AC Mobil Panas dan Hanya Keluar Angin ? Mungkin Ini Penyebabnya

Advertisement
Sistem AC adalah komponen pengendali suhu kabin pada mobil yang digunakan untuk menjaga temperature didalam kabin tetap normal (tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin) selain itu, sistem AC juga sangat berperan dalam sirkulasi oksigen dari dan keluar mobil.

Dilihat dari fungsinya, sistem AC memang cukup memberi kenyamanan berkendara karena kita tidak perlu takut kepanasan saat didalam mobil meski suhu di luar cukup terik.

Namun bagaimana kalau AC mobil terasa panas ? saat AC dinyalakan ternyata hanya keluar angin bersuhu tinggi meksi selektor AC sudah kita set ke level yang paling dingin.

Ternyata, masalah AC tidak dingin seperti ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Diartikel ini, akan kita bahas apa saja yang menyebabkan AC mobil panas.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin


AC mobil yang tidak dingin  bisa dideteksi dari angin yang keluar dari ventilasi AC. Kalau terasa hangat, meski selektor AC sudah di set dingin maka itu mengindikasikan ada kerusakan didalam sistem AC.

1. Freon habis

Freon adalah bahan yang digunakan untuk memindahkan panas pada udara yang akan dihembuskan kedalam kabin. Freon yang banyak digunakan saat ini berjenis R-134a yang aman karena tidak merusak ozon namun tetap menimbulkan dampak pemanasan global apabila bocor ke atmosfer.

Fungsi freon ini cukup vital, yakni mendinginkan udara yang akan dihembuskan ke dalam kabin melalui suhu dingin yang dimiliki oleh freon.

Bisa dikatakan, udara dingin dari AC itu didapat dari temperatur freon yang cukup dingin ini. Kalau volume freon kurang, maka penyerapan panas pada udara yang akan dihembuskan kedalam kabin juga akan mengalami penurunan.

Sehingga, akan muncul masalah AC kurang dingin. Saat masalah ini muncul, sebenarnya AC masih terasa dingin namun tidak sedingin biasanya.

Kalau masalah tersebut terus dibiarkan maka freon akan habis karena freon adalah gas yang mudah menguap. Sehingga kalau ada kebocoran saluran AC sedikit saja bisa membuat semua freon didalam sistem AC kabur.

Saat freon didalam saluran AC habis, maka tidak ada lagi penyerapan panas. Apabila kita mengaktifkan sistem AC, maka blower hanya akan menghembuskan udara dari luar mobil kedalam kabin tanpa adanya proses pendinginan.

Mengapa udara yang terhembus memiliki suhu lebih panas ?

Ini terjadi karena kompresor dan semua sistem AC masih berfungsi normal. Saat freon dari dalam saluran AC keluar, maka udara yang akan masuk mengisi saluran AC. Dan sifat udara saat dikompresi akan meningkat suhunya.

Sehingga didalam evaporator suhunya akan lebih tinggi akibat efek udara yang terkompresi oleh kompresor AC. Dan imbasnya, suhu hembusan udara akan terasa panas.

Bagaimana cara mengecek freon mobil ?


Untuk mengecek volume freon, bisa anda lihat pada sight glass didekat dryer. Dalam kondisi AC on serta mesin hidup, harusnya ada gelembung. Gelembung ini menandakan bahwa freon masih ada didalam saluran AC.

2. Kopling kompresor mati


Kopling kompresor berfungsi layaknya kopling pada transmisi. Fungsinya untuk memutuskan juga menghubungkan putaran, namun yang diolah adalah putaran pulley kompresor ke poros kompresor AC.

Penempatan kopling ini akan membuat kompresor tidak bekerja secara terus menerus, sehingga ketika tekannan freon sudah maksimal kompresor bisa berhenti secara otomatis tanpa menurunkan RPM mesin.

Kopling ini memanfaatkan gaya magnet untuk menarik plat kopling agar terhubung dengan pulley, yang menjadi masalah ada pada rangkaian kelistrikan kopling magnet ini.

Apabila kopling magnet tidak bekerja, maka kompresor AC tidak akan terhubung ke pulley dan tidak melakukan pompaan freon meski RPM mesin sudah sangat tinggi.

Sehingga, tidak ada sirkulasi freon dan tidak terjadi perpindahan panas. Ini akan membuat hembusan udara didalam kabin terasa tidak dingin namun tidak terasa panas.

Bagaimana cara memersiksa kopling kompresor ?

Caranya yakni dengan memperhatikan kinerja kompresor AC, saat mesin hidup lalu AC dinyalakan harusnya kopling langsung terhubung. Hubungan ini akan menimbulkan suara cukup kencang lalu disertai penambahan RPM mesin.

Apabila anda mendengar suara hubungan kopling kompresor lalu ada kenaikan RPM mesin maka kopling normal, namun kalau tidak maka kopling kompresor telah rusak.

3. Kipas pendingin mati


Kipas pendingin memiliki banyak fungsi, selain mendinginkan mesin, kipas pendingin juga mendinginkan kondensor AC.

Sehingga, kinerja kipas pendingin juga akan mempengaruhi proses perpindahan panas pada freon ke udara bebas.

Kalau kipas pendingin mati, maka freon tidak dapat didinginkan. Ini akan membuat suhu freon tetap tinggi meski sudah bisa bersirkulasi. Sehingga, AC kadang terasa dingin, dan ketika lama digunakan hembusan angin akan semakin panas.

Karena berkaitan dengan kipas pendingin, maka masalah ini harusnya akan lebih mudah terdeteksi. Anda akan melihat indikator overheat pada dashboard yang mengindikasikan suhu mesin terlalu panas.

Apabila kejadian overheat dan AC panas terjadi secara bersamaan maka bisa dipastikan kalau kipas pendingin mengalami kerusakan.

Apabila masalah ini terjadi secara tiba-tiba saat anda melakukan perjalanan, maka segera pinggirkan kendaraan anda lalu buka kap mesin hingga suhu mesin kembali dingin. Untuk langkah perbaikannya, ada berbagai prosedur.

Pertama pengecekan rangkaian (fuse dan relay), kalau kondisinya normal maka lanjut ke pengecekan kipas. Langkah perbaikan ini memang memerlukan alat-alat khusus, sehingga akan lebih tepat untuk menghubungi layanan storing bengkel terdekat.

Demikian artikel lengkap dan jelas mengenai penyebab AC panas hanya keluar angin. Semoga bisa menambah wawasan kita semua.