Ban Depan Mobil Miring, Ternyata Normal Bro,, Ini Penyebabnya

Advertisement
Saat kita menengok mobil dari sisi depan, tak jarang kita menemui kondisi ban depan yang tidak vertikal alias miring. Kita yang masih awam pun bingung, mengapa ban mobil bisa miring seperti itu dan apa efek serta penyebab ban mobil bisa demikian ?

Untuk membahas masalah ini, anda bisa simak bahasan dibawah ini.

Penyebab Ban Mobil Miring


Ternyata, ban mobil yang miring dilihat dari depan itu namanya camber. Camber sendiri merupakan sudut kemiringan roda yang dilihat dari bagian depan mobil. Dan sudut camber ini juga memiliki efek positif terhadap handling mobil.

Dilansir dari laman wikipedia, efek positif dari sudut camber adalah meningkatkan grip roda ketika berbelok full. Namun, sudut camber yang berlebihan (posisi roda yang terlalu miring) juga menimbulkan efek negatif, seperti ban yang habis sebelah.

Oleh sebab itu, sudut camber biasanya sudah diset secara fixed dari pabrikan (tidak bisa diubah). Tapi, beda halnya dengan sistem suspensi machperson yang banyak diaplikasikan pada mobil penumpang (LCGC, MPV, Mid-SUV). Sudut camber bisa berubah tergantung jarak mobil ketanah. Ini terjadi karena suspensi machperson menggunakan sebuah lengan ayun yang akan mengayunkan roda secara melintang.


  • Saat mobil diangkat menggunakan dongrak/car lift (hingga ban mengambang) maka posisi ban akan miring dimana sisi atas roda lebih keluar dibandingkan sisi dalam. Ini kita sebut sebagai camber positif.
  • Sedangkan saat mobil diturunkan dan roda semakin bergerak keatas, biasanya kemiringan roda akan berbalik dimana sisi bawah roda lebih keluar dibandingkan sisi atas roda. Ini kita sebut sebagai camber negatif.


Seperti yang dikatakan diatas, dalam nilai yang kecil sudut camber negatif bisa berefek baik bagi handling mobil. Tapi, ada hal yang membuat sudut camber negatif ini semakin besar, sehingga kalau dilihat kemiringan roda semakin jelas.

Hal tersebut antara lain ;

1. Pegas coil yang mulai lemah

Suspensi depan mobil entah machperson atau double wishbone, umumnya menggunakan pegas coil. Sifat pegas ini lentur, artinya kalau ada resistansi yang dikenakan maka pegas harus bisa memendek dan harus bisa kembali ke dimensi awal saat resistansi hilang.

Namun yang terjadi pada pegas lemah, itu pegas tidak mampu kembali ke dimensi awal saat resistansi/beban suspensi dihilangkan. Dengan kata lain panjang pegas menjadi lebih pendek. Tentu efeknya mobil akan lebih ceper dan pada suspensi machperson, ini akan memperbesar sudut camber menjadi semakin negatif.

2. Karet bushing shock breaker rusak

Fungsi bushing ini adalah sebagai peredam antara sistem suspensi (yang menempel pada knuckle roda) dengan body mobil. Sehingga getaran tidak diteruskan ke kabin mobil. Tapi, bushing yang rusak akan membuat posisi shock breaker sedikit berubah.

Imbasnya, ada pada sudut camber yang berubah sehingga ban mobil pun akan terlihat miring.

3. Pemotongan pegas coil

Sama kasusnya seperti pada point 1, dimana pegas yang semakin pendek akan membuat mobil semakin ceper. Dan apabila mobil tersebut menggunakan suspensi machperson, tentu sudut camber akan semakin besar.

4. Beban mobil berlebih

Semakin banyak dan semakin berat beban yang ada didalam mobil, akan semakin menekan mobil ke arah bawah. Akibatnya, mobil akan semakin ceper dan roda depan mobil pasti akan terlihat lebih miring. Ini adalah kondisi normal apabila anda sedang membawa beban. Dengan  catatan, roda kemiringan roda kembali ke posisi awal saat beban mobil dikurangi.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, apabila anda melihat roda depan mobil miring saat mobil didongkrak itu adalah hal yang normal. Dalam kondisi mobil dibawah (tidak didongkrak dengan beban minim) maka kemiringan roda/camber akan sedikit, dengan kata lain ban akan sedikit miring. Ini juga hal yang normal.

Yang tidak normal, itu kalau ban terlihat miring secara berlebihan dengan kondisi mobil tanpa beban. Atau salah satu ban depan mobil posisinya lebih miring dari ban satunya, itu tandanya ada masalah pada sistem suspensi mobil anda. Segera bawa kebengkel untuk melakukan pengecekan.

Demikian artikel tentang penyebab ban depan mobil miring kedalam, semoga bisa menambah wawasan kita.