Penyebab Oli Tidak Naik Pada Mesin plus Solusinya

Advertisement
Penyebab Oli Tidak naik - Salah satu masalah pada mesin yang kerap menghampiri adalah masalah oli mesin yang tidak naik, lantas apa penyebab serta bagaimana cara tepat menanganinya ?


Penyebab utama oli mesin tidak naik adalah karena oli tersebut tidak bersirkulasi. Didalam mesin, sirkulasi oli seharusnya sudah diatur oleh komponen pompa oli.

skemanya, saat mesin bekerja maka oil pump yang juga terkoneksi dengan crankshaft akan berputar. sehingga terjadilah aliran oli dari pompa ke seluruh bagian termasuk bagian katup mesin yang berada tepat dibagian cylinder head.

Tapi, kerusakan pompa bukan satu-satunya penyebab masalah ini, hal itu karena terdapat faktor lain yang menjadi pemicu oli tidak naik.

Penyebab Oli Motor/Mobil Tidak Naik


1. Kerusakan Komponen Oil Pump

Seperti yang kita utarakan diatas, oil pump bertanggung jawab pada sistem sirkulasi oli mesin, jika terdapat kerusakan pompa otomatis sirkulasi engine oil terganggu.

Umumnya, pompa ini bekerja menggunakan sistem retary, dimana turbim yang berputar dapat menciptakan aliran fluida. letak kerusakan bisa terjadi pada turbin ini yang terputus koneksinya dengan crankshaft atau karena ada kebocoran seal sehingga tekanan oli drop.

Solusinya, pertama kita harus melakukan tes tekanan oli menggunakan oil pressure tester. jika ditemukan masalah pada tekanan oli maka anda harus melakukan penggantian satu set pompa oli.

2. Ada Sumbatan Pada Oil Feed Mesin

Oil feed merupakan jalur oli yang berfungsi mengedarkan engine oil ke seluruh bagian mesin. Selama ini kita mengetahui bahwa tempat oli itu ada di bak oli saja, namun untuk bisa bersirkulasi dari oil pan menuju cylinder head oli harus melalui saluran yang dikenal sebagai oil feed atau oil jet.

letak jalur ini biasanya ada di dalam blok silinder dengan diameter lubang yang cukup kecil. Ketika ada sumbatan berupa kotoran atau kerak pada bagian ini, maka sirkulasi oli akan terganggu.

Kerak atau kotoran ini bisa berasal dari sisa karbon hasil pembakaran mesin atau karena ada debu yang merangsak masuk ke mesin. Masalah ini biasanya terjadi pada mereka yang malas melakukan penggantian oli secara rutin.

solusinya, yakni perlu pembersihan oil feed. Karena letak saluran ini ada di jantung mesin maka mau tidak mau kita harus membongkar mesin atau overhoule. Untuk membersihkan sumbatan itu bisa kita semprotkan karbu cleaner atau menggunakan bantuan bensin.

Saat usai dibersihkan jangan lupa juga mengisi oli mesin dengan yang baru.

3. Volume oli Berkurang

Saat volume oli tidak maksimal bahkan kurang, maka pompa oli tidak akan maksimal kinerjanya. hal itu disebabkan karena terdapat banyak gelembung udara pada aliran oli yang membuat tekanan oli tidak stabil.

sehingga oil tidak mampu merangsak ke bagian kepala silinder untuk melumasi katup dan camshaft. Masalah ini bisa disebabkan karena ada kebocoran oli mesin. Kebocoran ini bisa kita deteksi dengan dua cara yakni

Secara Visual, yakni dengan mengamati bagian bagian mesin dari rembesan oli. Bagian drain plug dan kepala silinder menjadi bagian yang paling berpotensi.
Dari asap knalpot, jika asap knalpot berwarna putih meski mesin anda 2 tak maka dipastikan ada kebocoran oil ke ruang bakar.

untuk memastikannya kembali maka anda bisa cek deep stik untuk mengukur seberapa banyak volume engine oil yang ada didalam mesin. Pastikan saat anda melakukan pengecekan ini motor atau mobil berada pada posisi tegak dan rata.

Solusinya, anda perlu menyelesaikan masalah kebocoran oli dulu sebelum melakukan penambahan, namun jika kondisi kebocoran tidak terdeteksi anda bisa melakukan penambahan oil.

4. Filter Oli yang Kotor

Masalah ini masih berhubungan dengan penyumbatan oil feed namun dalam kasus ini penyumbatan terjadi pada bagian filter. fungsi filter adalah untuk membersihkan kotoran dan kerak dari aliran oil.

saat filter digunakan secara terus menerus, maka kotoran yang disaring akan mengendap pada permukaan saringan hasilnya akan mengganggu aliran oli didalam didalam filter.

Padahal, jalur oil filter ini juga mempengaruhi jalur keseluruhan sirkulasi oil sehingga berimbas pada peredaran oil yang tidak rata.

solusinya anda perlu melakukan penggantian filter. umumnya penggantian saringan ini dilakukan secara berkala mengikuti penggatian oli mesin yakni 5000 - 10.000 KM.

Dampak sirkulasi oli yang terganggu ini bisa mempercepat keausan camshaft dan valve, hal ini dikarenakan letak mekanisme katup berada pada bagian atas mesin dalam hal ini kepala silinder.

Awalnya anda akan mendengar suara logam yang cukup berisik di bagian atas mesin, jika gejala ini muncul maka itu bisa menandakan masalah diatas.

demikian artikel mengenai penyebab dan cara mengatasi oli mesin yang tidak naik, semoga bermanfaat.