4 Jenis Velg Mobil + Kelebihan dan Kekurangannya Masing-Masing

Jenis velg mobil - Dibagian roda kendaraan, terdapat komponen valg atau disebut juga rims. Jika diibaratkan manusia, velg adalah kaki sementara ban merupakan sepatu sebagai alasnya.

sebagai kaki kendaraan, sebuah velg dituntut kuat dalam menjaga beban kendaraan tanpa bengkok dan lentur. Jika kita lihat mobil-mobil dijalan maka kita akan melihat berbagai model velg, dan uniknya tiap jenis mobil juga memiliki jenis rims yang beda.

Memang velg mobil itu ada macamnya, tujuan pengelompokan ini yakni agar bisa disesuaikan dengan penggunaannya. lantas apa saja jenis jenis velg mobil ? simak ulasannya dibawah.



1. Iron Cast Wheel

Mungkin pada sepeda motor kita pernah mendengar kata CW. Dua kata itu berasal dari Cast wheel yang artinya velg cetak. Model ini juga sering disebut sebagai velg racing karena memang kendaraan-kendaraan racing menggunakan velg dengan model seperti ini.

Cast iron wheel terbuat dari besi cair yang dituangkan kedalam cetakan. Pada mobil, velg jenis ini dikenal kuat dan anti bengkok sehingga banyak digunakan pada kendaraan berlabel SUV.

Selain kekuatannya, velg Casting juga lebih stylish. Karena model cetakan dibuat dengan gaya serta desain yang cukup ciamik, itulah mengapa jenis velg ini sudah menjadi standar velg motor-motor di Indonesia.

2. Alloy wheel

Untuk jenis Alloy wheel, juga sama sebenarnya dengan tipe velg pertama. Proses pembentukannya juga menggunakan metode casting. Namun perbedaannya terletak pada bahan yang digunakan.

Cast iron wheel dibuat dari bahan dasar besi sehingga kuat namun berat, sementara Alloy wheel terbuat dari campuran alumium dan logam lain. Sehingga lebih ringan namun tetap kuat.

Kelebihan lain dari alloy wheel juga terletak pada fisiknya yang lebih mengkilap dibandingkan iron wheel. Karena ringan, model ini sering digunakan pada mobil-mobil MPV atau sedan.

Namun, kelemahan dari velg jenis casting wheel ini yakni ketika terjadi bengkok maka akan sangat tidak nyaman. Karena beda dengan spoke wheel yang bisa distel, velg jenis ini harus dipress saat akan meluruskan kembali.

3. Spoke wheel



Velg ini, dikenal dan populer sejak dulu. Spoke wheel atau SW adalah tipe rims jari-jari. Pasti anda semua tahu seperti apa bentuk velg ini.

Dilihat dari bentuknya memang cukup unik, karena terdiri dari rangkaian rangka baja yang disusun dengan sudut tertentu. Namun jangan salah karena tipe ini tergolong kuat dan nyaman saat dikendarai.

Karena terbuat dari rangka baja maka saat melewati jalanan yang tidak rata velg ini bisa menimbulkan efek yang empuk meski tidak besar. Tapi tetap untuk berkendara didaerah terjal jenis ini pilihanya, seperti pada motocross dimana velg yang dipakai merupakan spoke wheel.

4. Velg Press Kaleng

Terakhir, anda akan menemui jenis velg ini pada mobil-mobil niaga seperti pick-up atau truk. Jenis velg kaleng memang sudah populer pada mobil sejak dulu. Velg ini memiliki bentuk rata dan hanya meninggalkan lubang lubang kecil di permukaan rims sebagai ventilasi.

Teknik pembentukan jenis rim ini yakni dengan sistem press, dimana sebuah besi atau baja lempengan di press menggunakan cetakan berbentuk seperti velg dan dalam sekejap jadilah sebuah rim.

Karena proses pembentukannya tergolong mudah, hal ini membuat harga jual velg kaleng menjadi lebih murah dibandingkan dengan tipe lain. Sehingga untuk menekan harga jual mobil, jenis velg ini banyak digunakan pada mobil-mobil niaga dan mobil-mobil murah.

masalah kekuata, tergantung dari bahan yang dipress. Untuk mobil sekelas truk atau bus maka menggunakan besi dengan ketebalan yang lebih besar sementara untuk mobil-mobil sekelas LCGC biasanya terbuat dari paduan baja dan aluminium.

Dari keempat macam macam velg diatas tipe alloy wheel merupakan tipe paling banyak digunakan pada mobil. karena selain ringan fisik velg ini juga sporty. Namun untuk masalah harga tentunya lebih mahal sehingga untuk mobil-mobil murah maka jarang digunakan sebagai rims default dari pabrikan.

solusinya anda perlu melakukan penggantian sendiri. Demikian artikel mengenai macam macam velg mobil semoga bermanfaat.