Rahasia Menghidupkan Motor Tanpa Kunci Kontak (Anda Pun Bisa)

Advertisement
Saat kita akan menyalakan mesin motor, kita harus memerlukan sebuah kunci kontak. Kalau tanpa kunci kontak mana mungkin mesin bisa dihidupkan.

Bagaimana kalau hilang ?

masih ada kunci kotak cadangan.

Tapi ternyata kunci cadangan juga TIDAK ADA. Sehingga anda berfikir jika motor anda tidak bisa lagi digunakan. Namun tahan dulu, pada sepeda motor yang umumnya masih menggunakan sistem konvensional hal ini mudah untuk diatasi.

Alasanya, karena kunci kontak sebenarnya hanya berfungsi sebagai alat untuk memutar posisi kontak didalam switch agar arus baterai dapat terhubung dengan reangkaian CDI dan kelistrikan utama. Artinya cara menghidupkan motor tanpa kunci kontak, bisa kita lakukan dengan menghubungkan kabel dari belakang switch. Memang tiap motor memiliki jumlah kabel dan warna berbeda, untuk itu dibawah sudah kami siapkan beberapa solusi untuk menghidupkan motor bebek atau matic tanpa kunci.


cara menyalakan motor vixion tanpa kunci


A. Menghidupkan Motor Yamaha Tanpa Kunci


Pada tpe Motor Yamaha V80, Fiz R,RX Spesial, Vga R Lama, Zupiter dibawah tahun 2006, YT, RXZ dan RX King dan semua motor lama Yamaha di bawah Tahun 2000, memiliki rangkaian sama.

Cara menghidupkannya juga sama dengan Honda, yaitu dengan memotong kabel masa pada switch.
Namun kabel masa pada Yamaha bukan berwarna hijau melainkan berwarna hitam.
Terakhir hidupkan motor anda.

Pada tipe Motor Yamaha Vega R New, Zupiter di atas tahun 2006, Vega ZR, dan semua Motor Yamaha diatas tahun 2010 dan motor Yamaha matic pada umumnya menggunakan kontrol IG untuk mengaktifkan semua kelistrikan.

  • Solusi menghidupkannya tanpa kunci, yaitu dengan memotong dua kabel yang terletak dibelakang switch. 
  • Kabel yang dipotong adalah kabel baterai dan kabel IG, kabel tersebut berwarna Merah dan Cokelat. 
  • Sambung atau satukan kedua kabel tersebut dan terakhir hidupkan motor anda seperti biasa. 

B. Menghidupkan Motor Honda Tanpa Kunci


Pada tipe Motor Honda C70, Astrea 800, Astrea Star, Astrea Prima, Astera Grand, Supra 110, Supra Fit, Fit S, Fit X, Honda Win dan GL Pro Black memiliki rangkaian yang sama.

kunci motor 4 kabel

Untuk menghidupkanya, buka bagian belakang switch maka anda akan melihat setidaknya 4 kabel.
  • Potong kabel masa atau kabel berwarna hijau agar tidak lagi terhubung dengan switch, kemudian beri selotip sebagai pengaman. 
  • Setelah itu, hidupkan motor anda menggunakan kick start. 

Pada tipe Motor Honda Supra X125, GL Pro Neotech, Mega Pro, Tiger 2000 danmSemua Motor Honda Matic umumnya menggunakan kontak dari IG ke baterai.

  • Maka untuk menghidupkanya adalah lepas bagian switch, kemudian periksa kabel pada belakang switch. 
  • Pastikan anda memotong dua kabel yaitu kabel warna merah sebagai kabel dari baterai, dan kabel merah/hitam sebagai kabel IG. 
  • Setelah itu satukan kedua kabel tersebut dan jangan lupa juga untuk melapisinya dengan selotip. 
  • Terakhir hidupkan motor anda seperti biasa. 

C. Menghidupkan Motor Suzuki Tanpa Kunci


Pada tipe Motor Suzuki FR, RC 100, Tornado, A 100, TRS, GP atau motor Suzuki keluaran lama sama dengan Honda, Yaitu dengan memotong kabel masa yang berwarna Hitam/putih.

Terakhir hidupkan motor anda, dan tanpa kunci anda sudah bisa menggunakan motor anda.

Pada tipe Motor Suzuki Shogun 110, Smash, Smash New, Shogun 125, dan semua motor Suzuki di atas tahun 2005 dan Suzuki matic juga sama caranya dengan Honda serta Yamaha tipe terbaru

Yaitu dengan menghubungkan kabel baterai dengan kabel IG yang terletak dibelakang switch. Pada Suzuki, kabel baterai berwarna merah sementara kabel IG berwarna Orange.

Bagaimana dengan mobil ? apa bisa dihidupkan tanpa kunci kontak ? Mobil juga sama, kunci kontak digunakan untuk memutar kontak didalam switch sehingga arus terhubung. Namun pada teknologi terkini, dimana Sistem Immobilizer sudah marak diterapkan pada mobil. Sehingga cara ini hanya akan merusak sistem kelistrikan mobil.

Hal ini disebabkan karena immobilizer menggunakan gelombang radio untuk menghubungkan kontak pada switch. Artinya didalam kunci terdapat transponder yang bisa mengirimkan gelombang radio, untuk kemudian ditangkap oleh receiver pada switch. Selengkapnya bisa anda simak pada cara kerja immobilizer.

Namun pada mobil jadul yang belum mengaplikasikan immobilizer, bisa anda lakukan dengan menghubungkan kabel baterai dengan kabel IG, serta kabel stater dengan baterai untuk menghidupkannya.

Sekian cara ini kami beberkan, sebelumnya kami membahas cara menghidupkan motor tanpa kunci kontak hanya sebagai solusi untuk para pemilik sepeda motor manakala kuncinya hilang. Semoga tidak disalah gunakan, semoga bermanfaat.