Perlukah Pasang Peredam Panas Kap Mesin Pada Mobil ?

Advertisement
Fungsi Peredam Panas - Disaat anda membuka kap mesin, anda akan menemui bahan seperti dumper di atap kap mesin. Komponen ini biasa disebut dengan peredam panas.

Menurut kebanyakan orang fungsi peredam ini, yakni sesuai namanya untuk meredam panas mesin. Tapi, ternyata fungsinya bukan cuma itu karena peredam panas masih memiliki fungsi lain. Apa saja ? simak informasinya dibawah.


Peredam kap mobil avanza
img by tokopedia.com

Secara fisik, bentuk peredam melapisi permukaan bawah kap mesin, sehingga bisa dikatakan bahwa fungsi awal aksesoris ini yakni sebagai penghalang agar panas mesin tidak mereduksi kondisi kap mesin. Hal ini memang tidak terlalu berpengaruh pada kap mesin karena bahan kap itu terbuat dari plat besi, namun pada cat tentu panas ini bisa menimbulkan belang.


Fungsi Peredam Panas Kap Mesin


1. Sebagai media untuk menjaga suhu mesin agar tidak hilang

Hal pertama, yakni untuk meredam panas. Panas mesin perlu diredam sebenarnya karena panas pada mesin itu sangat diperlukan apalagi saat kondisi mesin belum mencapai suhu kerja.

Peredam ini akan memungkinkan panas yang timbul di ruang mesin tidak tersalurkan keluar melalui kap mesin, sehingga mesin lebih cepat mencapai suhu kerja dan konsumsi bahan bakar dapat lebih irit.

Selain itu saat AC menyala maka sistem pendinginan mesin akan bekerja meski suhu mesin dibawah suhu kerja. Hal ini tentu akan merugikan terutama pada sektor penggunaan bahan bakar, namun dengan adanya peredam ini setidaknya panas didalam mesin akan menjaga mesin tetap dalam suhu kerja meski kondisi AC sedang menyala.

2. Sebagai media untuk meredam bunyi mesin dari ruang mesin

Mobil mobil saat ini tergolong memiliki suara yang cukup tenang, hal itu bukan anpa alasan. Selain pengaruh mufler yang diset dengan peredam, dibagian mesin juga terdapat peredam bunyi.

Peredam ini, selain meredam panas juga akan melapisi permukaan mesin sehingga bunyi mesin tidak merambat dan beresonansi di kap mesin yang terbuat dari bahan plat besi.

3. Menjaga kondisi kap mesin dari radiasi panas mesin

Panas yang timbul dari mesin bisa meninggalkan bekas berupa belang pada cat mesin, meski letak belang ini ada di permukaan bawah kap mesin namun bagi sebagian orang menjadi masalah.

Belang pada cat tersebut dihasilkan dari radiasi panas yang tidak menentu, selain itu uap aki juga bisa menimbulkan bercak pada kap mesin, untuk itu biasanya juga terdapat peredam diatas aki.

Sementara untuk permukaan kap mesin bagian atas, tidak terpengaruh akibat panas mesin ini, memang saat mesin bekerja suhu kap mesin ikut naik karena bahan kap mesin umumnya terbuat dari konduktor.

Tapi jika permukaan atas kap mesin terdapat belamg mungkin itu berasal dari hal lain. Cat pada body mobil itu dibuat untuk bisa bertahan dibawah panas khususnya panas terik matahari.

Bahan penyusun dari peredam ini, setidaknya ada dua yakni aluminium foil dan glass wool.

1. Aluminium Foil

Bahan ini memiliki lapisan aluminium yang dapat menjaga panas mesin agar tidak merambat ke kap mesin. Mobil yang menggunakan peredam aluminium ini, biasanya beroperasi pada suhu dingin. Dimana panas mesin sangat diperlukan untuk kinerja mesin itu sendiri.

Sementara untuk daerah tropis, peredam berbahan seperti ini tidak terlalu diperlukan. Karena dari suhu udara juga sudah hangat sehingga kinerja mesin bisa berlangsung maksimal.

2. Glass Wool

Peredam berbahan glass wool merupakan sebuah bahan yang terbuat dari serat kain tebal. Kelebihan peredam ini yakni dapat meredam suara mesin dengan baik, namun untuk peredaman panas rasanya kurang maksimal.


Peredam mesin innova
img by tokopedia.com

Peredam ini lebih cocok digunakan pada mesin mesin diesel yang memghasilkan suara yang cukup berisik. Meski kurang baik dalam peredaman panas, bahan ini juga direkomendasikan untuk mobil mobil didaerah tropis.

3. Kombinasi (Aluminium Foil + Glass Wool)

Bahan ketiga ini terbuat dari dua lapisan. Lapisan pertama tersusun dari bahan glass wool sementara lapisan berikutnya tersusun dari aluminium foil. Jenis ini bisa dikatakan sebagai peredam kap mesin terbaik karena bisa meredam dua hal sekaligus.

kelebihan jenis peredam ini yakni bisa meredam panas dan suara mesin sekaligus secara maksimal. Bahan seperti ini, juga banyak digunakan pada mesin mesin bus yang memiliki suara berisik dan agar panas mesinnya tidak merambat ke bagian ruang penumpang.

Sementara pada mobil, bahan seperti ini juga cocok digunakan untuk daerah-daerah tropis atau dingin.


Apakah sebuah mobil harus dilengkapi dengan Peredam panas ?


Ketika anda membeli mobil baru, maka tidak semua jenis mobil tidak dilengkapi dengan fitur peredaman panas, bahkan kebanyakan mobil di Indonesia tidak dilengkapi peredam secara default.

Hal ini karena kinerja mesin di iklim tropis seperti di Indonesia bisa maksimal tanpa perlu peredam panas, namun jika mesin anda tergolong berisik anda bisa menggunakan dumper berbahan glass wool atau kombinasi.

Harga peredam panas ini, berfariasi antara 50 hingga 100 ribuan. Sementara untuk pemasangan peredam ini, cukup mudah karena dalam satu unit peredam biasanya sudah dilengkapi dengan pengunci yang bisa kita pasang sendiri pada permukaan kap mesin.

Hanya saja saat anda membeli peredam ini pastikan sesuai dengan mobil yang digunakan, hal ini dikarenakan beda mobil beda pula kapnya dan luas serta lokasi pengunci juga berbeda-beda.

Terus, bagaimana cara pasang peredam panas kap mesin ?

Untuk memasangnya, biasanya kap mesin mobil sudah didesain dengan beberapa lubang. Jadi pada permukaan bawah kap mesin ada lubang berbentuk bulat dengan diameter sekitar 2-4 cm yang dipakai untuk meletakan lock.

Untuk memasangnya, anda cukup menekan lock yang sudah disediakan pada saat anda membeli peredam panas. Untuk lokasi penekanan lock, anda tidak perlu repot karena jika anda membeli peredam panas yang sesuai dengan tipe mobil maka lubang tersebut pastilah sudah pas.

Tapi jika tidak sesuai, atau permukaan kap mesin berbentuk rata ? anda bisa memakai bantuan double-tip 3M, yang memiliki ketebalan yang lumayan. Cukup pasang double tip ini pada permukaan kap mesin dan tempelkan peredam panas sambil menekannya.

Sekian artikel singkat mengenai fungsi dan harga peredam panas terbaik pada mesin mobil, semoga bermanfaat.