9 Perbedaan MPV, LCGC dan SUV (Wajib Tahu..)

Advertisement
Perbedaan MPV dan SUV – Mobil ternyata ada jenisnya, bisa dilihat dari bentuk beberapa mobil yang bervariasi. Tapi kita umumnya mengenal jenis mobil seperti truk, bus, pick up dan mobil penumpang. Tapi saat ini ada istilah keren yang merujuk pada jenis mobil seperti MPV, LCGC, dan SUV. Lantas apa perbedaan ketiga jenis mobil itu ? simak ulasan lengkapnya dibawah.

Secara umum, mobil dibagi menjadi tiga kategori yakni
  • Sedan
  • Wagon
  • Pick up


Sedan lebih merujuk kekendaraan pribadi, pasti anda sudah familiar dengan bentuk sedan. Sementara wagon merujuk ke kendaraan yang dapat memuat banyak penumpang dan bentuk bodynya seperti mobil penumpang saat ini. Sementara pick-up lebih ke angkutan barang atau niaga.

MPV, LCGC dan SUV masuk kedalam kategori wagon. Apa itu wagon ? secara umum, wagon ini adalah kendaraan yang berisi 7 kursi yang semuanya dipakai untuk mengangkut penumpang. Jadi mobil ini lebih dikhususkan untuk mengangkut banyak penumpang.

Apa pengertian LCGC, MPV dan SUV ?


img by priceprice.com


1. Apa itu MPV ?

MPV, merupakan singkatan dari multi-purpose vehicle. Maksud dari istilah itu, adalah mobil ini bisa digunakan secara multifungsi. Entah untuk mengangkut penumpang atau mengangkut barang. Biasanya mobil MPV dilengkapi kursi yang dapat dilipat untuk memperbesar ruang bagasi agar bisa membawa barang.

Mobil MPV sendiri, dibagi menjadi tiga jenis lagi, yakni
  • Low MPV merupakan MPV dengan kelas terendah yang memiliki keterbatasan fitur dan bodynya tidak terlalu besar namun memiliki harga yang murah. Contoh Avanza, Xenia, dan Ertiga
  • Medium MPV merupakan mobil penumpang satu tingkat diatas low MPV, dengan karakter lebih besar bodynya serta lebih lengkap fiturnya. Contoh Innova, Sienta, dan Honda Freed.
  • Premium MPV merupakan kelas teratas dari MPV, yang memiliki body besar dan interior kelas VIP. Contohnya Toyota Alphard, Vellfire dan Mazda Biante.


img by zigwheel.com


2. Apa itu LCGC ?

LCGC adalah singkatan dari low cost green car, sesuai namanya mobil ini didesain seperti low MPV namun memiliki harga yang lebih murah. Penekanan harga pada LCGC memang sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin memiliki sebuah mobil namun dana minim, hanya saja banyak fitur yang tidak tersedia pada LCGC. Contoh LCGC adalah Datsun GO+, Toyota Calya, dan Daihatsu Sigra.

img by carwale.com


3. Apa itu SUV ?

SUV adalah singkatan dari sport utility vehicle biasa juga disebut sebagai crossover. Mobil ini memang memiliki desain yang dipengaruhi oleh mobil-mobil offroad, namun dengan penambahan aksen sporty. sehingga diberi nama SUV. Penggunaan SUV sebenarnya bisa dikatakan dimana saja, karena mobil ini memiliki fungsi utility yang artinya sanggup menempuh medan apapun.

Sama halnya denga MPV, SUV juga dibagi menjadi tiga kelompok yakni
  • Compact SUV, merupakan crossover berbody mini dengan kursi hanya 4 buah. Mobil ini dibuat untuk konsumen yang hoby crossover namun tinggal didaerah perkotaan yang padat, bodinya yang mini tidak masalah dalam kemacetan lalu lintas. Contoh Honda HR-V dan Chevrolet Trax
  • Medium SUV, kelompok kedua memiliki body lebih besar dari compact suv dan biasanya terdapat 7 buah kursi. Contohnya Chevrolet Captiva, Honda CRV dan Mazda CX5.
  • Big SUV merupakan kelompok SUV berbody bongsor yang sering dijadikan sebagai mobil-mobil penerjang diarea pegunungan. Big SUV ini juga mampu dijalankan di perkotaan namun dengan body serta kapasitas mesin besar akan menyulitkan pemilik. Contohnya Fortuner, Pajero Sport dan Isuzu MUX.


Lantas Apa Bedanya MPV, LCGC, dan SUV ?


1.Peruntukan mobil

Yang paling utama, ketiga jenis mobil ini dibuat dengan tujuan masing-masing. MPV digunakan sebagai mobil keluarga, sementara LCGC juga diperuntukan sebagai mobil keluarga namun memiliki kelas lebih rendah. Sementara SUV diperuntukan ke mobil-mobil penjelajah baik bersifat compact atau familiy.

2. Konfigurasi kursi

Secara umum mobil berplatform MPV dan LCGC memiliki konfigurasi kursi 3 baris dengan dua baris kursi dibelakang mendukung fitur lipatan untuk membuka ruang bagasi. Sementara SUV bisa terdiri dari 2 baris atau 3 baris tergantung jenis SUVnya.

