12 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas Tinggi

Advertisement
Mobil saat ini menjadi kebutuhan yang sangat diperlukan bagi seseorang untuk melancarkan segala urusanya baik urusan pribadi atau bisnis. Namun dari banyaknya calon pembeli mobil, ada hal yang menjadi sebuah halangan yaitu budget.

ciri ciri mobil bekas

Beberapa orang ingin memiliki sebuah mobil namun memiliki budget yang minim, akhirnya mobil bekas menjadi solusinya. Mobil bekas juga tak kalah bagus dari mobil baru. Terlebih jika anda memilih mobil yang terkenal berkualitas, harganya juga jauh dari harga aslinya. Itulah mengapa beberapa orang lebih memilih mobil bekas ketika ingin memiliki sebuah kendaraan roda empat.

Namun, ada beberapa hal yang menyebabkan kekecewaan setelah membeli mobil bekas. Contohnya, mobil bekas yang dibeli ternyata mengalami kerusakan mesin, atau tidak nyaman dikendarai. Kesalahan ini bukan terletak pada penjual, namun anda yang kurang teliti dalam memilih. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas. Antara lain ;

1. Cari Informasi sebanyak mungkin

Sebelum anda pergi ke showroom atau menerima tawaran dari mereka yang akan menjual mobilnya, terlebih dahulu cari informasi tentang mobil tersebut secara online ataupun offline.

Cari info sebanyak mungkin tentang mobil yang akan anda beli. Sesuaikan juga dengan budget yang anda miliki. Di internet banyak sekali website yang membahas mobil bekas beserta harganya. Agar lebih mudah anda bisa mencarinya di situs jual beli mobil seperti OLX, . Sehingga anda paham rentangan harga mobil tersebut.

Jika anda telah menemukan merk mobil yang akan anda beli, cari speknya juga dan cari tahu semua kelemahan beserta kelebihannya. Hal ini akan menjadikan anda lebih mengenal merk mobil yang akan anda beli.

2. Pilih tempat pembelian terpercaya

Ada banyak pilihan tempat untuk membeli mobil bekas baik offline atau online. Contohnya, showroom mobil bekas. Di tempat ini, anda bisa memilih segala jenis mobil baik MPV, SUV atau citycar. Namun harga yang ditawarkan lebih mahal dibandingkan tempat lain.

Jika anda ingin membeli dengan harga yang lebih murah, maka anda perlu mencarinya ke perorangan. Perorangan artinya seseorang yang ingin menjual mobilnya tanpa perantara. Biasanya, motif orang ini adalah sedang membutuhkan uang. Sehingga akan lebih mudah untuk menawar.

Memang mencari seseorang yang ingin menjual mobilnya cukup sulit. Anda harus aktif mencari informasinya kesana kemari. Namun ada cara mudah untuk melakukannya. Kita bisa memanfaatkan situs jual beli seperti OLX. Tinggal cari pada menu pencarian, kemudian langsung COD.

Selain OLX ada beberapa tempat yang bisa anda jadikan referensi untuk mencari mobil sesuai selera anda antara lain ;



3. Beli langsung dari tangan pertama

Keuntungan ketika anda membeli mobil langsung dari tangan pertama, yaitu mobil aman dan lebih jelas asal usulnya. Anda bisa menanyakan hal itu secara langsung kepada pemilik mengenai hal ini.

Selain itu kualitasnya lebih terjamin. Logikanya, ketika sebuah mobil dijual belikan kesana kemari hingga beberapa kali maka ada sesuatu yang membuat mobil itu tidak disukai oleh pemilik-pemiliknya. Bisa saja ada suatu masalah yang tak kunjung reda. Sehingga akan sangat tidak nyaman untuk dikendarai.

Itulah keuntungan jika membeli mobil dari tangan pertama. Bagaimana harganya ? terkait harga baik tangan pertama, kedua atau berapapun sama saja, masuk dalam kategori harga mobil bekas. Tinggal bagaimana anda menawarnya.

4. Lakukan pengecekan latar belakang mobil

Hal yang tak kalah penting lainnya adalah latar belakang mobil. Apa mobil ini pernah bermasalah, atau mengalami kecelakaan dan sebagainya. Tujuan pengecekan ini yaitu jelas, kita tentu lebih memilih mobil yang memiliki performa dan kondisi yang bagus.

Untuk itu, ajukan beberapa pertanyaan berikut kepada pemiliknya.

  •  kapan mobil dibeli ?
  •  Seberapa sering mobil ini dikendarai ?
  •  Kemana saja mobil ini dikendarai ?
  •  Siapa saja yang memakai mobil ini ?
  •  mengapa mobil ini dijual ?


5. Periksa buku service

Selanjutnya, coba tanyakan buku service mobil terkait. Periksa satu persatu lembaran buku ini, hingga anda mengetahui apakah pemilik rajin melakukan service berkala ke bengkel.

