7 Ciri Gasket/Packing Kepala Silinder Mesin Bocor

Advertisement
Gasket atau packing kepala silinder berfungsi untuk merapatkan dua komponen utama mesin yakni blok silinder dan kepala silinder. Tujuan perapatan ini jelas untuk mencegah kebocoran kompresi, bocor oli, dan bocor air radiator.

Penempatan packing ini diberlakukan karena antara blok silinder dan kepala silinder sama-sama terbuat dari logam cor. Sifat logam yang keras dan kaku akan menimbulkan celah-celah mikro saat dua permukaan logam tersebut dilekatkan. Dalam hal ini, packing terbuat dari bahan yang lebih lunak untuk merapatkan celah mikro antara blok silinder dan kepala silinder.

Sehingga tekanan kompresi dari dalam ruang bakar tidak mampu bocor melalui sambungan ini. Namun, ada satu masalah klasik yakni kerusakan gasket kepala silinder. Tentu kerusakan pada gasket ini akan berimbas pada performa mesin lalu apa ciri-ciri gasket kepala silinder bocor ? simak ulasannya dibawah.

Ciri – Ciri Gasket Kepala Silinder Bocor

img : turbobuicks.com

Secara umum kerusakan gasket tidak dapat dideteksi kalau tidak dilihat secara langsung ke komponennya. Namun dilansir dari extremehowto.com ada 6 gejala yang dirasakan packing kepala silinder mulai rusak. Antara lain ;

1. Ada kebocoran air radiator dibawah manifold

Seperti yang dijelaskan diatas, salah satu fungsi gasket kepala silinder adalah untuk merapatkan jalur water jacket dari dalam blok silinder ke kepala silinder. Sehingga kalau ada kerusakan pada packing maka air dari dalam water jacket mampu merembes keluar.

Rembesan ini akan terlihat dibawah intake dan exhaust manifold. Kebocoran air radiator dibawah manifold ini bisa terjadi kalau gasket masih mengalami kerusakan ringan.

2. Asap putih mengepul dari knalpot

Selain keluar merembes ke bagian bawah manifold, dalam kondisi yang lebih parah air pendingin bisa keluar ke dalam ruang bakar. Ingat, air pendingin juga memiliki tekanan sehingga saat mesin menyala tekanan air pendingin mampu mendorong air keluar ke berbagai arah termasuk kedalam ruang bakar.

Disamping itu, ada oli yang juga ikut bocor karena fungsi gasket ini juga sebagai perapat jalur oli dari blok silinder ke kepala silinder. Sehingga kalau ada oli dan air radiator masuk ke ruang bakar serta ikut terbakar maka akan menimbulkan kepulan asap putih. Kalau mobil anda sudah mengeluarkan asap putih atau kebiruan maka waspada segera cek mesin kendaraan anda.

3. Mesin sering overheating

Overheating adalah kondisi dimana suhu mesin melebihi suhu kerjanya dalam waktu yang tidak singkat. Ini bisa terjadi karena volume air radiator kurang. Penyebab air radiator kurang bisa karena air ini bocor melalui gasket yang rusak.

Sehingga jelas, overheating tidak hanya terjadi saat radiator mobil bocor tapi saat packing kepala silinder bocor juga bisa terjadi overheating.

4. Ada gelembung udara didalam tanki radiator

Gelembung udara tercipta karena ada udara yang masuk kedalam sebuah saluran fluida yang tertutup. Dalam hal ini, saluran sistem pendingin didalam mesin harusnya tertutup namun kalau ada gelembung itu artinya ada sisi yang terbuka pada saluran air pendingin. Salah satunya bisa terjadi pada gasket head cylinder yang melengkung/bocor.

5. Oli mesin agak kental dan warnanya agak cokelat

Ciri-ciri lain, air radiator ini juga bisa bocor dan masuk ke dalam saluran oli didalam blok silinder. Sehingga ada percampuran antara oli mesin dan air radiator meski dalam takaran yang sedikit. Semakin banyak air yang bercampur, maka akan mengubah wujud oli menjadi lebih kental dengan warna coklat keputihan (tidak coklat kehitaman).

6. Air radiator sering habis tanpa dideteksi kebocoran secara kasap mata

Kalau ada kebocoran sistem pendingin, pasti meninggalkan bekas berupa tetesan air dibawah mesin (dilantai). Namun kalau anda mendeteksi air pendingin sering kurang namun tidak ada tetesan air dibawah mesin maka bisa menjadi indikasi kebocoran gasket kepala silinder, karena air tersebut bocor kedalam ruang bakar dan ikut terbakar sehingga tidak meninggalkan bekas tetesan.

Kalau ada salah satu gejala diatas yang muncul pada mobil anda, segera lakukan pengecekan kondisi oli mesin, rembesan dibawah manifold, dan volume air pendingin. Kalau semuanya tidak normal segera bawa mobil ke bengkel untuk dilakukan perbaikan.

7. (tambahan) Power mesin akan berkurang drastis

Sebagai tambahan, biasanya power mesin juga akan menurun. Memang gejala terakhir ini jarang terlihat namun kalau kondinya sudah sangat parah biasanya akan berimbas pada power yang turun. Penurunan power ini disebabkan karena tekanan kompresi bocor dari gasket yang rusak. Sehingga hasil pembakaran juga tidak akan maksimal.

Lalu bagaimana solusinya ?

Yang paling mungkin adalah dengan mengganti gasket dengan yang baru, tapi kalau kondisinya masih belum terlalu parah anda bisa mengoleskan sealant khusus head cylinder gasket. Sealant ini memang berbeda dengan sealant biasa jadi jangan gunakan sealant yang biasa.

Untuk lebih detail, segera bawa mobil anda ke bengkel terdekat untuk mencari solusi yang tepat.

Itu saja artikel singkat tentang ciri ciri packing kepala silinder yang bocor/rusak. Semoga bisa menambah wawasan kita semua.