Kapan Ganti Minyak Rem Mobil ? Berapa Biayanya ?

Advertisement
Ganti minyak rem – Brake fluid atau minyak rem adalah sebuah cairan yang digunakan sebagai isi dari sistem hidrolik rem. Cairan ini juga perlu kita lakukan penggantian seperti cairan pelumas seperti oli mesin dan transmisi. Pertanyaannya kapan interval penggantian minyak rem pada mobil ?

Untuk menjawabnya, bisa anda simak artikel dibawah ini.

harga minyak rem avanza
img by cars.com

Minyak rem sering diabaikan oleh beberapa pemilik mobil dari proses inspeksi. Padahal fungsi minyak rem ini cukup penting. Pada sistem rem hidrolik, saat kita menekan pedal rem maka tenaga dari pedal yang kita tekan akan disalurkan ke kaliper rem untuk menjepit disc brake. Minyak inilah yang bertugas menyalurkan tenaga dari pedal.

Kalau kekuatan penyaluran minyak rem lemah maka yang terjadi pedal rem kita tekan dengan maksimal tapi mobil tidak mampu berhenti atau kata dengan kata lain rem bisa ngempos. Tidak hanya itu, dalam pemakaian yang cukup lama minyak rem akan mengalami kerusakan struktur yang bisa membuatnya kehilangan daya hantar akibatnya rem bisa blong.

Mengapa Minyak Rem Perlu Diganti ?

Pertanyaan ini mungkin juga masih berputar-putar dikepala anda.

Perlu diketahui, minyak rem terbuat dari bahan sintetis bersifat asam yang berbeda dengan cairan-cairan yang digunakan pada sistem hidrolik manapun. Mengapa beda ? ini rem, rem bekerja dengan mengubah energi gerak ke energi panas. Jadi terbayang betapa panasnya suhu rem saat rem ini bekerja.

Suhunya bisa mencapai 200 derajat celcius. Dengan suhu seperti ini maka diperlukan cairan khusus yang lebih tahan panas seperti minyak rem.

Tapi minyak rem juga memiliki boiling point atau titik didih sekitar 240 hinga 260 derajat celcius. Lebih tinggi kan, tapi titik didih ini  bisa turun hampir 50 %. Salah satu faktor yang menurunkan boiling point ini adalah kandungan air didalam minyak rem.

Dalam satu tahun, ada sekitar 3 % air didalam sistem hidrolik rem. Jika kandungan airnya seperti ini, maka boiling point minyak rem bisa turun diangka 160 derajat celcius. Tentu ini berbahaya apalagi ketika dalam posisi kecepatan tinggi kita mengerem. Minyak rem bisa mendidih nantinya.

Apa mungkin air tersebut masuk kedalam saluran hidrolik rem ?

Jawabanya bisa saja, saat kita melakukan pengecekan volume minyak rem biasanya kita membuka tutup reservoir rem. Memang tidak ada air yang masuk tapi ada udara luar yang masuk saat kita membuka tutup reservoir rem ini.]

Dan kelembaban udara di Indonesia cukup tinggi, artinya didalam reservoir tank tidak hanya udara tapi ada pula uap air dengan konsentrasi yang sedikit. Itulah sebabnya, dalam satu tahun paling hanya 3 % air yang masuk dari keseluruhan sistem minyak rem. Tapi meski sedikit juga bisa tetap bermasalah.

Selain itu, faktor panas. Saat minyak rem terkena panas secara terus menerus maka warnanya akan menghitam. Ini merupakan tanda bahwa zat sintetis yang ada pada minyak rem mulai degredasi. Jika anda tetap memakai minyak rem dengan kondisi ini, maka resikonya rem bisa blong.

Lantas Kapan Minyak Rem Mobil Diganti ?

minyak rem xenia yang bagus adalah
img by autoinspectorinc.com

Secara umum, penggantian minyak rem ini dilakukan pada interval 2 tahun atau pada 40.000 Km pemakaian. Tapi tergantung minyak rem yang dipakai juga, kalau minyak remnya bagus masih tahan hingga 2 tahun pemakaian tanpa masalah. Tapi kalau yang murahan, mungkin setahun saja sudah ngempos.

Untuk mengganti minyak rem mobil ini rasanya lumayan susah karena perlu keahlian khusus. Gambaranya begini, mengganti minyak rem lama dengan yang baru harus dilakukan secara vakum atau tertutup agar tidak ada udara yang masuk kesistem hidrolik.

Jika ada udara sedikit saja masuk kesistem hidrolik maka rem bisa ngempos karena udara tidak bisa menyalurkan tekanan justru menyerap tekanan. Apalagi untuk rem ABS, perlu tools khusus agar sistem ABS rem juga tidak error. Oleh sebab itu, percayakan pekerjaan ini pada bengkel kepercayaan anda.

Berapa biaya ganti minyak rem mobil ?

Untuk ongkosnya, bisa anda sesuaikan dengan jenis minyak rem yang akan anda gunakan.

  • Minyak rem DOT 3 : sekitar 20 ribuan
  • Minyak rem DOT 4 : sekitar 50 ribuan
jenis minyak rem pada mobil

Lebih baik yang mana DOT 3 atau DOT 4 ? tentu kalau mana yang lebih baik, DOT 4 lah yang lebih baik karena jenis minyak rem ini memiliki kemampuan yang lebih rendah dalam penyerapan air serta memiliki boiling point lebih tinggi.

Tapi minyak rem DOT 3 masih cocok dipakai untuk tipe-tipe rem hidrolik mobil sekarang.

Tips Perawatan Minyak Rem Agar Lebih Awet


Terakhir, untuk memastikan kemampuan minyak rem bertahan hingga masa penggantian ada beberapa tips yang bisa anda terapkan.

1. Biasakan mengecek volume minyak rem dari luar

Untuk mengecek volume minyak rem bisa anda lihat pada brake reservoir karena bagian ini adalah bagian tertinggi dari sistem hidrolik rem. Tanki ini terbuat dari bahan plastik cerah agak transparant. Minyak rem didalam tanki seharusnya terlihat dari luar tanpa membuka tutupnya.

Jika anda menemui kesulitan, gunakan senter untuk memperjelas seberapa volume minyak rem yang pada pada reservoir. Pengecekan tanpa membuka reservoir ini akan meminimalkan potensi uap air masuk.

2. Berhentilah sejenak saat berkendara dalam waktu lama

Saat kita berkendara keluar kota biasanya bisa memakan waktu hingga berjam-jam. Disarankan untuk beristirahat sekitar 2 jam perjalanan untuk mengistirahatkan tubuh anda juga mendinginkan semua komponen mobil.

Bukan hanya mesin, tapi sistem rem juga perlu didinginkan. Pendinginan rem hanya memanfaatkan udara yang lewat saat mobil bergerak. Tapi minyak rem yang terlanjur panas tidak memiliki sistem pendinginan. Sehingga kita perlu mengistirahatkan mobil agar semua komponennya termasuk minyak rem kembali stabil.

3. Pastikan selang hidrolik rem tidak menempel pada sumber panas

Terkadang, ada selang rem yang menyentuh bagian mesin atau knalpot. Ini adalah sumber panas mesin, akibatnya minyak rem lebih cepat panas dan berpotensi menimbulkan kegagalan pengereman.

Untuk menghindarinya, biasanyak saat akan berkendara jauh khususnya anda perlu mengecek semua hal salah satunya bagian saluran rem. Pastikan jalurnya terbebas dari sumber panas apapun.

Demikian artikel lengkap dan jelas mengenai waktu standar penggantian minyak rem mobil. Semoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kita semua.