3 Keluhan Ertiga Yang Sering Di komplain Oleh Pengguna

Advertisement
Keluhan Ertiga - Salah satu line up MPV di Indonesia yakni Suzuki Ertiga. Mobil yang dikeluarkan SIS sejak 2012 ini kian melengkapi pasar otomotif tanah air. Meski kehadirannya masih belum mampu menandingi si kembar, tapi angka penjualan Ertiga juga cukup menghambat penjualan si kembar.

Suzuki memang telah memiliki produk MPV mereka dengan nama APV. Tapi penjualan APV tidaklah signifikan. Selain dari bentuknya yang terlalu monoton, mobil ini juga sering dihadikan sebagai mobil niaga. Namun untuk Ertiga, dibuat dari platform Suzuki Swift.


Jika kita lihat sekilas, maka akan nampak aura Suzuki Swift pada mobil ini terutama pada bagian headlight.


Selain dari bentuknya, pastinya ada sektor lain yang menjadi kelebihan Suzuki Ertiga. Namun untuk pembahasan ini, kita tidak membahas kelebihan Ertiga. Namun kita akan membahas keluhan apa saja yang muncul pada Suzuki Ertiga.



Keluhan Suzuki Ertiga Versi Pengguna

komplain suzuki ertiga

Beberapa komplain dibawah dialami oleh pengguna Ertiga. Meski tidak semua pengguna merasakan, tapi masalah ini kerap muncul pada Ertiga. Keluhan-keluhan Suzuki Ertiga adalah


1. Bau sangit diatas kecepatan 100 KM/H


Banyak pengguna yang mengeluhkan adanya bau terbakar saat memacu kendaraan dikecepatan tinggi. Tapi bau terbakar ini tidak terasa saat kecepatan mobil rendah. Lantas apa penyebabnya ?


Ditengarai, bau sangit tersebut berasal dari katalitik converter yang bernahan dasar keramik. Saat suhu katalik meningkat, maka terjadi reaksi antara keramik dan kalor yang menghasilkan bau terbakar.


Sebenarnya, hal ini wajar saja. Namun permasalahan sebenarnya mengapa bau sangit tersebut bisa tercium hingga kabin ? Masalah ini bisa disebabkan perekat antara ruang mesin dan kabin kurang rapat. Sehingga bau dari dalam mesin bisa masuk ke kabin.


Selain bau dari mesin itu sendiri, kabin Ertiga juga rentan terhadap bau polusi ketika sedang berada dibelakang truk atau motor 2 tak. Hal ini seperti yang dijelaskan tadi. Antara ruang mesin dan kabin, memiliki banyak lubang. Sehingga bau-bauan dari luar rentan masuk.


2. Bunyi-bunyian ketika oper gigi


Saat kita mengoper gigi pada tipe M/T, seharusnya terasa halus. Namun, pada beberapa posisi akan terdengar bunyi-bunyian yang sekilas. Hal ini terjadi saat tuas transmisi tidak pada posisi yang pas.


Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh oli transmisi yang belum diganti. Semakin lama, oli akan semakin encer. Untuk oli transmisi, oli yang emcer akan membuat pelumasan cepat kering. Sehingga bisa menimbulkan bunyi.


3. Sulit nanjak apabila beban penuh


Keluhan lain yang menjadi perhatian khusus pemilik Ertiga yakni mobilnya yang tidak kuat atau susah buat nanjak apabila kondisi kabin penuh penumpang.


Dengan mesin 1.4 SOHC dengan torsi hanya 95 Nm saja memang tidak cukup kuat untuk dibawa pada jalanan memanjat. Sehingga akan membutuhkan skill khusus untuk bisa menaklukan tanjakan.


Segi positifnya, pemakaian bahan bakar Ertiga cukup irit. Per liternya mencapai 17 Km. Hal itu memang sebanding, semakin besar pemakaian bahan bakar semakin besar pula power yang dihasilkan. Sebaliknya, semakin irit bensinya, maka tenaganya juga semakin kecil.


Dilihat dari berbagai keluhan yang dirasa, nampaknya Ertiga menjadi MPV yang lumayan bagus. Pasalnya, keluhan yang terjadi merupakan keluhan-keluhan umum yang sering terjadi pada MPV. Paling hanya masalah bau sangit saja yang menjadi komplain utama. Kita harap Ertiga generasi baru sudah lebih baik dan meminimalisir keluhan pada versi sebelumnya.


Apakah Ertiga Cocok Sebagai Pilihan ?


Perlu ditekankan, kalau semua mobil pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Termasuk ertiga dengan segala kelemahannya, juga masih memiliki kelebihan yang belum tentu dimiliki mobil lain.

Bagi anda yang sedang menimang mana mobil yang pas untuk saya, anda harus benar-benar membandingkan bukan hanya satu mobil. Seperti yang diutarakan diatas, semua mobil memiliki kelebihan dan kelemahan yang belum tentu sama.

jadi untuk menemukan mana mobil yang pas, anda perlu membandingkan semua mobil yang anda incar,

Cara yang paling mudah, adalah dengan menggunakan pihak ketiga yang gratisan. Seperti situs jual beli OLX, Momobil atau Raja Mobil. Gunakan perkembangan internet sebagai jendela untuk mencari tahu semuanya tentang mobil incaran anda.

Dari ketiga situs jual beli tadi, anda tidak harus membeli dari situs yang bersangkutan. Gunakan untuk mencari informasi selengkap-lengkapnya, misal pada situs Raja Mobil (yang paling familiar untuk saya).

Disini disediakan sistem pencarian promo terbaik, sehingga kita bisa tahu mobil apa saja yang sedang dalam masa promo. Selain itu, ada pula fitur simulasi kredit serta sistem asuransi yang bisa langsung diaktifkan ketika anda membeli mobil. Sehingga kita bisa tahu berapa harga pasaran real mobil-mobil yang kita incar.

Cukup daftar dan kita bisa menikmati semua fiturnya.

Sekian pembahasan singkat kita mengenai keluhan Suzuki Ertiga yang dirasakan banyak penggunanya. Semoga bisa makin tahu dan tambah mengenal dunia otomotif.