Cara Tepat Melepas Sticker Pada Motor Tanpa Bekas

Advertisement
Cara Melepas Stiker - Pada kendaraan roda dua, kehadiran sticker atyau stiping pada sekujur body tentu bisa meningkatkan kesan motor. Tampilan striping yang tajam bisa menunjukan aura yang lebih sangar, sementara striping yang simetris bisa menunjukan kesan yang elegan.

Hanya saja, bagi sebagian orang stiker ini tidak pas dengan seleranya. Kita tahu, selera dan ketertarikan seseorang berbeda. Ada yang menghiraukan style pada motor, ada pula yang cukup memperhatikan detail gaya motornya.

Salah satu costuminasi yang kerap ditempuh yakni mengganti sticker bawaan motor dengan stiker baru yang sesuai dengan kita atau membiarkan bidy motor polosan tanpa stripping.

Masalahnya, sticker bawaan motor tidak diset untuk dilepas. Sehingga akan sedikit kesulitan untuk melepas stiker dari body motor. Namun, anda jangan panik dulu karena itu berarti kita tidak bisa melepas stripping motor. Karena ada teknik khusus yang bisa anda terapkan untuk melepas stiket motor dengan bersih.

Bagaimana caranya ? simak detailnya pada ulasan dibawah


A. Alat dan Bahan yang perlu disiapkan


Alat-alat yang kita butuhkan tidak terlalu sulit karena semua sudah sering kita jumpai disekitar kita.

1. Hair dryer/korek api
2. Bensin satu mangkok
3. Kain lap biasa (katun/spandex)
4. Air bersih
5. lap kanobo (opsional)
6. Poles body (opsional)


B. Cara Pelepasan Stiker

cara melepas stripping motor

Langkah awal, anda harus mencari sudit dari strip/stiker yang akan anda lepas. Kemudian, panaskan bagian sudut tersebut menggunakan hair dryer atau korek api gas. Maka sudut stiker akan menyusut.

Saat itu, anda bisa dengan mudah memegang ujung dari stripe yang akan dilepas, tarik secara berlahan. Jika stiker cukup keras, anda bisa memanaskan sepanjang permukaan stiker mengikuti arah pelepasan.

Sehingga dari ujung anda memanaskan permukaan stiker diikuti dengan pelepasan. Lakukan cara ini secara bertahap hingga seluruh permukaan stiker terangkat. Mungkin anda akan menemui kesulitan berupa stiker putus saat dilepas, lanjutkan saja hingga strippe lepas dan lakukan langkah ini pada seluruh bagian stripping yang tertinggal.

Langkah berikutnya, selesai. Anda sudah berhasil melepas stripping dari body motor, namun ada yang kurang beres. Biasanya ada bekas lem dari stiker lama yang masih menempel dan tentunya bandel untuk dihilangkan.

Agar lebih jelas bisa anda simak video dari Youtube ini



Untuk itu, pada fase berikutnya anda bisa mengikuti panduan menghilangkan bekas stiker yang dijelaskan dibawah

1. Siapkan satu mangkok bensin (tidak usah banyak-banyak cukup 20 hingga 50 mili liter sudah cukup.

2. Oleskan bensin kearea bekas stiker yang sulit diangkat.

3. Usapkan menggunakan kain kering secara berlahan hingga seluruh lem terangkat.

Apakah bensin tidak merusak cat motor ?

Bensin tersusun dari senyawa HC atau hidrocarbon. Memang, bahan ini bersifat mudah terbakar namun tidak memiliki zat asam (Cl) seperti minyak rem yang dapat merusak cat motor. Artinya penggunaan bensin aman, sementara zat pembilas pada bensin bisa melunturkan kotoran yang membandel.

Seusai mengolesnya dengan bensin, maka sebenarnya sudah selesai. Bensin akan segera menguap dan tidak berbekas pada body motor. Namun, bau bensin biasanya belum hilang dan bagi seorang yang alergi terhadap bau bensin maka perlu dilakukan treatment lanjutan.

Untuk itulah air dan lap kanebo bersifat opsional. Anda bisa mengusap permukaan body menggunakan lap kanebo basah atau akan lebih baik untuk jika anda mencucinya.

Langkah terakhir juga bersifat opsional, jika anda akan menutup body motor dengan stripping baru maka anda bisa melewati langkah ini. Namun jika anda akan tetap mempertahankan gaya polosan, maka anda perlu melakukan sedikit proses wax dan pemolesan.

Ini cukup penting meningat bekas body yang tertutup stiker dan tidak pasti terlihat dengan jelas. Dengan bantuan wax anda bisa menyamarkan perbedaan ini, sehingga tampilan motor bisa sangat minimalis dan natural.

Demikian artikel singkat mengenai cara melepas stiker motor dengan mudah, semoga menambah wawasan kita dan bermanfaat.