Rantai Motor Anda Kaku ? Begini Cara Mengatasinya Tanpa Ke Bengkel

Advertisement
Bagi yang memiliki motor sport, atau bebek pernahkah anda mengalami rantai motor kaku ? ternyata rantai motor kaku ini disebabkan karena beberapa hal yang sepele.

Lalu bagaimana cara mengatasinya ? apakah kita bisa mengembalikan kondisi rantai seperti semula ? diartikel ini kita akan mengulas semua hal tentang rantai motor. Simak baik-baik,

Karat menjadi penyebab utama rantai kaku


Dari berbagai pengalaman yang ada, faktor utama yang menyebabkan rantai motor keras adalah karena ada karat pada mata rantai. Karat merupakan hasil dari proses oksidasi logam, karat ini akan melekat dengan kuat pada logam. Sehingga apabila ada dua mata rantai terkena karat dua mata rantai tersebut seperti terkena lem alias akan kaku.

Dan ternyata, kebiasaan sepele kita bisa mengundang karat hinggap pada rantai. Seperti ;

1. Sering membiarkan motor terkena hujan

Air hujan, itu mengandung zat polutan yang umumnya bersifat asam. Dan air asam ini sangat baik dalam proses pengaratan logam, artinya kalau rantai motor anda sering terkena hujan maka karat pun berpotensi hadir pada rantai motor anda.

2. Tidak pernah membersihkan debu/lumpur pada karat

Beberapa kondisi khususnya dimusim hujan, motor akan cepat sekali kotor tak terkecuali dibagian rantai. Kalau rantai motor kita kotor terlumuri lumpur, dan tidak kita bersihkan. Maka dalam beberapa minggu rantai akan berkarat.

3. Karena oli bekas

Penggunaan pelumas untuk melumasi rantai memang baik, tapi jangan gunakan oli bekas. Karena oli ini mengandung kerak sisa mesin yang bisa juga menimbulkan masalah lain seperti bunyi dan getaran. Selain itu, rantai yang beroli akan membuat debu menempel. Sehingga debu ini bisa membuat rantai motor kaku.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Rantai Motor Yang Kaku


Ada tiga cara yang bisa anda lakukan untuk membersihkan karat pada rantai motor, antara lain ;

1. Gunakan air sabun

Apabila kondisi rantai motor kering namun ada banyak debu atau kotoran, anda bisa membersihkannya dengan air sabun. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan air sabun lalu mengusapnya dengan bantuan spoon ke seluruh permukaan rantai.

Setelah selesain dan kering, semprotkan chain lube sebagai pelumas rantai motor.

Cara ini akan menghilangkan semua kotoran dari permukaan rantai, namun kalau ada karat maka anda harus lanjut ke cara berikutnya.

2. Gunakan chain lube/cairan khusus rantai


img : motos.ws

Cairan chain lube berfungsi seperti carbon cleaner yang akan membersihkan semua kerak pada permukaan logam. Anda bisa menggunakan cairan ini untuk menghilangkan karat pada rantai, juga bisa digunakan sebagai anti karat rantai.

Caranya, semprotkan chain lube ke permukaan rantai. Kalau ada kerak yang membandel, anda harus menyikatnya dengan sikat gigi bekas. Namun, cara ini kurang efektif kalau karat yang dihadapi tebal. Solusinya, anda bisa gunakan cara ketiga.

3. Gunakan bensin untuk merontokan karat

Untuk beberapa rantai yang memiliki karat cukup tebal dan luas, anda perlu menggunakan bantuan bensin untuk menghilangkannya.

Caranya,

  • Lepas rantai motor, anda bisa melepas rantai dengan mencongkel O ring yang ada pada salah satu mata rantai. Setelah O ring terlepas, rantai akan putus dan anda bisa menariknya keluar
  • Siapkan bensin atau solar dalam mangkuk atau baskom untuk merendam rantai motor
  • Rendam rantai motor kedalam bensin sekitar 20 sampai 30 menit. Perendaman ini berfungsi untuk melunakan karat yang menempel pada rantai
  • Sambil menunggu proses perendaman, anda bisa membersihkan gear rantai apabila berdebu atau berkarat menggunakan sikat dan bensin/solar
  • Lanjut untuk menyikat karat pada permukaan rantai hingga semua karat rontok
  • Rendam lagi rantai pada bensin untuk memastikan tidak ada karat yang tersisa
  • Setelah selesai tunggu hingga rantai kering baru pasang kembali rantai ke motor
  • Setelah selesai, jangan lupa semprotkan cairan chain lube untuk melumasi rantai. Kalau tidak ada, anda bisa pakai oli tetapi harus oli baru, bisa sisa oli saat mengisi oli motor.


Perhatikan juga, cara perendaman diatas tidak cocok untuk komponen berbahan karet. Artinya kalau O ring terbuat dari karet/plastik anda jangan rendam rantai ke bensin karena bisa melar. Solusinya anda harus menggosokan bensin menggunakan sikat bekas ke permukaan rantai tanpa mengenai O ring karet.


Tips Agar Rantai Motor Awet Tanpa Berisik


  • Jaga kebersihan rantai, pastikan tidak ada tumpukan debu pada rantai
  • Selalu lumasi rantai dengan chain lube minimal 3 bulan sekali
  • Kalau pakai oli sebagai pelumas, gunakan oli baru karena oli baru memiliki zat anti karat yang masih berfungsi dengan baik. Jangan pula berlebihan saat memberi oli pada rantai karena bisa mengundang debu untuk menempel
  • Setel ketegangan rantai dengan jarak bebas sekitar 3 cm
  • Selalu parkirkan motor diarea yang teduh


Demikian artikel tentang rantai motor keriting, semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.