Mobil Tidak Bisa Distarter, Cek 9 Penyebab Berikut

Advertisement
Saat mobil kita susah dihidupkan, kita cenderung menyimpulkan bahwa akinya yang bermasalah. Padahal untuk membuat mesin bekerja, itu tidak hanya membutuhkan aki. Ada berbagai komponen dan sistem yang mempengaruhi apakah mesin bisa hidup atau tidak.

Jadi, apabila anda menemui kondisi demikian misal saat akan menyalakan mobil tiba-tiba mesin tidak merespon, jangan dulu salahkan aki mobilnya. Karena bisa jadi biang keroknya ada dibagian lain.

Oleh sebab itu, Autoexpose hari ini akan mengulas komponen apa saja yang berpotensi menyebabkan mesin mobil tidak bisa distarter. Langsung saja tak usah panjang lebar, simak ulasannya dibawah.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter


Dari berbagai pengalaman, masalah mesin mobil yang sulit dihidupkan kita urutkan dalam list yang paling sering terjadi. Ini dia daftarnya ;

1. Aki tekor

Percaya atau tidak aki sebenarnya tidak dibutuhkan dalam kinerja mesin, kalau anda pernah melihat ada banyak motor-motor jadul yang tidak dilengkapi aki, mesinya bisa hidup dengan normal. Itu karena sistem kelistrikan mesin sudah disuplai oleh dinamo alternator, demikian pula pada mobil.

Tapi mengapa aki dibutuhkan ? karena mobil menggunakan elektrik starter dimana untuk menghidupkan mesin diperlukan motor listrik dengan sumber daya aki. Jadi kalau akinya tekor, sumber daya motor starter tidak ada sehingga motor starter tidak mau hidup dan mesin juga tidak bakal hidup.

Solusinya, ada dua. Pertama anda setrum aki mobil anda di bengkel setrum aki, yang kedua ganti dengan aki baru.

Tapi sebelum setrum aki apalagi mengganti aki baru, cek dulu tegangan akinya. Kalau masih normal 10 – 12 Volt maka masalahnya bukan pada aki.

Baca pula ; 5 Hal Sepele Yang Bisa Mempercepat Aki Soak

2. Dinamo starter rusak

Dinamo starter atau motor starter adalah sebuah motor listrik yang akan memicu putaran pada poros engkol mesin. Sehingga pembakaran mesin bisa terjadi secara berkesinambungan (engine running).

Cara kerja dinamo stater ini dengan mengubah energi listrik dari aki menjadi energi putar menggunakan gaya elektromagnetik. Seperti yang dijelaskan diatas, kalau akinya tekor maka motor starter juga tekor. Tapi kalau akinya normal namun dinamo starternya yang rusak, otomatis dinamo starter juga akan tekor sehingga mesin tidak mau distater.

Beberapa komponen yang sering rusak pada dinamo starter antara lain ;

  • Brush/sikat didalam rotor yang aus sehingga menimbulkan perpindahan energi listrik yang kurang maksimal.
  • Terminal dinamo starter terbakar, ini bisa disebabkan karena ada celah pada terminal ini sehingga menimbulkan efek terbakar yang menjadi resistansi/hambatan. Hambatan ini akan mengurangi tegangan listrik yang masuk ke motor starter sehingga motor starter tidak bisa bekerja maksimal.
  • Suhu dinamo starter terlalu panas, panas berlebih bisa menganggu gaya elektromagnetik didalam motor starter. Sehingga kalau anda sering menemui kondisi dimana mesin tidak bisa distart saat panas, bisa jadi ini masalahnya.


Untuk solusinya, anda perlu mengganti beberapa komponen yag rusak. Jadi jangan mengganti satu unit motor starter karena akan sangat mahal, tapi misal yang rusak Cuma brush maka ganti brushnya saja. Untuk pekerjaan ini, anda harus menyerahkannya ke tangan profesional.

3. Kunci mobil rusak

Khusus untuk mobil yang dilengkapi sistem immobilizer, bisa lebih aman karena kunci tidak lagi konvensional. Melainkan sudah menggunakan sistem penyamaan gelombang radio. Jadi kalau frekusensi antara kunci dengan receiver didalam mobil sama, maka mobil bisa distart. Tapi kalau beda meski kuncinya masuk, mobil tidak bisa dihidupkan.

Memang ini memberi kelebihan yang sangat baik, tapi ada satu kekurangan yakni saat secara tidak sengaja kunci terjatuh atau masuk ke genangan air.

Itu akan merusak perangkat pemancar gelombang didalam kunci, sehingga meski secara fisik kunci baik-baik saja tapi pas dimasukan ke kontak, mobil tidak bisa distarter.

Untuk masalah ini, anda perlu mengganti kunci mobil anda dengan yang baru. Nanti saat proses penggantian, ada juga proses reprogramming untuk menyamakan frekuensi gelombang kunci dengan receiver didalam mobil.

4. Fuse starter putus

Fuse atau sekering berfungsi sebagai pengaman komponen kelistrikan dari korsleting. Dalam hal ini, fuses starter akan melindungi motor starter dari korsleting.

