Daftar Harga Oli Fastron Synthetic Semua Tipe Terbaru 2018

Advertisement
Mungkin anda pernah mendengar merk oli Fastron, tahukah anda kalau Fastron ternyata produk lokal Indonesia. Pertamina selaku BUMN yang bergerak pada sektor minyak bumi mengeluarkan produk oli mesin Fastron, berapa harganya dan bagaimana kualitasnya ? simak daftar harga oli fastron berikut.

Memilih jenis oli yang tepat menjadi salah satu aspek penting untuk menunjang kesehatan mesin motor atau mobil anda. Karena banyak kasus mesin harus mengalami kerusakan seperti keausan dinding silinder atau ring piston hanya karena kesalahan dalam memilih oli mesin.

Jika sudah demikian, maka mesin harus dibongkar dan kita harus siap keluar banyak biaya. Pastinya anda tidak mau kan, harus menanggung biaya perbaikan hanya karena masalah yang tergolong sepele. Tapi masalahnya, beberapa orang belum mengetahui tentang bagaimana cara memilih oli yang tepat untuk mesin.

Untuk memilih oli yang tepat untuk mobil atau motor harus disesuaikan dengan spesifikasi dan teknologi mesin. Untuk mesin-mesin terbaru, menuntut oli yang lebih modern karena sudah menerapkan banyak teknologi maju seperti drive by wire, VTEC dan teknologi lainnya.


Ada tiga hal yang dijadikan patokan dalam memilih oli mesin yakni

1. SAE

SAE merupakan singkatan dari Society of Automotive Enginering yang merupakan badan penentu kekentalan oli mesin. Setiap oli pasti memiliki label SAE dengan kode 0W, 5W, 10W dan seterusnya. SAE menunjukan seberapa kental oli mesin tersebut. Semakin mendekati nol maka oli semakin encer, dan semakin tinggi angka SAE maka semakin kental pula olinya.

Kesalahan dalam memilih SAE ini bisa berakibat fatal pada komponen mesin, karena jika kita pakai oli yang lebih kental maka celah terkecil tidak mampu dilumasi sehingga memperbesar resiko keausan komponen.

Oleh karena itu pilih sesuai kebutuhan, di Indonesia yang beriklim tropis banyak menggunakan oli multigrade. Oli multigrade adalah oli dengan SAE yang bervariasi biasanya akan dilabeli SAE 5W-30 artinya kekentalan oli bervariasi antara 5W hingga 30. Pastikan anda memilih jenis oli multigrade ini karena kekentalan oli dapat menyesuaikan suhu atau iklim.

2. API

API adalah singkatan dari American Petrolium Institute yang merujuk pada tingkat kualitas suatu produk minyak. Pada oli mesin akan selain dilabeli kode SAE juga dilabeli kode API, anda akan menemui kode API SG, API SN atau API CG. Kode pertama (S atau C) merupakan kode yang menunjukan bahwa oli tersebut diperuntukan untuk mesin apa, kode S untuk mesin bensin sementara kode C untuk diesel.

Sementara huruf kedua (G atau N) menunjukan tingkat kualitas oli, umumnya semakin bagus kualitas oli maka kodenya akan semakin jauh dari awal alpabet. Dengan kata lain N lebih bagus dari G karena huruf N lebih jauh dari G. Jika nantinya ada kode lain setelah N misal R atau T maka itu akan semakin bagus.

Untuk mesin-mesin injeksi, pastikan anda menggunakan oli dengan kode API SN karena didalamnya sudah terkandung zat additif yang mampu mengurangi wear akibat gesekan pada mesin-mesin berteknologi tinggi. Oli SN juga biasanya sudah mengusung full syntethic, artinya 100 persen menggunakan bahan sintetis.

3. Harga

Aspek terakhir adalah aspek harga, ini karena banyak juga orang yang mengeluhkan mahalnya sebuah oli mesin. Sehingga sebelum anda memastikan membeli oli, bandingkan antara kualitas yang tertera diatas beserta harganya. Memang umum, jika semakin tinggi kualitas oli semakin mahal pula harganya.

Salah satu produk oli lokal yang cukup berkelas yakni Pertamina Fastron, oli ini bisa anda gunakan pada mobil maupun motor. Berapa harganya ? dilansir dari berbagai situs marketplace dan situs pertamina, harga oli fastron semua tipe pada tahun 2018 adalah sebagai berikut;


Daftar Harga Oli Fastron Semua Tipe 2018

  • Fastron Techno SAE 10w-40 = Rp 65.000,-/Liter
  • Fastron Techno SAE15w-50 = Rp 63.000,- /Liter
  • Fastron Gold SAE5W-30 = Rp 140.000,- /Liter
  • Fastron Gold SAE0w-20 = Rp 105.000,- /Liter
  • Fastron Synthetic Diesel SAE15W-40 API CI-4 SL = Rp 50.000,- /Liter
  • Fastron Platinum Racing SAE10W-60 API SN / Lamborghini = Rp 225.000,- /Liter
Baca juga ; Daftar harga oli Pertamina Prima XP


Dari harga diatas, anda mungkin bertanya-tanya ada banyak jenis oli fastron. Mana yang cocok untuk motor atau mobil saya ?

Semua terhantung dari jenis mesin anda, pertimbangkan aspek teknologi dan rekomendasi oli pabrikan. Untuk mobil dan motor injeksi standar bisa memakai oli fastron techno, sementara untuk mobil dengan teknologi lebih tinggi seperti Mercedes Benz, BMW, Porsche dan mobil mewah lain anda bisa menggunakan jenis Fastron Gold.

Sementara Fastron Platinum, sudah berasosiasi dengan Lamborghini Squadra Corsa. Dengan desain sebagai oli racing, maka oli-oli ini cocok untuk mobil atau motor sport.

Apa saya bisa memakai Fastron Gold pada mobil umum ?

Tentu bisa tapi anda juga perlu memperhatikan aspek harga, karena harga oli fastron gold ini lebih mahal dari tipe standarnya.

Demikian artikel lengkap dan jelas mengenai daftar harga oli fastron segala tipe tahun 2018, semoga anda bisa memilih oli dengan bijak agar kesehatan mesin terjaga dan semoga bisa menambah wawasan otomotif bagi kita semua.