Motor Tidak Bisa Hidup Setelah Mati Dalam Waktu Lama, Ini Penyebabnya

Advertisement
Ada saja alasan yang mengharuskan kita untuk meninggalkan motor kita dalam waktu yang lama. Contoh saat kita merantau, beberapa orang memilih meninggalkan motornya dirumah karena dinilai lebih aman.

Namun masalah sebenarnya ada saat kita akan menghidupkan motor yang sebelumnya telah kita tinggal dalam waktu lama.

Masalah ini akan hadir saat kita mulai menekan tombol starter atau mengengkol kick starter. Mesin tidak dapat hidup seperti sedia kala, kira-kira apa penyebabnya ?


Agar mesin motor bisa hidup, maka pembakaran didalam mesin pun harus berlangsung dengan sempurna. Syarat terjadinya pembakaran didalam mesin, harus ada udara, bensin, api (busi) dan tekanan kompresi.

Saat motor dianggurin dalam waktu yang cukup lama, terkadang ada satu atau lebih syarat yang tidak terpenuhi. Sehingga mesin motor sulit dinyalakan. Apa saja penyebabnya ?

1. Aki motor tekor

Meski sebelum anda meninggalkan motor aki sudah terisi penuh, saat anda kembali dalam kurun waktu beberapa bulan aki bisa tekor.

Ini terjadi karena ada proses self-discharge, yakni reaksi kimia yang terjadi didalam aki untuk mengeluarkan arus listrik namun dengan kapasitas sangat kecil. Meski kapasitasnya sangat kecil kalau dilakukan secara lama tetap hasilnya akan besar.

Sehingga, jangan kaget kalau saat anda menghidupkan motor ternyata putaran starter tidak sekencang biasanya.

Selengkapnya : Penyebab aki motor injeksi tekor

Solusinya cukup mudah, anda hanya perlu menggunakan kick start untuk menghidupkan motor yang sudah diberhentikan dalam waktu lama.

2. Bensin tidak turun

Kejadian bensin yang mampet memang sering terjadi, khususnya pada motor karbu yang sudah ditinggalkan dalam waktu yang lama.

Ini bisa disebabkan karena ada udara yang terjebak didalam karburator. Dan udara ini akan menghambat aliran masuk bensin dari tanki.

Sehingga, meski kita sudah mengengkol mesin dengan susah payah, mesin juga tak kunjung hidup karena bensin tidak tersalurkan ke ruang bakar.

Solusinya, anda perlu membuka sekrup pada mangkuk karburator. Ini akan membuang seluruh bensin didalam karburator dan memicu aliran bensin dari tanki untuk turun ke karbu. Sehingga bensin tidak lagi mampet.

3. Tekanan bensin drop (injeksi)

Bagi anda yang memiliki motor yang sudah menggunakan sistem bahan bakar injeksi bukan berarti motor anda tanpa masalah.

Sistem injeksi itu memanfaatkan bensin bertekanan agar bensin bisa memancar dari dalam injector. Tanpa tekanan, atau kalau tekanan bensin lemah maka bensin tidak akan keluar dari injector alias motor mogok.

Saat motor kita gunakan setiap hari, tekanan bensin memang bisa stabil meski mesin dalam keadaan mati. namun kalau motor kita tinggal dalam waktu yang lama tekanan bensin didalam saluran bensin bisa drop.

Sehingga efeknya sama seperti mesin diesel yang masuk angin. Saat kita menghidupkan motor, mesin tidak mau hidup. Solusinya, kita perlu melalukan pompaan bensin dulu. Caranya dengan membolak-balikan kunci kontak ke posisi ON-OFF.

Saat kunci diputar ke posisi ON maka akan terdengar bunyi dengungan disertai menyalanya lampu indicator. Itu tandanya pompa bensin menyala, saat lampu indicator mati putar kembali kunci ke OFF lalu ulangi langkah itu beberapa kali. Baru anda boleh starter mesin.

Selengkapnya : Cara mudah menghidupkan motor injeksi yang mogok

Demikian artikel singkat mengenai penyebab motor susah hidup setelah mati dalam waktu lama. Semoga bisa menambah wawasan kita.