9 Langkah Lengkap Mengganti Kampas Rem Depan Motor + Gambar

Advertisement
Mengganti kampas depan motor – Melakukan penggantian kampas rem, ternyata bisa anda lakukan sendiri dirumah. Dengan bantuan tool set anda bisa melakukan reparasi sepeda motor anda sendiri termasuk mengganti kampas rem.

Langkah awal adalah mempersiapkan alat dan bahannya, antara lain ;
  • Kunci L segi 6 (hexagonal Wrench)
  • Tang Kombinasi
  • Satu set kampas rem baru
  • Grease/oli

Cara Mengganti Kampas Rem Cakram Motor


Sebelum melepas, perlu diketahui ada dua jenis sistem rem cakram yang dipakai pada motor. Tipe single piston dan double piston. Untuk tipe single piston yang banyak digunakan pada motor keluaran dibawah 2010 (Supra series) memiliki konstruksi yang berbeda dengan tipe single piston yang banyak dipakai pada motor matic.

Tapi tenang saja karena kita akan membahas dua-duanya.

1. Buka baut pengikat braket rem


Langkah pertama adalah melepas baut pengikat braket rem, baut ini bisa anda temukan dengan mudah karena baut ini merupakan baut yang menghubungkan caliper rem dengan fork arm suspensi. Jadi ada dua baut dengan model segi enam, anda harus mengendorkannya dahulu menggunakan bantuan kunci L segi enam dan pemanjang.

Setelah  baut kendor, maka putar dengan tangan hingga baut itu terlepas.

2. Lepas baut pengikat kampas rem (khusus double piston)

Kalau anda sedang melepas kampas rem motor dengan tahun produksi dibawah 2010 maka banyak yang masih menggunakan konstruksi ini. Ada dua buah baut dengan kepala obeng (-), yang terletak ditengah caliper rem (lebih jelas simak gambar).


Kalau ternyata anda menemukannya, maka lepas dahulu dua baut tersebut. Anda bisa menggunakan bantuan obeng atau kunci lain yang pas untuk membuka baut tersebut (setiap motor tidak mesti sama kepala bautnya).

Namun kalau anda tidak dapat menemukan baut yang dimaksud, maka lanjut kelangkah berikutnya karena motor anda menggunakan kosntruksi rem cakram terbaru.

3. Lepas kaliper dari fork arm suspension

Karena baut pengikat braket sudah terlepas, maka langkah berikutnya kita hanya tinggal mendorong kaliper ke arah luar agar bisa terlepas dari dudukannya. Mungkin terdengar mudah, tetapi anda bisa saja merasakan kesulitan karena kampas dan piringan masih dalam posisi rapat (meski tidak menekan).

Triknya, dorong dari satu sisi dulu misal dari sisi atas. Kalau suda bergerak, anda bisa mengungkitnya menggunakan obeng. Tapi yang diungkit jangan kalipernya, tapi braketnya (besi lempengan yang terhubung antara kaliper dan fork arm suspensi).

4a. (Tipe dual piston) Lepas kampas rem

Untuk tipe konstruksi lama, anda bisa langsung melepaskan kampas rem dari dalam caliper tanpa bantuan alat lagi. Karena kampas rem terikat dengan baut pengikat yang sebelumnya sudah kita lepas.

4b. (Tipe single piston) Lepas pin kampas rem dahulu

Sementara untuk tipe konstruksi terbaru, kita diharuskan melepas pin kampas rem dahulu. Pin ini ada dua buah, tapi yang anda lepas cukup satu. Untuk melepas pin, pertama kita lepas dahulu snap ring atau kawat pengunci dari pin tersebut.


Penggunaan kawat pengunci ini bisa dibilang efektif karena menggantikan tipe lama yang menggunakan sistem baut (ulir). Melepasnya juga mudah, anda bisa menggunakan bantuan tang kombinasi untuk melepas pengunci atau menggunakan obeng mini untuk mengungkitnya. Biasanya ada dua buah pengunci pada satu pin, anda lepas dua-duanya.

Setelah urusan pengunci selesai, lalu tarik pin ke salah satu sisi menggunakan bantuan tang. Karena sudah tidak ada lagi pengunci maka saat ditarik, pin akan terlepas dan kampas rem bisa kita pisahkan dari caliper rem.

