Rem Bunyi Saat Di Injak, 4 Hal Sepele Ini Penyebabnya + Solusi

Advertisement
Bunyi Rem Saat Diinjak- Kita tahu kalau sistem rem merupakan salah satu aspek keselamatan kendaraan yang berfungsi menghentikan laju kendaraan. Tidak jarang juga muncul suara saat rem diinjak. Lalu, apa penyebabnya ? dan apa efeknya ?

harga brake cleaner

Bunyi yang keluar dari sistem rem memang bisa mengindikasikan banyak hal. Ada masalah besar, ada pula masalah ringan. Namun kita patut waspada kalau rem mobil berdecit saat diinjak.

Rem bunyi saat ditekan bisa diartikan banyak hal, antara lain ;


  • Rem Bunyi saat diinjak bisa menandakan kampas rem telah habis. Gejala ini muncul karena brake wear indicator pada kampas rem akan bergesekan dengan disc brake, sehingga menimbulkan bunyi.
  • Rem yang berdecit juga bisa menandakan kanvas rem yang dipakai kurang berkualitas.
  • Kampas rem yang bunyi juga bisa menunjukan ada banyak kotoran pada permukaan rem. Kotoran berupa debu ini bisa terjepit antara disc dengan kanvas, sehingga bisa menimbulkan bunyi.

Dari ketiga masalah diatas, dapat kita simpulkan kalau masalah grinding noise pada rem mobil ini rata-rata disebabkan pada sektor aktuator rem.

Penyebab rem bunyi berdecit


Selain hal-hal diatas, beberapa partikel berikut juga bisa menimbulkan rem bunyi. antara lain ;

1. Percikan Air

Air memang memiliki sifat membersihkan, tapi pada mobil tertentu air bisa menimbulkan bunyi decitan saat dilakukan pengereman. Tapi bunyi ini akan hilang dalam kurun waktu tertentu.

2. Tetesan Oli

Oli tidak hanya mengganggu proses pengereman, tapi juga bisa menimbulkan bunyi. Alasanya oli bisa menyebabkan kanvas dan disc brake lebih licin saat bergesekan. Sehingga hasilnya berupa suara yang cukup nyaring saat kita tekan pedal rem.

3. Debu atau kotoran padat

Debu atau kotoran pada permukaan disc brake akan menghalangi pad rem saat melakukan pengereman. Hasilnya, berupa grinding noise yang terdengar cukup jelas. Masalah ini sering terjadi pada sistem rem tromol yang memiliki desain tertutup.

Debu ini bisa berasal dari polusi ataupun dari serbuk kanvas rem yang terkikis. Baca juga Begini cara membersihkan kampas rem cakram

4. Pedal rem kurang pelumas

ini artinya engsel pada pedal rem yang kurang dilumasi. Sebagai engsel tentu membutuhkan pelumas seperti grease, jika tidak terpenuhi maka akan timbul suara dari dalam kabin saat pedal rem ditekan.

Dari keempat penyebab diatas, anda bisa menghindari masalah ini dengan beberapa cara. Salah satunya dengan selalu membersihkan pad rem secara rutin, atau melakukan service berkala secara rutin ke bengkel. Karena pada sebuah dealer, seluruh sistem akan dicek termasuk sistem pengereman.

Tapi, jika kondisi saat ini rem anda telah berbunyi saat diinjak, maka anda perlu membaca beberapa tips dibawah agar bunyi pada rem bisa hilang.

Cara Mengatasi Rem Bunyi saat Diinjak

jual kampas rem mobil terlengkap


  • Lepas brake pad dan bersihkan menggunakan cairan brake cleaner. Cairan ini sanggup membilas air serta oli dari permukaan pad rem.
  • Disc brake juga dilumasi dengan cairan brake cleaner agar terbebebas dari debu dan oli.
  • Apabila terkena air hujan, segera bilas menggunakan air bersih yang memiliki Ph Netral.
  • Amplas permukaan pad rem menggunakan amplas kasar, pengamplasan ini bertujuan membuat permukaan pad rem lebih kasar sehingga tidak menimbulkan slip saat direm.
  • Apabila bunyi masih berlanjut, ganti kampas rem sesuai standar mobil anda.

Untuk mobil bertransmisi matic, biasanya anda akan mendengar bunyi grinding ketika pedal rem diinjak. Bunyi ini bukan berasal dari sistem rem, melainkan dari sistem transmisi yang tertahan akibat daya pengereman.

Apakah bunyi ini berbahaya ? selama bunyi tersebut hanya didengar saat jalan pelan saja maka tidak ada masalah.

Itulah pembahasan singkat kita mengenai penyebab dan cara mengatasi rem bunyi pada mobil. Semoga bermanfaat.