Pasang Pelindung Kabel Mobil Agar Terhindar Dari Korsleting

Advertisement
Pelindung kabel mesin – korsleting merupakan salah satu masalah yang sulit sekali dideteksi karena masalah ini terjadi pada sistem kelistrikan, dimana listrik itu material yang bisa dirasakan namun tidak bisa dilihat.

Penyebab korsleting listrik pun beragam, ada yang karena kabel terkelupas atau karena memasang aksesoris kelistrikan mobil yang cukup ekstrem. Selain itu, korsleting listrik juga bisa disebabkan karena faktor dari luar misal karena bagian depan mobil tertabrak atau karena kabel digigit tikus.

Kalau sudah korslet, solusinya anda perlu mengganti satu set wiring pada mobil (itu pun kalau belum terbakar). Secara umum korsleting yang tidak terdeteksi bisa membahayakan bagi anda dan semua penumpang mobil karena bisa menyebabkan mobil terbakar habis.

Namun sebenarnya semua masalah diatas bisa anda cegah dengan melakan langkah preventif. Salah satunya dengan memasang cable protector atau pelindung kabel mobil.

Apa itu pelindung kabel mobil ?


Pelindung kabel adalah bahan sintetis yang berbentuk selongsong yang dipakai untuk membungkus beberapa kabel sekaligus agar terlihat semakin rapi. Pelindung ini akan membungkus kabel-kabel yang menjalar ke semua kelistrikan mobil.

Apakah pelindung ini penting ?

Tergantung dari mobil anda, ini karena mobil sudah memiliki pelindung kabel yang akan membungkus semua kabel baik kabel sensor mesin maupun kabel-kabel lampu. Biasanya kabel ini akan berujung pada fuse blok yang berperan sebagai pengaman rangkaian.

Tapi terkadang ada pemilik mobil yang melakukan modifikasi mesin dan modifikasi lampu mobil. Sehingga pastinya ada penambahan kabel.

Kalau seperti ini, berarti pelindung kabel tambahan menjadi bagian penting untuk membungkus kabel-kabel tambahan pada body mobil.

Manfaat pemasangan selang pelindung kabel

Melindungi kabel dari benda panas, kita tahu kabel yang lokasinya di ruang mesin itu sangat akrab dengan panas. Sehingga perlu pelindung agarn kabel tidak meleleh

  • Melindungi kabel dari gesekan didalam mesin, terkadang putaran kipas juga memaksa kabel untuk bergerak-gerak. Kalau gerakan kabel menggesek bagian panas mesin maka kabel bisa terkelupas. Sehingga selang pelindungh ini cukup berguna.
  • Melindungi kabel dari tetesan zat cair, kebocoran oli mesin atau kebocoran bensin bisa berpotensi menyebabkan kebakaran. Namun kalau kabel tidak terkena bensin maka kabel setidaknya lebih aman karena kabel tidak secara langsung terkena bensin.
  • Membantu penataan kabel lebih rapi, akan lebih rapi apabila semua kabel dikumpulkan menjadi satu dab diletakan pada jalur yang aman. Sehingga tidak mengganggu pemandangan.
  • Mempercantik tampilan ruang mesin, sekarang banyak dijual selang pelindung kabel mobil yang berwarna-warni sehingga selain sebagai pelindung juga berperan untuk menambah nilai estetika mobil.

Berapa harga selongsong pelindung kabel ini ?

Harga pelindung kabel ini bervariasi, karena hal ini juga tergantung bahan serta model dari pelindung tersebut.

Untuk pelindung kabel standar yang berwarna hitam berbentuk spiral seperti pelindung kabel original pada mesin mobil memiliki harga sekitar 6 hingga 10 ribu rupiah per meternya. Diameter selongsong ini sekitar 7 hingga 10 mm. Sehingga cukup untuk menempatkan dua sampai tiga kabel berukuran sedang.

Untuk pelindung kabel bermotif, sepertinya memiliki harga lebih mahal. Pelindung ini dijual secara set dengan harga satu setnya mencapai 100 ribu rupiah. Namun dalam satu set kabel terdapat pelindung dengan berbagai ukuran sehingga satu set mampu melindungi seluruh kabel satu mobil.

Bagaimana cara pasang pelindung kabel ini ?

Untuk memasangnya, ternyata cukup mudah dan kita tidak perlu melepas kabel kelistrikan. Kita hanya memerlukan sebuah gunting.


img by waytekwire.com
  1. Caranya pertama ukur dulu selang pelindung agar pas dengan kabel yang akan diberi pelindung.
  2. Lalu gunting kabel pelindung sampai ukurannya pas.
  3. Setelah pelindung sudah disiapkan, langsung anda pasangkan ke kabel dengan cara membelah pelindung lalu masukan kabel ke pelindung.
  4. Agar pelindung rapat, anda bisa memasangkan kabel ties pada ujung pelindung atau bisa juga menggunakan selotip.

Demikian artikel lengkap dan singkat mengenai selang pelindung kabel mobil dan motor. Semoga bisa menambah wawasan kita semua.