5 Penyebab AC Mobil Bau Plus Solusinya

Advertisement
AC menjadi salah satu aspek pada kendaraan yang cukup penting, karena selain bisa menurunkan suhu kabin sistem AC mobil juga bisa memastikan kondisi udara didalam kabin tetap segar. Tapi ada jadinya kalau AC mobil mengeluarkan bau menyengat.

Tentu itu sangat mengganggu indra penciuman kita sehingga berkendara akan menjadi tidak nyaman.

Lantas, apa saja hal-hal yang bisa menyebabkan AC mobil bau ? simak artikelnya dibawah.

Penyebab AC Mobil Bau


1. AC mobil bau asam karena jamur di evaporator

Evaporator AC itu selalu basah karena ketika AC dinyalakan maka embun akan selalu terbentuk pada permukaan evaporator. Kalau ada debu yang mengenai permukaan evaporator, otomatis debu tersebut akan melekat pada permukaan evaporator.

Namun kenyataannya, bukan Cuma debu. Asap rokok pun bisa masuk ke evaporator dan bercampur dengan segala partikel yang ada dipermukaan evaporator. Partikel-partikel ini karena bersifat basah, bisa membentuk sebuah jamur yang menghasilkan bau agak asam.

Masalah ini sering sekali dialami pada mobil yang tidak dilengkapi filter AC serta faktor perilaku pengemudi yang suka merokok saat AC dinyalakan.

Bagaimana solusinya ?

Anda perlu membersihkan evaporator, karena kalau anda Cuma menyemprotkan pengarum ruangan maka bau tersebut akan tersamar hanya dalam waktu singkat. Ketika pengharum ruangan habis, bau menyengat muncul lagi.

Untuk membersihkan evaporator memang agak sulit kalau kita bersihkan sendiri karena lokasi evaporator ini ada didalam dashboard. Selain itu, akan beresiko kalau kita sampai melepas evaporator padahal tidak ada masalah pada sirkulasi AC.

Sehingga cara lainnya adalah dengan menyemprotkan cairan pembersih evaporator malalui blower. Tentu ini lebih murah dan lebih mudah dilakukan. Anda cukup menyemprotkan cairan ini melalui lubang pada filter AC mobil anda sambil menghidupkan AC mobil.

Baca juga Cara simple membersihkan evaporator tanpa ke bengkel

2. AC mobil bau karena pemakaian parfum tinggi alcohol

Parfum dengan kadar alcohol yang tinggi memang lebih awet, namun dampak jangka panjangnya alcohol yang sedikit demi sedikit terkumpul di evaporator akan menyebabkan bau asam. Ini juga hampir sama sebenarnya dengan kasus yang pertama, dimana ada partikel dari luar masuk ke evaporator yang menumbuhkan jamur.

Sehingga solusinya juga sama yakni dengan menggunakan cairan pembersih evaporator, caranya juga sama seperti yang pertama.

3. AC mobil bau karena ada bangkai hewan di evaporator

Untuk jenis bau yang ketiga mungkin juga sering dialami khususnya pada mobil yang diparkirkan di pinggir jalan atau didekat lahan perkebunan. Biasanya ada hewan seperti tikus, kecoa, dan cicak yang sering hinggap di mobil anda.

Kalau hewan tersebut mati, otomatis akan menjadi bangkai. Dalam beberapa hari, anda akan mencium bau bangkai yang sangat menyengat dimobil anda.

Ketika anda sudah mencium bau bangkai tersebut, segera geledah setiap sudut mobil anda untuk menemukan sumber baunya. Karena kalau dibiarkan, maka baunya akan semakin menyengat.

Tak jarang pula bangkai hewan ini bersarang di area yang sangat tersembunyi misal didalam dasboard. Tentu untuk menjangkaunya kita perlu membongkar dashboard. Untuk itu, kalau anda merasa kesulitan mencari sumber baunya anda bisa membawa mobil ke salon mobil. Biasanya akan dilakukan pembongkaran dasboard untuk mencari tahu sumber baunya.

Baca juga 7 cara ampuh hilangkan bau tidak sedap didalam kabin

4. AC mobil bau sangit karena terkena asap kendaraan lain

Saklar AC mobil itu ada bermacam-macam, ada saklar blower yang mengatur kecepatan hembusan angin yang keluar dari grill, ada saklar AC yang mengatur AC ON atau OFF, ada saklar temperatur AC yang mengatur suhu AC, ada pula saklar sirkulasi udara yang memberi pilihan apakah akan menggunakan sirkulasi outdoor atau sirkulasi indoor.

Kalau kita pilih sirkulasi outdoor, maka udara luar akan dimasukan ke kabin dan udara didalam kabin akan dikeluarkan. Sementara sirkulasi indoor, udara akan berputar-putar didalam mobil saja tanpa melibatkan udara luar.

Biasanya kita pilih sirkulasi outdoor karena ini lebih menyegarkan, namun kalau kita berada dikemacetan apalagi macet didaerah pegunungan maka asap kendaraan di luar bisa masuk ke dalam mobil sehingga AC terkesan bau sangit.

Dalam kondisi yang parah, asap kendaraan yang masuk ke kabin juga bisa menjadi racun yang membuat penumpang pusing hingga pingsan. Oleh sebab itu, kalau anda berada ditengah kemacetan apalagi disamping anda banyak truk-truk besar, pilih sirkulasi indoor saja.

5. AC mobil bau freon karena bocor

Bau freon itu sangat khas, baunya tidak terlalu menyengat tapi sangat beda dengan bau-bau yang lain. Ini menandakan freon AC mobil bocor, dan lokasi kebocoran ada di evaporator. Karena kalau kebocoran ada di selain evaporator, maka tidak ada bau tiba-tiba AC tidak dingin.

Tapi kalau ada bau freon, maka kebocoran terletak pada area evaporator.

Baca juga Freon mobil bocor, apa tandanya ?

Solusinya, anda perlu memperbaiki mana yang mengalami kebocoran. Kalau evaporator yang bocor, maka perlu diganti.