7 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Didalam Mobil

Advertisement
Bicara mengenai bau, pasti semua orang ingin mencium bau yang wangi. Termasuk didalam mobil, kabin mobil yang didesain secara tertutup kalau terdapat sumber bau sedikit saja bisa menimbulkan bau yang sangat tidak sedap.

Oleh karena itu, penting bagi pemilik mobil untuk memperhatikan kebersihan didalam mobil. Namun terkadang yang semakin membuat kita bingung, ada bau yang tidak sedap atau bahkan bau busuk yang tercium didalam mobil tapi kita sudah merasa menjaga kebersihan mobil.

Ternyata, penyebab bau didalam mobil itu tidak hanya dari kebiasaan pemilik mobil. Artinya meski anda sudah menjaga kabin sebersih mungkin, tidak menjamin kalau bau didalam mobil anda selalu wangi.

Beberapa hal yang menyebabkan bau didalam mobil antara lain ;

1. Asap rokok

Bagi sebagian orang, asap rokok akan terasa nikmat. Tetapi, kalau ada orang merokok didalam mobil maka akan ada potensi asap rokok yang melekat ke door trim, karpet jok, atau bahkan langit kabin. Asap rokok yang melekat pada bahan-bahan ini yang dapat menimbulkan bau tidak sedap.

Jadi, meski sekarang tidak ada yang merokok didalam mobil coba pikirkan sebelumnya apakah ada orang yang sering merokok didalam mobil anda.

2. Atap kabin/jok yang basah

Pernahkan anda mencium bau baju yang tidak kering namun langsung disimpan dilemari, baunya pasti tidak sedap. Itu karena kandungan air yang terjebak pada kain dalam waktu yang lama dapat memunculkan bau dan jamur pada permukaan kain. Selain air, keringat yang menempel ke jok juga termasuk.

Tentu hal ini akan memunculkan bau yang tidak sedap. Dan kadang, bau seperti inilah yang sulit dideteksi. Karena mungkin kita merasa tidak pernah membasahi bagian interior mobil, dan mungkin saja itu merupakan tindakan ketidak sengajaan orang lain.

Intinya, kalau bagian kabin basah terus tidak dikeringkan maka akan meninggalkan bau yang tidak sedap.

3. Pembusukan sampah organik

Tak sedikit mobil yang dilengkapi tempat sampah mini, dan tak jarang pula tempat sampah ini diisi dengan sampah-sampah organik. Mungkin anda sudah tahu, kalau sampah organik mengalami pembusukan yang sangat cepat. Jadi wajar kalau dalam beberapa jam, kabin mobil bisa tercium bau busuk karena ada yang membuang kulit buah misalnya.

4. Ada tikus yang terjebak dan mati

Penyebab yang keempat juga berasal di luar kendali kita. Pasalnya, tikus memang sering masuk ke sela-sela mobil. Jadi kalau tikus kebetulan masuk ke sela-sela yang ada pada kabin kemudian terjebak dan mati, maka dalam beberapa hari anda akan mencium bau busuk yang sangat menyengat.

5. Filter AC yang sudah sangat kotor

Filter AC awalnya berfungsi sebagai penyaring udara yang dihembuskan sistem AC. Tetapi, kadang karena lupa atau bahkan tidak dibersihkan filter AC ini akan sangat kotor dan apek. Sehingga bau apek ini bisa menyebar lewat udara yang dihembuskan sistem AC.

6. Faktor dari luar kabin

Faktor dari luar kabin bisa termasuk bau kopling (saat menanjak khususnya), bau oli yang terbakar, atau bau wax apabila mobil anda baru saja dipoles. Intinya, kalau ada bau aneh yang tidak biasa dan tercium samar-samar, mungkin saja itu berasal dari luar kabin.

Lalu Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Didalam Kabin ?


Ada beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bau didalam kabin, antara lain ;

1. Bersihkan semua isi kabin mobil anda

Semua isi didalam mobil yang bisa dikeluarkan, maka keluarkan semuanya. Dari tempat sampah mini, karpet, hingga barang-barang yang ada dibagasi juga keluarkan semua. Lalu, cek semua barang yang dikeluarkan tadi apakah sumber bau berasal dari salah satu barang atau tidak.

Kalau ada indikasi sumber bau, maka segera cuci. Untuk karpet mobil, anda bisa mencucinya menggunakan air sabun dan busa. Lalu jemur karpet ini.

Setelah semua isi kabin keluar periksa sela-sela kabin untuk menemukan apakah ada sampah atau bangkai hewan yang terselip. Karena seperti yang dikatakan diatas, sumber bau ini bisa berasal dari sela-sela kabin.

2. Buka filter AC dan bersihkan

Filter AC lokasinya ada didalam console atau laci sebelah kiri. Kalau anda melepas laci tersebut, maka anda akan melihat box yang didalamnya terdapat filter AC. Coba bersihkan filter AC menggunakan angin bertekanan rendah atau kalau tidak ada, anda bisa mengusap-usapnya dengan busa kering.

3. Kalau jok berbahan kulit, bisa dilepas dan dicuci

Terkadang, jok mobil dipenuhi keringat atau tumpahan air. Sehingga, sumber bau bisa berasal dari jok ini. Tapi apabila jok mobil anda dilengkapi sarung jok berbahan kulit atau apapun (kecuali beludru), anda bisa membersihkannya dengan mudah.

Bisa dengan menyikatnya menggunakan sikat halus, atau dengan mencucinya langsung dengan air sabun lalu keringkan.

4. Cek bagian lantai kabin, kalau ada kotoran bersihkan menggunakan air sabun

Sama halnya dengan jok, tapi untuk bagian langit dan jok anda cuku gosok bagian yang kotor menggunakan sikat gigi bekas yang dicelup ke air sabun. Tata caranya bisa anda cek pada artikel berikut Cara membersihkan jamur pada plafon mobil

Cara ini sederhana tapi mampu mengangkat jamur dan kotoran yang berpotensi menimbulkan bau tidak sedap.

5. Bersihkan bagian door trim dan langit mobil menggunakan air sabun

Untuk bagian doortrim juga sama caranya dengan langkah yang diatas, tapi untuk door trim yang berbahan keras (plastic) supaya lebih efektif bisa anda gunakan busa.

6. Jemur mobil dengan kondisi semua pintu terbuka

Kalau urusan kabin sudah dibersihkan, dan anda tidak lagi mencium bau tidak sedap jangan dulu untuk memasukan semua barang. Tetapi jemur dulu mobil diarea yang teduh selama sekitar 30 menit dengan kondisi semua pintu terbuka lebar. Tapi kalau kondisi kabin cukup basah, anda harus menjemurnya dibawah terik matahari.

7. Beri pengharum ruangan

Terakhir anda bisa tambahkan pengharum ruangan untuk menyegarkan aroma kabin.

Selain 7 cara diatas, ada satu cara lagi yang paling efektif yakni dengan membawa mobil ke salon mobil. Dikatakan efektif karena kita Cuma menunggu, dan mobil akan digarap oleh tangan profesional. Jadi bisa dipastikan bersih meski harus merogoh kocek cukup dalam.

Yang perlu diperhatikan, kalau bau tidak sedap masih kategori ringan mending anda saja yang membersihkan tanpa harus membawanya ke salon mobil. Tetapi kalau bau tidak sedap muncul setelah mobil kebanjiran, mending langsung menghubungi salon mobil.