4 Cara Menghilangkan Embun Pada Reflektor Lampu Mobil (MUDAH)

Advertisement
Embun atau elemen air dapat menghalangi pancaran cahaya, sehingga apabila ada sumber cahaya yang berembun pasti akan menurunkan intensitas cahaya tersebut. Sementara itu, headlight atau lampu depan mobil menjadi kebutuhan yang cukup vital khususnya dimalam hari.

Lantas, apa penyebab lampu mobil berembun ? dari mana asal embun tersebut ? dan bagaimana cara menghilangkannya ? mari kita bahas bersama

Penyebab Lampu Mobil Kemasukan Air

harga lem kaca lampu mobil

Air atau embun bisa masuk kedalam lampu depan mobil itu terjadi karena proses kondensasi yang berlangsung secara alami. Sama seperti embun dipagi hari, embun dipagi hari dapat terbentuk karena terdapat perbedaan suhu.

Didalam headlamp pun demikian, suhu didalam headlamp lebih panas dibandingkan suhu luar. Sehingga, uap air akan mengembun pada dinding lampu yang memiliki suhu lebih rendah.

Tapi pertanyaanya, bagaimana bisa uap air masuk kedalam lampu kepala ?

Ada beberapa hal yang membuat uap air bisa masuk kedalam lampu kepala antara lain ;

1. Saat proses penggantian bolam lampu

Saat kita melepas bolam lampu depan, maka lubang bolam lampu akan terbuka. Hal ini bisa menjadi pintu masuk bagi udara lembab kedalam lampu. Sehingga, ketika kita melintasi area dengan suhu dingin (misal didaerah pegunungan) maka udara lembab didalam lampu akan mengembun.

2. Karena seal/karet bolam pecah

Bolam lampu depan, pasti memiliki karet seal yang berfungsi merapatkan celah antara bolam lampu dan rumah lampu. Fungsi utama dari karet seal ini, adalah agar udara serta air dari luar tidak masuk kedalam lampu.

Namun, terkadang kita kurang hati-hati saat melepas bolam lampu sehingga karet seal ini pun pecah/sobek. Kalau karet seal pecah, maka udara lembab bisa dengan mudah masuk ke lampu atau bahkan air hujan juga bisa dengan mudahnya masuk.

3. Karena seal mika lampu bocor

Selain pada bolam, karet seal juga terdapat pada sambungan antara reflektor lampu dengan kaca lampu. Karet ini bersifat permanen, artinya tidak bisa dibuka tutup seperti karet seal pada lampu. Namun, kalau seal ini bocor, jelas air hujan atau air cucian mobil bisa masuk kedalam lampu.

Sehingga lampu mobil berair dan perlu penanganan khusus untuk menghilangkannya.

Bagaimana Cara Mengatasi Lampu Mobil Yang Berembun ?


Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan air/embun dari dalam lampu mobil. Mari kita bahas satu persatu ;

1. Menggunakan panas lampu

cara pertama, anda bisa manfaatkan panas yang dihasilkan dari lampu untuk menguapkan air didalam kaca mobil. Caranya,

  • pertama lepas dulu bolam lampu sein dari lampu ini berfungsi sebagai lubang keluar air dari dalam lampu.
  • Selanjutnya, nyalakan mesin dan nyalakan lampu utama.
  • Tunggu beberapa menit hingga embun menghilang.


Kelemahan dari cara pertama ini mungkin membutuhkan waktu yang lama. Sehingga gunakan cara ini apabila kondisi embun pada lampu masih sedikit.

2. Menggunakan udara bertekanan

Cara lain, anda bisa menggunakan udara bertekanan. Caranya dengan menyemprotkan udara bertekanan kedalam lampu melalui lubang bolam lampu utama. Tetapi, ingat untuk melepas semua bolam lampu saat akan menggunakan cara ini.

Cara ini terbilang aman apabila tekanan udara yang disemprotkan masih rendah, namun kalau tekanan udara berlebihan justru bisa merusak kaca lampu. Sehingga kalau akan menggunakan cara kedua ini anda harus lebih berhati-hati.

3. Melepas kaca lampu

Cara ketiga, bisa anda lakukan dengan melepas mika lampu. Namun, ini adalah yang tersulit dibandingkan dua cara diatas. Karena, anda harus bisa memisahkan antara kaca lampu dengan reflektor.

Pemisahan kedua komponen ini, biasa dilakukan pada aktifitas retrofit lampu (penggantian lampu kepala). Umumnya, mereka menggunakan hair dryer untuk memanaskan bagian seal kaca dan setelah dipanaskan maka kedua komponen ini bisa dipisahkan dengan mudah.

Setelah kaca berhasil lepas, anda bisa mengelapnya menggunakan kain lap.

Cara ketiga ini, anda gunakan apabila ada keretakan pada sambungan antar kaca lampu dengan mika lampu. Saat akan menyambungkannya kembali jangan lupa beri sealant agar tidak kembali bocor.

4. Menggunakan kain dan kayu

Cara lain, bisa anda gunakan sebuah kain dibantu dengan tongkat/kayu tumpul. Caranya, lepas semua bolam lampu kemudian letakan kain lap pada ujung kayu, kemudian arahkan ujung kayu tersebut kedalam lampu untuk mengelap semua bagian yang berembun.

Cara terakhir ini terbilang aman dan mudah, sehingga anda bisa melakukan hal ini dirumah apabila lampu mobil berair.

Tips Mencegah Air Tidak Masuk Kedalam Lampu


jual lem buat mika lampu

Untuk mencegah lampu yang berembun, pastikan anda sudah merpatkan semua bagian pada lampu.

  • Pertama cek seal bolam lampu, kalau ada yang pecah segera ganti yang baru.
  • Cek juga seal kaca lampu, kalau ada yang retak olesi dengan lem mika lampu (bisa anda dapatkan di toko bangunan dengan harga 80 ribuan) secara rata disepanjang sambungan kaca dengan mika.
  • Pastikan saat anda berada di area udara lembab (misal di pegunungan) anda jangan melepas bolam lampu.


Itulah tips singkat mengenai embun didalam lampu depan mobil, semoga bisa menambah wawasan kita semua.