Cara Jitu Melepas Sticker Pada Motor Tanpa Bekas

Advertisement
Stiker atau striping pada motor bukan cuma dijadikan pengias body motor tapi juga menjadi salah satu aspek untuk modifikasi motor. Oleh sebab itu, banyak orang yang suka gonta ganti stiker motor kalau sudah bosan.

Namun masalah hadir ketika akan mengelupas stiker lama,  biasanya masalah yang dihadapi stiker tidak bersih (masih ada serpihan kertas & lem yang tertinggal) atau yang paling parah cat motor bisa sampai terbawa.

Tentu anda tidak mau, niat mempercantik motor malah membuatnya semakin tidak enak dipandang. Oleh sebab itu, hari ini Autoexpose akan membagikan sedikit tips supaya anda bisa melepas stiker motor tanpa bekas sedikitpun.

Melepas stiker motor ternyata ada tekniknya, kita tidak bisa asal tarik justru itu akan meninggalkan bekas. Kalau sudah berbekas, lebih sulit menghilangkannya. Apalagi kalau stiker yang akan dikelupas merupakan stiker variasi, bisa saja lemnya lebih kuat sehingga bisa merusak cat body.

Sebelumnya, siapkan alat dan bahannya.


A. Alat dan Bahan yang perlu disiapkan


Alat-alat yang kita butuhkan tidak terlalu sulit karena semua sudah sering kita jumpai disekitar kita.

1. Hair dryer/korek api
2. Bensin satu mangkok
3. Kain lap biasa (katun/spandex)
4. Air bersih
5. lap kanobo (opsional)
6. Poles body (opsional)


B. Cara Pelepasan Stiker

cara melepas stripping motor

Langkah awal, anda harus mencari sudit dari strip/stiker yang akan anda lepas. Kemudian, panaskan bagian sudut tersebut menggunakan hair dryer atau korek api gas. Maka sudut stiker akan menyusut.

Saat itu, anda bisa dengan mudah memegang ujung dari stripe yang akan dilepas, tarik secara berlahan. Jika stiker cukup keras, anda bisa memanaskan sepanjang permukaan stiker mengikuti arah pelepasan.

Sehingga dari ujung anda memanaskan permukaan stiker diikuti dengan pelepasan. Lakukan cara ini secara bertahap hingga seluruh permukaan stiker terangkat. Mungkin anda akan menemui kesulitan berupa stiker putus saat dilepas, lanjutkan saja hingga strippe lepas dan lakukan langkah ini pada seluruh bagian stripping yang tertinggal.

Langkah berikutnya, selesai. Anda sudah berhasil melepas stripping dari body motor, namun ada yang kurang beres. Biasanya ada bekas lem dari stiker lama yang masih menempel dan tentunya bandel untuk dihilangkan.

Untuk itu, pada fase berikutnya anda bisa mengikuti panduan menghilangkan bekas stiker yang dijelaskan dibawah

1. Siapkan satu mangkok bensin (tidak usah banyak-banyak cukup 20 hingga 50 mililiter sudah cukup).

2. Oleskan bensin kearea bekas stiker yang sulit diangkat.

3. Usapkan menggunakan kain kering secara berlahan hingga seluruh lem terangkat.

Apakah bensin tidak merusak cat motor ?

Bensin tersusun dari senyawa HC atau hidrokarbon. Memang, bahan ini bersifat mudah terbakar namun tidak memiliki zat asam (Cl) seperti minyak rem yang dapat merusak cat motor. Artinya penggunaan bensin aman, sementara zat pembilas pada bensin bisa melunturkan kotoran yang membandel.

Seusai mengolesnya dengan bensin, maka sebenarnya sudah selesai. Bensin akan segera menguap dan tidak berbekas pada body motor. Namun, bau bensin biasanya belum hilang dan bagi seorang yang alergi terhadap bau bensin maka perlu dilakukan treatment lanjutan.

Untuk itulah air dan lap kanebo diperlukan. Anda bisa mengusap permukaan body menggunakan lap kanebo basah atau akan lebih baik untuk jika anda mencucinya.

Langkah terakhir juga bersifat opsional, jika anda akan menutup body motor dengan stripping baru maka anda bisa melewati langkah ini. Namun jika anda akan tetap mempertahankan gaya polosan, maka anda perlu melakukan sedikit proses wax dan pemolesan.

Ini cukup penting meningat pasti ada bedanya antara body yang sebelumnya tertutup stiker dengan yang tidak. Dengan bantuan wax anda bisa menyamarkan perbedaan ini, sehingga tampilan motor bisa rapi.

Demikian artikel singkat mengenai cara melepas stiker motor dengan mudah, semoga menambah wawasan kita dan bermanfaat.