7 Tanda Ban Mobil Harus Ganti

Advertisement
Sama seperti komponen mobil lain, ban juga komponen yang memiliki masa pakai. Umur ban mobil pun tidak bisa kita predikis, ada ban mobil yang mampu bertahan hingga 3 tahun dan ada pula yang hanya bertahan 1 tahun.

Sehingga untuk mengetahui apakah ban mobil masih bagus atau tidak, kita harus mengeceknya secara langsung.

Tapi tak banyak yang tahu, apa ciri ciri ban mobil yang harus segera diganti. Oleh sebab itu, diartikel ini akan kita bahas bagaimana cara mengecek apakah ban mobil masih bagus, atau perlu diganti.

9 Tanda Ban Mobil Perlu Diganti

img : gshservice.com

1. Ketebalan tread melewati TWI

Yang pertama, permukaan tread ban mulai tipis. Untuk mengeceknya, cukup mudah. Anda hanya tinggal melihat kedalaman alur yang ada dipermukaan ban. Biasanya di tengah alur tersebut terdapat karet TWI (tread wear indicator).

TWI ini dijadikan patokan apakah tread ban tipis atau tidak, kalau kedalaman alur ban rata dengan TWI maka artinya tread ban tipis dan ban perlu diganti.

2. Ada benjolan pada ban

img ; pakwheels.com

Benjolan bisa disebabkan karena lapisan sabuk ban (lapisan dalam ban) mengalami deformasi. Penyebabnya bisa karena panas, atau sering dipakai pada jalan yang tidak rata.

Resiko ban benjol ini, ban rentan bocor dan rentan meledak. Selain itu, handling mobil juga akan terganggu. Sehingga apabila anda melihat benjolan pada ban mobil anda, sebaiknya anda ganti ban mobil tersebut.

3. Ban botak dibagian tengah

Selanjutnya, ban botak hanya dibagian tengah. Terkadang, ada kondisi dimana kedalaman alur ban masih tebal namun dibagian tengah, ban sudah gundul. Ini juga menjadi salah satu tanda ban yang harus ganti.

Pasalnya, ban gundul dibagian tengah akan mengurangi ketahanan ban dibagian permukaan tengah. Sehingga apabila melewati jalan tidak rata atau melewati kerikil sangat rentan bocor. Solusinya, anda perlu ganti ban dengan yang baru.

4. Ban botak dibagian samping

Selain dibagian tengah, ada pula kondisi dimana ban botak hanya dibagian samping entah bagian dalam atau bagian luar ban. Ini disebabkan biasanya karena faktor suspensi yang bermasalah, bisa karena bushing suspensi yang mulai rusak atau karena pegas suspensi yang mulai lemah.

Apabila anda menemui kondisi ini, lakukan pengecekan sistem suspensi dan ganti ban. Tetapi apabila hanya satu atau dua ban yang mengalami botak samping ini, anda bisa rotasi ban sesuai arah rotasinya.

5. Ban belum pernah ganti selama 3 tahun

Seperti yang dijelaskan diawal, umur ban tidak mesti. Ada yang sanggup digunakan hingga 3 tahun ada juga yang tidak sampai. Apabila ban mobil anda sudah berumur tiga tahun namun pemakaian mobil sangat jarang mungkin tidak masalah.

Tetapi apabila sampai 3 tahun ban belum diganti dengan intensitas pemakaian mobi sering, maka ban harus segera diganti.

6. Permukaan ban retak


Ban yang retak bisa disebabkan karena faktor umur, maupun faktor cuaca yang ekstrem. Mobil yang sering melintasi jalan berkerikil juga rentan mengalami retak, apabila permukaan atas maupun samping ban sudah retak segera ganti ban tersebut.

Memang, ban yang retak masih bisa dipakai tapi ketahanan ban akan berkurang serta handling mobil juga akan terganggu. Kecuali permukaan yang retak hanya sedikit, mungkin masih bisa ditoleransi.

7. Permukaan ban bergelombang

Mungkin anda pernah menemui permukaan atas ban bergelombang, ini bisa disebabkan oleh banyak hal salah satunya karena faktor wheel aligment yang kurang seimbang. Sehingga ketika anda menemui salah satu ban mobil bergelombang, segera lakukan spooring balancing.

Sementara ban yang bergelombang tersebut, jelas harus diganti karena bisa menurunkan daya tahan ban serta mengurangi handling.

8. Permukaan ban berserabut

Sama halnya dengan ban yang bergelombang, ban berserabut juga bisa disebabkan karena faktor wheel alignment yang tidak seimbang. Sehingga kalau anda menemui kondisi seperti ini, lakukan saja spooring balancing. Tapi untuk ban yang berserabut bisa tetap dipakai apabila kedalaman alur tread masih diatas minimal.

Atau solusi lain, anda bisa lakukan rotasi ban agar keausan ban bisa lebih merata. Namun, kalau tidak memugkinkan (kondisi ban sudah tipis) maka ganti saja.

9. Ban sudah sering bocor dan sering ditambal

Untuk ban yang sering bocor, maka jumlah tambalan pada ban tersebut juga menjadi lebih banyak. Sementara itu, ban tambalan kurang baik dalam ketahanan artinya semakin banyak jumlah tambalan maka resiko ban bocor atau bahkan meledak juga lebih besar.

Solusinya, anda perlu mengganti ban tersebut dengan yang baru apalagi kalau anda akan menempuh perjalanan jauh.

Tips Mengganti Mobil Agar Berkendara Tetap Nyaman


Biasanya saat kita mengganti ban baru, kita bingung karena dihadapkan pada banyak sekali pilihan. Anda juga harus mengetahui jenis-jenis ban karena tiap ban memiliki spesialisasi tersendiri.


  • Pilih ban dengan merk dan spesifikasi sama seperti ban sebelumnya
  • Ganti empat ban sekaligus, ini akan menjaga handling tetap baik
  • kalau ada ban yang masih bagus, anda bisa ganti hanya bagian depan atau belakang saja


demikian artikel tentang tanda ban mobil harus diganti, semoga bisa menambah wawasan kita semua.