3. Kapasitas Mesin

Mesin mobil, dibuat sesuai dengan beban yang akan diterimanya. MPV dengan beban membawa 7 orang penumpang dan body yang tidak terlampau besar umumnya menggunakan mesin dengan kapasitas 1.2 hingga 1.5 L. Sementara LCGC yang juga mengejar nilai efisiensi bahan bakar menggunakan mesin dengan kapasitas 1.0 hingga 1.2 L.

Pada SUV karena memiliki bobot besar serta medan yang diperuntukan juga bisa disebut agak ekstrem maka mesin yang harus diusung juga berkapasitas besar. Kapasitas mesin yang bisa dimiliki SUV lebih luas jangkauannya dari mulai 1.5 L hingga 3.0 L baik berbahan bakar bensin maupun solar.  ini juga tentunya tergantung jenis SUVnya.

4. Ukuran Ban

Sama halnya dengan mesin, bentuk body juga mempengaruhi ukuran ban. LCGC dengan body dan bobot tidak terlampau besar maka bisa dijejali dengan roda dengan diameter velg sekitar R14 atau R15. Untuk MPV juga tak jauh beda, antara R15 atau R16.

Sementara SUV dipengaruhi jenis SUVnya, untuk compact SUV mungkin menggunakan roda dengan diameter velg R17. Sementara pada Big SUV bisa menggunakan velg R19 atau lebih. Tentunya ini dipengaruhi dengan bentuk bodynya.

Selain diameter velg, lebar tapak ban juga mempengaruhi. Besar kecilnya telapak ban berpengaruh pada stabilitas dan efisiensi bahan bakar. Untuk mobil berbobot lebih besar pasti menggunakan ban dengan tapak lebih lebar agar stabil. sementara pada LCGC yang mengejar nilai efisiensi umumnya menggunakan ban telapak kecil.

5. Drivetrain

Drive train adalah rangkaian penghubung tenaga dari mesin menuju keroda. Dari ketiga jenis mobil ini memang tidak terlalu signifikan perbedaanya. LCGC dan MPV banyak yang menggunakan sistem FWD (Front wheel drive) yang memanfaatkan roda depan sebagai penggerak.

Sementara untuk SUV umumnya menggunakan sistem RWD/AWD. Sistem rear wheel drive memiliki daya yang cukup baik untuk mengangkut bobot besar dan sistem All wheel drive juga sangat diperlukan bagi mobil-mobil penjelajah seperti Big SUV.

6. Konsumsi bahan bakar

Semakin besar kapasitas mesinnya, semakin boros juga mesinnya. Ini tidak mesti berlaku apabila yang dipakai adalah mesin diesel, secara umum SUV memiliki pemakaian bahan bakar lebih boros karena menggunakan mesin dengan kapasitas lebih besar daripada mesin MPV. Ini artinya bahan bakar yang keluar juga lebih banyak volumenya per siklus.

Namun untuk meminimalkan pemborosan bahan bakar, biasanya mobil berlabel Big SUV menggunakan mesin diesel berbahan solar dengan kapasitas 2.0 hingga 2.5 L. Ini tentunya akan memperbesar efisiensi bahan bakar karena perbandingan BBm mesin diesel itu cukup ekonimis. Hanya saja, tetap LCGC yang memiliki kapasitas mesin setengahnya SUV paling irit diantara semua jenis ini.

7. Fitur keselamatan

Mungkin, pada MPV anda akan menemui beberapa fitur keselamatan utama seperti seatbelt, airbag dan ABS, ini sudah terbilang lengkap. Sementara pada LCGC, juga kurang lebih sama. Namun pada SUV akan anda temui banyak sistem keselamatan, tak hanya ABS, namun ada juga ESC (electronic stability control), Traction control, HSA (Hill start assist) dan pedestrian protection.

Fitur fitur itu memang dikondisikan dengan medan yang akan ditempuh oleh SUV. Jika anda lihat, maka fitur keselamatan diatas akan sangat berguna pada daerah menanjak seperti jalannan pegunungan.

8. Ground Clearence

Ground clearence adalah tinggi kolong mobil, tinggi ini diukur dari bagian terendah selain roda kepermukaan jalan. Tinggi rendahnya ground clearence berpengaruh pada banyak hal, salah satunya keseimbangan. Ground clearence yang besar berpotensi menyebabkan mobil oleng saat berbelok, sementara ground clearence rendah membatasi pergerakan mobil di daerah terjal.

Oleh sebab itu nilai ground clearence juga dihitung berdasarkan dimensi serta bobot mobil. Semakin lebar dimensi mobil maka semakin tinggi pula ground clearence amannya. Oleh sebab itu SUV dengan body besar memiliki ground clearence tinggi sehingga mampu melewati jalanan bergelombang.

9. Harga Mobil

Perbedaan yang terakhir bisa anda perhatikan pada harga mobilnya, untuk LCGC memang tidak semuanya sama tapi kira-kira dibanderol antara 120 hingga 160 jutaan. Sementara MPV juga bervariasai, untuk tipe low MPV mungkin bisa anda dapatkan dibawah 200 juta, tapi pada Premium MPV bisa diatas 500 juta.

Sementara SUV dibanderol antara 250 hingga 1 milyar tergantung jenis dan merk SUVnya. Untuk Small SUV mungkin bisa anda dapatkan dibawah 300 juta, tapi jika merknya BMW mungkin bisa tembus 1 milyar rupiah.


Demikian artikel lengkap dan detail mengenai jenis-jenis mobil dan pengertian, semoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kita semua.