Tentu kita ingin mendapatkan mobil dengan performa yang masih joss. Bentuk service rutin, bisa menjadi patokan bagaimana kondisi mobil yang akan anda beli.

Lihat pula tanggal service dengan jatuh tempo servicenya, apa sesuai. Dan lihat tanggal service terakhir, hal ini bisa anda jadikan senjata untuk melakukan penawaran kepada si penjual.

6. Lakukan pemeriksaan  bagian mesin

Lakukan pengecekan ke beberapa bagian penting mobil. Salah satunya mesin. Bagaimana cara cek mesin mobil bekas ? Silahkan lakukan pengecekan pada indikator berikut

  • Kondisi air radiator
  • Kondisi oli (bisa dilihat dari deep stick oli)
  • Kondisi selang radiator dari kebocoran
  • Kebocoran dari rekatan komponen, biasanya akan ada rembesan oli pada area rekatan antar komponen
  • Periksa suara mesin, jika ada suara yang terkesan aneh tanyakan pada pemilik.


Jika hal diatas tidak ditemui, paling tidak mesin mobil masih dalam keadaan terawat.

7. Cek bagian body

Pemeriksaan bagian eksterior bisa anda lakukan dengan melihat pada beberapa area, termasuk bagian bumper depan dan belakang. Lihat cat body, apa ada perbedaan atau tidak.. Meski terkesan sama, mobil yang pernah melewati proses body repair bisa dibedakan.

Catnya akan berbeda dengan sekitarnya apabila dilihat dari sudut tertentu. Selain itu, apabila diketuk bunyinya juga berbeda dengan body disekitarnya yang masih ori.

Tujuan pemeriksaan ini, adalah untuk memeriksa apakah mobil pernah mengalami benturan atau tidak.

8. Cek sistem AC dan Audio

Setelah selesai dibagian eksterior, jangan lupa untuk memeriksa bagian interior. Apa saja yang dicek ?

  • Sistem Audio Mobil
  • Sistem AC (Periksa hingga suhu palung dingin)
  • Kondisi Seatbelt
  • Power window
  • Colokan USB (Bila ada)


Selain itu memang masih banyak fityur interior yang perlu dicek, tapi secara garis besar itulah pointnya.

9. Cek kelengkapan tools mobil

Tools yang dimaksud adalah perkakas bawaan mobil, contohnya dongkrak dan kunci roda. Dua alat ini umumnya disediakan oleh pabrik untuk setiap mobil.

Pastikan alat ini lengkap pada mobil yang akan anda beli. Masalahnya, alat ini cukup penting. Bayangkan saja jika anda mengalami ban bocor di tempat sepi. Bagaimana anda mengganti ban tanpa dongkrak dan kunci roda ?

10. Lakukan Test Jalan/test drive

Setelah anda memeriksa setiap bagian mobil, jangan lupa untuk mencoba mobil secara langsung. Saat anda melakukan test drive, anda akan didampingi oleh pemilik. Sewaktu anda melakukan test jalan anda bisa mengajukan beberapa pertanyaan terkait apa yang anda rasakan.

Apa saja indikator dalam melakukan test jalan ?

  • Jika mobil ini bertansmisi manual, periksa kondisi kopling. Apa masih empuk, rendah atau tinggi.
  • Jika mobil ini bertransmisi matic, periksa perpindahan gigi yang berlangsung otomatis ini. Boasanya ada sedikit sentakan mesin.
  • Cek juga respon mesin, jika digas apakah mampu berlari atau memerlukan waktu lama untuk akselerasi.
  • Periksa kenyamanan suspensi dari segala bunyi-bunyian
  • Periksa sistem rem.


11. Cek kelengkapan surat kendaraan

Seusai bagian inti, ada beberapa hal tambahan yang tidak boleh tertinggal yaitu mengenai kelengkapan surat kendaraan. Tanyakan dan periksa STNK untuk mengetahui kondisi pajak kendaraan.

Meski memiliki harga murah, jangan memilih mobil yang tidak lengkap suratnya. Mobil ini biasanya dalam pantauan pihak berwajib. Sehingga anda akan was-was tiap kali mengendarai mobil ini.

12. Tanyakan asuransi mobil

Asuransi menjadi nilai tambah apabila anda akan membeli mobil bekas. Hal ini sebenarnya hanya opsi saja, tapi jika mobil yang akan anda beli sudah terdaftar asuransi, maka anda tidak perlu repot-repot untuk mencari asuransi lagi. Tinggal ganti nama dan beres.

Itulah sedikit tips membeli mobil bekas berkualitas agar anda tidak dikibuli oleh iming-iming sales mobil bekas yang menawarkan berbagai janji. Semoga bermanfaat.