Berapa Lama Cas Aki Mobil ? Ini Dia Cara Menghitungnya

Advertisement
Charging atau proses pengisian aki mobil, dilakukan untuk mengembalikan voltase atau tegangan aki mencapai 12 Volt. Jadi charging ini dilakukan ketika tegangan aki terdeteksi kurang dari 12 volt.

Namun kalau aki tekor, maka tidak dapat dicas melainkan perlu diganti baik ganti air akinya atau ganti satu set akinya.

Alasannya, kalau aki tekor itu akan mengalami penurunan kapasitas. Sehingga kalau aki soak, maka tegangan tetap 12 volt namun AH-nya yang mengalami penurunan. Inilah yang membuat aki tidak dapat dicas, kalaupun tetap dicas maka aki akan langsung habis karena memang kapasitas arus yang mempu disimpan itu sedikit.

Lalu ada pertanyaan, berapa lama cas aki mobil ?


Pada dasarnya mengecas aki mobil sama seperti mengecas baterai HP. Semakin tinggi kapasitas akinya maka semakin lama juga waktu untuk mengecasnya.

Tapi jangan khawatir karena di artikel ini Autoexpose akan membahas secara simple cara untuk menghitung waktu pengisian aki.

Yang anda perlukan, anda harus tahu berapa kapasitas aki mobil anda. kalau pada HP itu ada mAH (mili ampere hour) sementara aki mobil kapasitasnya menggunakan AH (ampere hour). Anda bisa mencari berapa kapasitas aki pada dinding aki.

Secara umum, ada dua jenis pengisian aki yakni pengisian lambat dan pengisian cepat.

1. Pengisian lambat

Pengisian lambat merupakan proses pengisian aki mobil dengan arus listrik kecil sehingga waktu yang dibutuhkan menjadi semakin lama. Pengisian lambat biasanya digunakan untuk mengecas aki saat malam hari.

Aki biasanya akan dicas sambil ditinggal tidur, sehingga agar aman aki dicas secara lambat. Biasanya arus maksimal yang digunakan hanya 10 %

Untuk menghitungnya, kami ambil contoh aki 12 volt 40 AH.


  • Langkah pertama anda hitung dulu arus pengisiannya, karena ini pengisian lambat maka arusnya Cuma 10% atau kalau dihitung 40 x 10% = 4 A.
  • Selanjutnya masukan kedalam rumus berikut (kapasitas aki (AH)/arus pengisian) + (20% x kapasitas aki/arus pengisian)


Kalau dimasukan maka akan seperti ini ;
(40/4)+(20% x 10)
10 + 2 = 12 jam.

Bisa dikatakan lama waktu cas aki mobil menggunakan pengisian lambat itu sekitar 12 jam.

2. Pengisian cepat

Pengisian cepat menggunakan arus yang lebih besar, biasanya mencapai 40% sehingga waktu pengecasan menjadi lebih cepat. cara menghitungnya pun sama tapi arus yang digunakan itu perlu dihitung ulang karena menggunakan 40% arus.

40 x 40% = 16 A

Maka waktunya adalah (40/16) + (20% x 2,5) = 2,5 + 0,5 = 3 jam

Disini bisa disimpulkan, ketika anda akan mengecas aki menggunakan charger manual maka membutuhkan waktu sekitar 12 jam untuk pengisian lambat dan hanya 3 jam untuk pengisian cepat.

Namun, kalau anda tidak ingin menghitung seperti diatas anda bisa gunakan charger otomatis. Charger otomatis ini seperti charger Hp yang dapat mengisi aki sampai full secara otomatis. Jadi anda tinggal putar saklar ke fast charging atau slow charging maka charger akan mengestimasi waktu pengisian dengan sendirinya.