Fungsi Katup/Klep Pada Mesin 4 Tak

Advertisement
Pada mesin 4 tak ada komponen bernama katup atau orang biasa menyebutnya klep. Lantas apa fungsinya dan mengapa katup ini hanya terdapat pada mesin 2 tak ?

Selengkapnya mari kita bahas bersama

Fungsi Katup Pada Mesin


Fungsi utama katup pada mesin 4 tak itu layaknya sebuah pintu untuk memisahkan dua ruang yakni ruang bakar dan udara luar. Hal ini dikarenakan proses pemasukan material pada mesin 4 tak itu berlangsung dari intake langsung ke ruang bakar.

Sementara pada mesin 2 tak, proses pemasukan akan terlebih dahulu memenuhi ruang engkol sebelum masuk ke ruang bakar. Dari udara luar masuk ke ruang engkol pun tidak ada katupnya melainkan memanfaatkan dinding piston untuk buka tutup chanel.

Kalau pada mesin 4 tak, dinding silinder itu rapat atau tidak ada chanel intake seperti mesin 2 tak. Chanel intake dan exhaust terletak pada kepala silinder yang dipisahkan oleh katup.

Jadi fungsi utama katup adalah sebagai pintu antara ruang bakar dengan udara luar.

Jika dibahas lebih spesifik lagi maka ada dua fungsi katup yakni ;

  1. Memasukan material pembakaran (campuran udara + bahan bakar) yang sudah tersedia di intake manifold ke ruang bakar
  2. Mangeluarkan gas sisa pembakaran dari ruang bakar menuju exhaust manifold


Namun untuk menjalankan dua fungsi diatas, tidak bisa dilakukan oleh satu katup. Sehingga pada mesin 4 tak minimal ada 2 katup, yakni satu untuk katup hisap dan satu lagi untuk katup buang.


Bentuk katup itu seperti yang bisa anda lihat pada gambar, ada batang katup sebagai penggerak katup dan ada daun katup sebagai penutup chanel. Namun diarea sisi daun katup terdapat permukaan gesek, permukaan gesek inilah yang menentukan katup bocor atau tidak.

Pasalnya kalau permukaan gesek tidak rata menempel ke dudukan katup, maka ada celah udara untuk keluar sehingga bisa dibilang katup bocor.

Oleh sebab itu ada istilah sekir katup yang tujuannya untuk membuat permukaan gesek benar-benar klop menempel pada dudukan katup supaya tidak ada celah sekecilpun. Ketika posisi katup ditukar, meski masih satu mesin maka perlu dilakukan sekir ulang. Hal itu karena kerataan permukaan gesek tiap katup itu berbeda, meski perbedaanya sangat kecil hal itu cukup membuat bocor kompresi mesin.

Bagian-bagian penting lain pada katup mesin antara lain ;

  • Pegas, digunakan untuk menahan katup agar tertutup ketika free (tidak tertekan)
  • Retainer, digunakan untuk mengunci retainer cap agar retainer cap tidak terlepas dari batang katup
  • Retainer cap, digunakan sebagai dudukan atas katup yang menempel pada batang katup.


Lalu apa itu SOHC dan DOHC ?

Label ini bisa anda lihat pada sepeda motor maupun mobil, kedua label ini merupakan jenis dari mekanisme katup yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk mempelajari jenis dan bagaimana mekanisme katup bekerja, anda dapat melanjutkan untuk membaca artikel ini, Mekanisme katup mesin - Jenis dan Cara Kerjanya

Sekian artikel singkat ini, semoga bisa menambah wawasan kita semua