Isi Oli Mesin Terlalu Banyak, Apa Akibatnya ?

Advertisement
Efek oli terlalu penuh – Bagi pemilik kendaraan bermotor, penggantian oli mesin merupakan hal yang wajin dilakukan. Penggantian ini bisa kita lakukan sendiri atau bisa memakai jasa ganti oli dibengkel. Yang perlu diperhatikan, yakni pengisian oli mesin. Apa bila kurang, tentu akan berakibat buruk terhadap mesin dan apabila lebih juga berefek buruk bagi mesin.

Setiap mesin memang memiliki kapasitas sendiri-sendiri. Bahkan mesin yang punya kapasitas sama tapi beda produksi juga bisa memiliki perbedaan kapasitas oli. Jadi apabila anda akan melakukan pengisian oli mesin jangan menuruti kapasitas dari mesin kendaraan manapun yang berbeda dengan kendaraan anda. Tapi lihatlah stik yang sudah disediakan pada mesin kendaraan anda.

Apa Efek Dari Pengisian Oli Yang Terlalu Banyak Ini ?

cara mengurangi oli mobil
img by bmwguide.net

Tentu sesuatu yang dilakukan secara berlebihan juga bisa memberikan dampak negatif, termasuk pengisian oli mesin. Terhitung ada tiga efek yang timbul akibat mengisi oli terlalu penuh yakni ;

1. Terjadi Penurunan Kualitas Oli

Ini memang terlihat tidak masuk akal, tapi jika anda tahu apa yang terjadi didalam mesin maka anda akan mengerti dengan hal ini. Saat oli mesin terlalu banyak, maka didalam ruang engkol oli akan mengenangi poros engkol. Dalam posisi normal, harusnya oli hanya menggenangi pompa oli dan tidak sampai menggenangi poros engkol.

Tapi karena terlalu banyak maka oli bisa membanjiri setengah dari diameter poros engkol. Kita tahu saat mesin bekerja, poros engkol ini akan bergerak berputar. Pada poros engkol ada komponen yang namanya weight balance. Weight balance berbentuk seperti bandul yang dipakai untuk menyembangkan putaran poros engkol.

efek oli motor yang kebanyakan
img by cartechbooks.com

Sehingga, weight balance ini juga akan berputar mengenai genangan oli didalam ruang engkol. Imbasnya ini seperti sendok yang mengocok cairan. Akibatnya ada gelembung udara (busa) yang terbentuk dari proses ini. Udara yang ada pada oli inilah yang membuat daya lumasnya turun.

Akibatnya oli tidak bisa melumasi komponen mesin dengan baik dan gesekan antara komponen mesin berlangsung secara kasar, ini tentu berpotensi menyebabkan keausan komponen lebih cepat.
2. Langkah piston menjadi terhambat

Efek ini juga masih ada hubungannya dengan yang pertama. Secara normal, poros engkol tidak terendam oleh oli mesin. Sehingga gerakannya terbebas dari hambatan zat cair. Tapi ketika poros engkol terendam oleh cairan oli maka itu juga  bisa berperan sebagai hambatan.

Jika kita bayangkan, saat berjalan pada genangan air pasti langkah kita akan menjadi lebih berat. Itu juga berlaku pada poros engkol, akibatnya piston harus bekerja lebih ekstra dari biasanya. Jika ini terjadi maka ada dua kemungkinan, RPM mesin tidak akan maksimal atau bensin menjadi lebigh boros.

3. Mengganggu Kopling Basah (motor)

Pada sepeda motor transmisi manual (sport/bebek) dilengkapi dengan wet clutch (kopling basah) memang kopling ini akan bekerja maksimal saat terendam oli mesin. Tapi jika rendaman ini berlebihan, maka kopling juga berpotensi slip.

Oli dialam kopling basah hanya sebagai pembasah permukaan kampas kopling agar tidak mudah tergores. Tapi kalau sampai benar-benar tergenang maka gesekan menjadi semakin besar dan imbasnya tenaga mesin kurang atau bensin yang juga semakin boros.

Bagaimana Cara Cek Oli Mesin ?


Untuk menghindari kelebihan oli mesin, kita perlu melakukan pengecekan ketinggian oli mesin. Caranya cukup mudah, karena disetiap mesin baik mesin motor atau mobil sudah disediakan alat bernama deep stick yang digunakan untuk mengukur volume oli mesin. Caranya begini,
  • Buka kap mesin mobil anda
  • Cari deep stick diarea mesin, biasanya ujung stick ini berwarna kuning.
  • Lalu cabut stick tersebut dan lihat ujung bawahnya.
  • Pasti akan berlumuran oli hingga melebihi kapasitas. Ini tidak perlu dipedulikan, anda harus membersihkan oli pada ujung bawah stick dengan mengusapnya menggunakan lap.
  • Setelah bersih, maka level pada ujung bawah stick akan terlihat langsung masukan kembali stick oli ke lubangnya sampai benar-benar mentok.
  • Tanpa menunggu lama cabut stick itu dan anda bisa melihat berapa volume oli pada mesin mobil anda.
  • Apabila oli masih berada pada range indikator deep stick maka itu tidak masalah. Tapi apabila oli sampai melebihi range deep stick oil maka tandanya oli mesin di mobil anda kelebihan.


Apabila oli mesin terdeteksi kelebihan, maka kita perlu melakukan pengurangan oli mesin. Untuk mengurangi oli dari mesin memang membutuhkan sedikit usaha. Karena pada mobil, hanya tersedia satu lubang untuk mengeluarkan oli yakni dari lubang penguras oli yang letaknya dibagian bawah mesin.

Saat anda akan mengurangi oli ini, pastikan anda tidak membuka baut itu hingga terlepas. Tapi kendorkan hingga oli menetes dari lubang penguras oli dengan baut penguras masih menempel pada lubang penguras.

Kalau anda melepas baut ini, maka oli bisa langsung keluar dari mesin dalam jumlah yang banyak. Sehingga ditakutkan oli justru akan terbuang dan oli didalam mesin malah akan kurang. Selengakpnya bisa anda teruskan pada artikel : Cara mudah mengurangi oli mesin yang kelebihan

Bagaimana untuk sepeda motor ?

Secara prinsipnya itu sama saja, tapi bagi anda yang kesulitan menemukan  deepstick oil pada motor, anda harus membuka tempat pengisian oli motor. Oil filler ini terletak dibagian kanan mesin yang dibuka dengan memutarnya. Berbeda dengan mobil, stik oli mesin motor terletak menyatu dengan tutup oli ini.

akibat oli motor yang kelebihan
img by tribunnews.com

Sementara untuk menguranginya, ada cara yang lebih presisi yakni dengan menguras seluruh oli mesin motor sampai habis. Kemudian mengisi kembali oli tersebut dengan melihat stik agar tidak berlebihan.

Baca pula bro :


Cara ini bisa dilakukan karena oli motor kapasitasnya tidak terlalu banyak. Paling hanya sekitar 0,8 L untuk mesin berkapasitas 100 sampai 125 cc dan 1,2 liter untuk mesin diatas 125 cc.

Demikian artikel lengkap dan singkat mengenai cara mengurangi oli dari mesin serta akibat oli mesin yang terlalu banyak. Semoga  bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kita semua.