Daftar Harga Kampas Kopling Mobil Suzuki Terbaru

Advertisement
Harga kampas kopling suzuki - Sistem kopling merupakan sebuah komponen yang digunakan untuk memutuskan dan menghubungkan putaran mesin dengan cepat dan kuat.

Namun, kopling juga memiliki batas pemakaian yang artinya pada interval tertentu kita harus mengganti kampas kopling dengan yang baru. Alasannya sama seperti kampas rem, kampas kopling juga bekerja menggunakan gesekan sehingga permukaan kampas bisa tergerus.

Bagi anda yang baru akan mengganti kampaa kopling mobil anda, mungkin dihadapkan pada sebuah pertanyaan. Berapa kira-kira biaya yang dibutuhkan untuk ganti kopling ?

Yang pasti, biaya yang diperlukan sangat dipengaruhi oleh harga kopling itu sendiri. Sebelumnya, kita sudah membahas daftar harga kopling set Toyota sekarang kita akan mengulas daftar harga kopling mobil Suzuki.

Harga Kopling Set Suzuki


Kampas yang tertera dibawah ada dua tipe, yakni tipe Set dan Disc only. Untuk tipe set artinya harga sudah termasuk satu set kopling yang berisi plat kopling, drek laher/release bearing, matahari/pressure plate. Sementara untuk disc only hanya plat kopling.

Mobil Tipe Harga
Kampas kopling Suzuki Baleno Set Rp 985.000,-
Kampas kopling Suzuki Ertiga Set Rp 1.530.000,-
Kampas kopling Suzuki Swift Set Rp 1.680.000,-
Kampas kopling Suzuki Carry Set Rp 800.000,-
Kampas kopling Suzuki Futura 1.5 Fi Set Rp 1.550.000,-
Kampas kopling Suzuki APV Set Rp 998.000,-
Kampas kopling Suzuki Splash Set Rp 1.250.000,-
Kampas kopling Suzuki Grand Vitara Set Rp 1.220.000,-
Kampas kopling Suzuki APV Disc Only Rp 340.000,-
Kampas kopling Suzuki Grand Vitara Disc Only Rp 468.000,-
Kampas kopling Suzuki Swift Disc Only Rp  565.000,-

Harga yang tertera diatas, diambil dari beberapa katalog harga part Suzuki dan beberapa pedangan spare part mobil. Harga ini, bisa berubah kapan saja tanpa pemberitahuan karena sifatnya dinamis. Tetapi setidaknya anda bisa menggunakan data diatas untuk mengestimasi berapa kira-kira uang yang dikeluarkan untuk mengganti kopling mobil.

Baca juga : Biaya total ganti kampas kopling mobil

Kapan Kampas Kopling Mobil Diganti ?

Secara umum, penggantian kampas kopling tidak memiliki aturan yang baku. Sama halnya dengan kampas rem, kampas kopling diganti tergantung kondisinya. Jadi apabila mobil anda baru menempuh KM 10.000 namun kampas kopling sudah tipis maka segera lakukan penggantian.

Apa saja ciri-ciri kampas kopling yang tipis ?

Kampas kopling yang tipis, bisa diketahui dari hal-hal berikut ini

  • Muncul bau sangit dari bagian depan mobil, biasanya bau ini muncul ketika kita menggunakan setengah kopling. Bau sangit ini menjadi pertanda kalau gesekan pada kopling berlangsung parah. Umumnya mobil masih sanggup berjalan namun dalam waktu dekat kampas akan habis.
  • Tenaga mesin ngempos, selanjunya mesin juga terasa kurang bertenaga. Gejala ini muncul setelah gejala pertama dan bisa terjadi ketika kita gas mobil pada RPM tinggi. Penyebabnya karena kopling mulai selip.
  • Suara mesin nggerung, ketika membawa beban berat maka suara mesin cenderung meraung dengan pergerakan sedikit. Ini terjadi karena selip pada plat kopling yang tipis.
  • Pedal kopling terasa lebih tinggi meski sebelumnya belum melakukan penyetelan pedal kopling.
  • Susah masuk gigi, ini terjadi karena kampas yang tipis lebih mudah melekat pada pressure plate. Sehingga ketika kita injak pedal kopling, powertrain belum sepenuhnya terputus dan transmisi pasti sulit dimasukan.

Baca pula ; 6 Gejala Kopling Mobil Mulai Rusak


Apa akibatnya kalau kampas tidak segera diganti ?

Plat kopling yang tidak lagi memiliki lapisan kampas, menyebabkan gesekan yang terjadi secara langsung antara inti plat kopling dengan pressure plate yang sama-sama berbahan logam.

Akibatnya, gesekan tersebut meningkatkan suhu pada sistem kopling sehingga plat kopling akan menempel pada pressure plate dan menyebabkan pedal kopling terasa keras saat diinjak.

Kalau ini terjadi, kita tidak bisa mengganti plat kopling saja. Tetapi kita juga perlu melakukan penggantian saru set kopling karena komponen pressure plate memiliki permukaan yang tidak lagi rata. Kalau tetap digunakan maka berpotensi menimbulkan masalah kopling lain seperti selip dan bunyi.

Dengan kata lain, segera lakukan penggantian plat kopling saat gejala kampas kopling tipis sudah anda rasakan.

Demikian yang bisa disampaikan mengenai harga kampas kopling mobil Suzuki, semoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kita semua.