Cara Mudah Mengatasi Rem Cakram Motor Yang Seret

Advertisement
Rem cakram menggunakan prinsip jepitan untuk melakukan pengereman, tak jarang saat kampas rem menjepit piringan rem justru kampas rem tersebut macet sehingga membuat roda motor seret meski rem tidak ditekan.

Lalu apa penyebab rem cakram bisa seret dan bagaimana solusinya ?

Timbunan Kotoran Pada Kaliper Menjadi Penyebab Rem Seret


Penyebab utama yang menyebabkan rem motor seret adalah karena ada timbunan kotoran didalam kaliper rem.

Kalau anda memperhatikan kaliper rem, itu ada komponen tabung yang apabila tuas rem ditekan tabung tersebut akan menonjol dan menekan kampas rem agar menjepit piringan rem.

Tabung tersebut diberi nama piston.

Dalam kondisi normal, piston akan bergerak menonjol saat tuas rem ditekan dan saat tuas rem release, piston secara otomatis masuk kembali karena ada pegas didalamnya.

Apabila pada permukaan piston ini kotor, entah karena ada timbunan debu atau karat bisa menghambat pergerakan piston. Sehingga meski piston masih bisa menonjol, tapi piston akan tertahan dan tidak kembali ke posisi semula.

Lalu Bagaimana Solusinya ?

Untuk mengatasinya, kita perlu membersihkan bagian sisi piston. Caranya, anda bisa memanfaatkan air sabun untuk membersihkan semua kotoran yang menempel pada permukaan piston. Namun kalau ada karat, anda bisa gunakan amplas halus untuk meluruhkan karat.

Tapi, karena posisi piston ini ada didalam kaliper maka anda perlu melepas kaliper dari dudukannya.

Cara melepas kaliper ini sama seperti tata cara penggantian kampas rem, dimana dua baut breaket kaliper yang terhubung ke suspensi depan dilepas dahulu.

Langkah-langkahnya antara lain ;


  1. Lepas dua baut breaket kaliper (baut ini memiliki ukuran agak besar, dengan kepala baut L-hexagonal atau bintang meski ada juga beberapa yang menggunakan kepala baut segi enam).
  2. Lepas kaliper dari dudukannya
  3. Pisahkan braket kaliper dari unit kaliper dan kampas rem secara otomatis juga terlepas, ada beberapa kaliper yang menggunakan pengunci jadi sebelum melepas perhatikan apakah ada penguncinya atau tidak
  4. Disini anda bisa melihat tabung yang dimaksud, agar pembersihan bisa lebih maksimal kita perlu membuat sebagian piston ini menonjol. Caranya dengan menekan tuas rem dua atau tiga kali
  5. Setelah piston menonjol, anda bersihkan kotoran/karat yang ada dipermukaan piston
  6. Setelah selesai jangan lupa keringkan dan olesi permukaan piston menggunakan grease atau pelumas gel. Tujuannya agar pergerakan caliper bisa lebih lancar
  7. Sebelum memasang, cek dulu karet pistonnya. Kalau ada yang rusak maka karet ini perlu diganti karena kalau dibiarkan, akan memicu masalah serupa dikemudian hari
  8. Untuk memasangnya, pertama anda perlu memasukan lagi piston yang menonjol. Caranya dengan mengungkit piston menggunakan kunci ring berukuran besar (17 atau diatasnya)
  9. Setelah piston berhasil masuk, pasang kampas rem dan breaket rem. Lalu pasangkan unit kaliper ke roda.
Baca juga ; Cara mengganti kampas rem depan motor

Setelah kaliper sudah berhasil dipasang, kocok rem supaya piston bisa menyesuaikan jarak ideal. Proses ini penting karena kalau motor langsung dipakai, maka rem akan blong. Jadi untuk menghindarinya, kocok rem hingga terasa padat baru motor siap digunakan.