Saat korsleting terdeteksi, arus besar dari aki akan langsung mengalir menuju motor starter. Tapi karena ada sekering, arus besar tersebut justru membuat sekering putus sehingga dinamo starter akan aman namun karena rangkaian kelistrikannya putus otomatis motor starter tidak mau hidup.

Solusinya mudah, anda cukup mengganti sekering starter dengan sekering baru dengan kapasitas yang sama. Tapi kalau dalam waktu berdekatan sekering kembali putus, itu tandanya ada korsleting pada jalur kelistrikan motor starter. Coba anda cek dulu untuk memastikan korlseting itu, karena kalau ada korsleting listrik, seratus kali anda ganti sekering pun akan putus juga.

5. Tekanan kompresi drop

Untuk penyebab kelima, tidak terjadi pada sektor kelistrikan mesin. Kami anggap anda sudah faham tentang tekanan kompresi, intinya tekanan kompresi ini akan mempengaruhi keberhasilan pembakaran didalam mesin dan mempengaruhi tenaga hasil pembakaran tersebut.

Secara sederhana, kalau tekanan kompresi rendah ditambah suhu mesin masih dingin maka mobil akan sulit dihidupkan. Sementara kalau tekanan kompresi rendah namun suhu mesin sudah panas, mesin mobil masih bisa dihidupkan.

Artinya kalau anda sering mengalami gejala mesin susah hidup dipagi hari/saat mesin dingin, berarti itu masalah tekanan kompresi.

Beberapa komponen yang dapat menyebabkan tekanan kompresi drop antara lain ;

  • Blok silinder aus
  • Ring piston aus
  • Packing kepala silinder aus
  • Klep mesin bengkok


Selain mesin sulit hidup dipagi hari, gejala lain yang muncul adalah tenaga mesin yang berkurang dan kadang ada asap berwarna putih dari knalpot. Solusinya, anda perlu membongkar mesin untuk mengganti komponen yang aus.

6. Masalah sistem bahan bakar

Mesin mobil dapat hidup karena ada bahan bakarnya, kalau didalam ruang bakar tidak ada bahan bakar atau karena bahan bakar tidak sampai, otomatis mesin tidak bakal bisa dihidupkan.

Masalah terkait sistem bahan bakar ini, meliputi ;

  • Bensin didalam tanki habis
  • Fuel pump rusak, sehingga bensin tidak bisa disalurkan ke injektor
  • Filter bahan bakar bocor, biasanya terjadi pada klem/fitting yang kurang klop. Sehingga tekanan bensin drop dan bensin tidak bisa keluar melalui injektor
  • Selang bahan bakar pecah, ini sama kasusnya seperti masalah filter bahan bakar bocor
  • Injektor tersumbat sehingga menghambat bahan bakar yang harusnya keluar.


Untuk solusinya bagaimana ? kalau ada komponen yang rusak ganti, misal seperti fuel pump dan selang bahan bakar. Kalau klem selang kurang kencang, maka kencangkan hingga benar-benar klop. Yang terakhir, lakukan pembersihan atau flushing sistem bahan bakar untuk membersihkan sumbatan-sumbatan pada komponen sistem bahan bakar injeksi.

7. Salah satu sensor EFI rusak

Untuk masalah sistem EFI, tidak kami jabarkan secara panjang lebar karena ini sifatnya non viewable. Artinya dibutuhkan alat khusus berupa scanner untuk melihat kerusakan sensor atau aktuator EFI yang bermasalah.

Tapi anda bisa melihat ciri-cirinya kalau ada salah satu sensor EFI yang rusak. Yakni pertama mesin tidak bisa dihidupkan atau kalau bisa hidup akan brebet, dan kedua lampu cek engine akan berkedip.

Kalau gejala itu sudah muncul, segera hubungi bengkel resmi.

8. Timming pengapian bergeser

Apa mungkin timming pengapian bisa bergeser ? tentu saja apalagi kalau gejala mesin tidak bisa distarter ini muncul seusai perakitan bagian depan mesin. Misalnya sehabis mengganti timming chain, otomatis harus menyetting timming pengapian secara akurat.

Kalau geser satu mata gigi saja, itu bisa membuat mesin tidak mau hidup. Tapi masalah ini hampir tidak terjadi pada mobil yang tidak mengalami pembongkaran, jadi ini untuk info pelengkap saja.

9. Tidak menginjak rem/kopling

Dan penyebab yang terakhir kami rasa cukup sepele, mengapa ? ada beberapa mobil terutama matic, yang mengharuskan kita menginjak rem untuk menghidupkan mesin. Dan beberapa mobil manual juga harus menginjak pedal kopling.

Entah karena anda pemula, atau sedang buru-buru hal sepele semacam ini bisa lupa. Sehingga seribu kali anda putar kunci ke posisi starter pun, mesin tidak akan menyala.

Jadi solusinya, pastikan gigi transmisi netral (untuk manual) atau posisi P (untuk matic), injak rem atau kopling, baru hidupkan mesin.