap memiliki batas pemakaian meski telah dibersihkan. Hal itu dipengaruhi struktur element yang berubah akibat selalu digunakan. Baca memilih jenis filter baru untuk mobil dan motor untuk mengetahui informasi tentang penggantian saringan udara.

itulah pembahasan kita kali ini tentang tips membersihkan filter udara motor dan mobil. Semoga membantu.