3 Cara Mudah Bin Ajib Menghilangkan Bau Rokok Didalam Mobil

Advertisement
Kebiasaan merokok memang tidak bisa dilepaskan pada sebagian orang, mereka yang sudah ketergantungan dengan rokok bahkan tidak melihat tempat untuk melakukannya.

Contohnya didalam mobil, mobil memang sebuah benda pribadi yang kita sendiri bebas mau melakukan apapun.

Tapi merokok didalam mobil apalagi mobilnya menggunakan AC tentu menimbulkan efek berupa cat kabin yang menguning dan bau rokok yang sulit sekali dihilangkan dengan pengharum ruangan biasa.

Alasan bau rokok sulit dihilangkan, karena asap rokok ini melekat pada permukaan kabin baik pada plafon atau jok mobil khususnya yang berbahan bludru.

Lalu bagaimana cara menghilangkan bau rokok tersebut ?

Di artikel ini akan kita ulas 3 cara sederhana yang bisa anda lakuan untuk mengusir bau rokok yang membandel.

Cara Menghilangkan Bau Rokok Pada Mobil

img : quitsmokingresearch.com

Seperti yang dikatakan diatas, bau rokok sulit dihilangkan dengan pengharum ruangan karena sumber bau ini bukan pada udara didalam mobil melainkan melekat pada plafon atau jok mobil. Untuk menentralisisr bau, anda bisa menggunakan bahan lain untuk melawan bau rokok atau membersihkan seluruh bagian dalam mobil.

1. Menggunakan bahan dengan aroma kuat

Cara yang pertama yang mudah namun efektif melawan bau rokok adalah dengan meletakan bahan-bahan yang memiliki bau menyengat untuk melawan bau rokok tersebut. Jadi prinsipnya, bau dilawan bau yang lebih sedap namun kuat sehingga bau rokok bisa dinetralisir.

Ada beberapa bahan yang bisa anda gunakan, antara lain ;

  • Kulit jeruk, caranya anda sebar beberapa lembar kulit jeruk ke beberapa area didalam kabin (khususnya yang sulit terjangkau) dan biarkan hingga kulit jeruk mengering. Setelah mengering ambil semua sisa kulit jeruk dan bau didalam mobil bisa kembali netral.
  • Cuka, cuka juga sama seperti jeruk meski aromanya beda. Caranya sama, pertama siapkan beberapa wadah kecil lalu tuangkan sedikit cuka pada wadah tersebut dan letakan dibeberapa area kabin. Setelah beberapa jam, bau akan lebih netral. Bahan ini dipakai untuk orang yang kurang menyukai aroma kulit jeruk.
  • Baking soda, baking soda memang dikenal dapat menyerap bau sehingga anda bisa gunakan bahan ini. Caranya taburkan baking soda pada permukaan kabin (lantai, jok) setelah itu diamkan beberapa jam dan buka jendela sebagai ventilasi. Terakhir bersihkan dengan mesin vacuum.
  • Bubuk kopi, bubuk kopi memang punya aroma yang khas dan kuat. Anda bisa gunakan bubuk kopi ini untuk melawan bau rokok, caranya bungkus bubuk kopi dengan kain tipis, buat tiga sampai 5 bungkus. Lan sebarkan ke semua bagian kabin, tunggu seharian maka aroma rokok dan aroma tidak sedap lain akan netral.
  • Arang, arang ternyata juga mampu menyerap bau-bau tidak sedap tapi efeknya lebih lambat dibandingkan keempat bahan diatas. Caranya bungkus arang dengan kain tipis dan letakan pada beberapa sudut kabin, diamkan satu hingga dua hari maka bau berangsur akan hilang.


2. Mencuci bagian dalam kabin mobil

Selain menggunakan bahan dengan aroma kuat, ada cara lain untuk menghilangkan bau rokok yakni dengan mengelap permukaan dalam kabin mobil.

Cara ini juga mudah dilakukan dan dinilai sangat cepat untuk mengilangkan bau tidak sedap, pertama anda perlu menyiapkan larutan air sabun (bisa pembersih piring atau pembersih lantai) kalau bisa pakai sabun dengan aroma yang kuat.

Gosokan larutan sabun tersebut ke seluruh permukaan kabin yang menguning, misal pada door trim kalau anda melihat noda pada door trim maka gosokan larutan sabun ini hingga bersih begitu pula pada atap mobil.

Baca pula : cara mudah bersihkan plafon mobil dengan bahan seadanya

Tapi cara ini kurang efektif apabila interior mobil anda berbahan dasar bludru, cara pembersihan ini lebih efektif untuk interior mobil yang menggunakan bahan kulit atau plastik. Sementara untuk bahan bludru, anda bisa gunakan cara yang pertama.

3. Membawa mobil ke salon mobil

Cara yang terakhir merupakan cara yang paling efektif dan paling mudah, karena siapapun bisa melakukan hal ini.

Caranya dengan membawa mobil anda ke salon mobil, di tempat itu mobil anda akan dibersihkan bagian interornya secara full oleh tenaga-tenaga profesional. Jadi jangan ragukan kemampuan mereka, bukan hanya bau rokok tapi bau tidak sedap lain juga akan berganti dengan bau wangi.

Namun, cara ini menuntut kita untuk mengeluarkan biaya lebih.

Jadi mana cara yang terbaik ?

Menurut kami, cara nomor dua yang paling pas untuk membersihkan sekaligus menghilangkan bau rokok. Tapi kalau baunya sudah cukup menyengat, anda bisa gunakan cara yang ketiga. Untuk cara yang pertama, sifatnya berguna pada bau yang masih dalam kategori ringan.

Setelah cara-cara diatas dilakukan, jangan lupa juga membersihkan filter AC. Karena asap saat ada orang merokok dengan sirkulasi (blower) menyala, maka asap rokok tersebut bisa menempel pada filter AC. Sehingga anda juga perlu membersihkannya.

Dan yang terpenting, setelah bau rokok hilang usahakan untuk tidak merokok didalam mobil. Meskipun anda merokok didekat jendela, pasti ada sedikit asap yang masuk dan melekat pada interior mobil anda sehingga nanti akan menimbulkan bau tidak sedap.