5. Lepas braket rem


Braket atau plat besi yang menghubungkan caliper dengan fork arm suspensi juga perlu kita lepas. Caranya anda hanya tinggal menariknya.

Sebelum lanjut, kita selesaikan dulu braket ini dengan membersihkan bagian core atau batang yang masuk kedalam caliper. Pada batang ini, ada kotoran berupa debu yang mengganggu pergerakan caliper sehingga kita perlu membersihkannya dengan lap.

Lalu sebelum nanti dipasang, batang ini juga harus di lumasi dengan pelumas (oli atau grease) agar pergerakan piston bisa lancar.

6. Siapkan kampas rem baru

Setelah semua sudah terlepas, kita harus melakukan penyesuaian dulu ke kampas dan caliper sebelum dipasang. Pertama pada kampas rem, beberapa teknisi menyarankan agar kita menumpulkan bagian sudut dari kampas rem.

Alasannya, nanti ketika kampas terpasang, bagian ini akan bergesekan dengan bagian dalam piringan rem yang tidak pernah terkena tekanan. Bagian ini memiliki permukaan yang kurang halus serta lebih tebal sepersekian mili. Akibatynya nanti kampas rem akan bunyi ketika motor berjalan.

Kita bisa menggerus bagian sudut ini menggunakan lempengan seng atau cutter. Lakukan langkah ini hanya untuk menumpukan bagian sudut, dan jangan berlebihan.

7. Tekan piston pada caliper rem

Sebelum memasukan kampas kedalam caliper, kita juga pelu mengkondisikan bagian caliper. Ketika kampas rem tipis, secara otomatis piston menjadi lebih menonjol. Ini adalah proses alami dari sistem hidrolik rem untuk melakuakan penyetelan celah rem otomatis.

Kalau kita pasang kampas baru yang lebih tebal, maka kampas tidak akan bisa masuk. Oleh karena itu kita harus menekan/memasukan piston didalam caliper agar permukaannya rata dengan permukaan caliper.


Caranya bisa anda gunakan kunci ring besar untuk mengungkit bagian piston seperti yang ditunjukan pada gambar.

8. Rakit kembali caliper ke fork arm suspension

Setelah proses penyesuaian telah dilakukan, langkah berikutnya adalah langkah pemasangan. Untuk urutan pemasangan, dimulai dari ;


  • Pemasangan braket, ini dilakukan hanya dengan memasukan braket kedalam lubang pada caliper yang telah disiapkan. Pastikan juga gerakan caliper pada braket tidak terhambat karena ini bisa mempengaruhi tekanan rem.
  • Pemasangan kampas rem, selanjutnya kampas rem yang sudah disiapkan dimasukan kedalam caliper. Ada dua buah kampas rem dengan bentuk yang berbeda. Kampas rem dengan bentuk lebih kecil, biasanya terletak dibagian dalam. Sementara kampas rem dengan bentuk lebih besar diletakan diatasnya.
  • Pasang pin kampas rem, baik pada tipe duo piston maupun single piston maka pasang pin kampas langsung agar posisi kampas tidak bergerak.
  • Untuk caliper tipe single piston, jangan lupa anda memasang kawat pengunci seperti semula. Untuk memasangnya cukup mudah anda hanya perlu memasukannya menggunakan tangan.
  • Setelah bagian caliper sudah dirangkai, pasangkan caliper tersebut ke fork arm suspensi. Pasang bautnya serta kencangkan sesuai spesifikasi.



9. Finishing

Langkah terakhir, adalah dengan melakukan pengetesan. Untuk kampas rem yang baru diganti, biasanya rem akan ngempos diawal. Ini dikarenakan celah antara kampas rem dan piringan sangat lebar.

Sehingga seusai mengganti kampas rem, kita jangan langsung menggeber motor dijalan. Pertama tekan rem hingga lebih dari tiga kali hingga rem terasa padat. Kalau rem sudah terasa padat, artinya celah rem sudah diset secara otomatis dan motor siap digunakan di jalan raya.

Untuk lebih jelas, anda bisa simak video dari chanel Youtube Saudara Motor berikut ;


Demikian artikel lengkap, jelas dan detail mengenai cara mengganti kampas rem depan/cakram sepeda motor beserta gambarnya. Semoga bisa menambah ketrampilan kita dan bermanfaat bagi kita semua.