3 Cara Simple Membersihkan Bau Pada Helm (Simple Namun Ampuh)

Advertisement
Helm bukan hanya dipakai untuk sekedar alat pelindung kepala saat berkendara, tapi helm juga dijadikan style berkendara tersendiri bagi beberapa pengendara sepeda motor.

Namun apa jadinya kalau helm sudah keren, tapi bau apek ?

Tentu meski dipandang masih enak tapi kita kurang nyaman dalam menggunakannya. Apalagi kalau kaca helm tumbuh jamur, pasti bisa menghalangi pandangan kita bukan ?

Oleh sebab itu, pada kesempatan ini kita akan bahas cara-cara sederhana yang terbukti ampuh untuk membersihkan bau pada helm baik helm full face atau helm biasa.

Cara Membersihkan Helm Dari Bau Tidak Sedap

img : blog.touratech-usa.com

Pertama anda perlu memahami bahwa bau yang muncul pada helm itu disebabkan karena keringat dari kulit kepala kita saat berkendara. Bahan dalaman helm yang mampu menyerap air, menjadi faktor mengapa keringat bisa terserap kemudian memunculkan bau tidak sedap.

Untuk menghilangkan bau tidak sedap itu, ada tiga cara yang bisa anda gunakan.

1. Semprotkan pewangi dengan kadar alkohol rendah

Cara pertama dipakai apabila bau yang muncul pada hel masih dalam kategori bau ringan/tidak terlalu menyengat. Anda bisa semprotkan pewangi seperti parfum dengan kadar alkohol rendah ke bagian dalam helm.

Mengapa harus dengan kadar alkohol rendah ?

Karena kulit kepala serta rambut kita akan menyentuh langsung bagian ini, sehingga pastikan tidak ada alkohol yang berlebih untuk mencegah dampak lainnya. Tetapi, kalau kategori bau sudah ke level menyengat anda bisa gunakan parfum berkadar alkohol tinggi. Hanya saja setelah itu anda wajib mencuci helm agar bakteri dan sisa alkohol luntur dari helm.

2. Cuci dengan air sabun

Apabila kategori bau sudah sangat menyegat, anda harus mencuci helm anda. Karena kalau hanya menyemprotkan parfum saja, justru akan membuat bau semakin menjadi-jadi karena bau wanginya hanya bertahan diawal.

Untuk mencuci helm, jangan samakan seperti mencuci pakaian.

  • Pertama anda harus melepas semua bagian spoon dari dalam helm
  • Lepas pula bagian visor/kaca helm apabila memungkinkan
  • Cuci spoon helm (yang dilepas) menggunakan air sabun
  • Setelah spoon helm dicuci, jemur namun tidak dibawah terik matahari secara langsung. Karena dikhawatirkan dapat merusak serat spoon helm
  • Untuk kacanya, anda bisa gunakan pembersih piring, pembersih lantai, atau pembersih kaca untuk menghilangkan noda serta jamur yang menempel
  • Untuk bagian batok helm, terserah anda. Kalau kondisinya kusam, bisa dicuci menggunakan air sabun lalu keringkan
  • Agar lebih kinclong, anda bisa gunakan wax untuk memoles bagian batok helm


3. Bawa ke jasa cuci helm

Cara terakhir yang sangat ampuh menghilangkan bau tidak sedap pada helm, yakni dengan membawanya ke jasa pencucian helm.

Dengan cara ini, bisa dipastikan anda tidak perlu repot melakukan ini itu. Melainkan hanya duduk manis sambil menunggu helm anda dibersihkan. Untuk biaya, sangat beragam umumnya ada dikisaran 12 sampai 25 ribu tergantung jenis helm.

Namun, kelemahan jasa cuci helm ini antara lain perlu waktu lama karena harus menunggu proses pengeringan. Kalau pengeringan tidak maksimal, justru itu akan menimbulkan bau apek.

Cara Membersihkan Kaca Helm Yang Kusam/Tergores


img : revzilla.com

Selain bau pada dalaman helm, kadang masalah pada helm ada pada kaca yang kusam bahkan tergores. Kaca kusam, umumnya disebabkan karena faktor cuaca (helm sering diletakan dibawah sinar matahari). Untuk membersihkannya, caranya kurang lebih seperti berikut ;

  1. Lepas kaca helm dari helm
  2. Cuci helm dengan air sabun lalu keringkan
  3. Selanjutnya, apabila ada goresan anda bisa amplas bagian tersebut dengan amplas paling halus. Amplas secara perlahan
  4. Poles bagian helm yang kusam dengan wax, atau white compound, atau beberapa orang menggunakan pasta gigi
  5. Lap kaca helm menggunakan kain katun hingga permukaannya bersih dari jamur
  6. Pasang kembali kaca pada helm


Tips Menjaga Helm Agar Tidak Bau

Agar gaya tetap nyaman digunakan, anda perlu merawat helm anda agar tidak cepat bau. Cara sederhana untuk merawat helm agar tidak bau antara lain ;

  1. Selalu simpan helm ditempat kering yang tidak terkena sinar matahari
  2. Saat memakai helm, pastikan kondisi rambut anda sudah kering
  3. Bila perlu gunakan balaclava/penutup kepala agar keringat atau minyak rambut tidak menempel ke bagian dalam helm. Ini dilakukan apabila anda akan berkendara jarak jauh di siang hari.
  4. Setelah memakai helm, pastikan kaca helm terbuka


Demikian artikel singkat tentang cara membersihkan bau pada helm. Semoga bisa menambah wawasan kita semua.