Shock Belakang Motor Terlalu Empuk ? Ini Penyebabnya

Advertisement
Shockbreaker sejatinya dibuat untuk meredam getaran saat motor berjalan khususnya saat motor melintasi jalanan yang tidak rata. Sehingga kita yang menungganginya pun terasa lebih nyaman.

Tapi seperti apa shockbreaker yang nyaman itu ? apa yang empuk ?

Beberapa orang memang menyukai shockberaker yang empuk alasannya lebih mantul saat melintasi jalanan yang tidak rata. Tapi ternyata, shockbreaker yang terlalu empuk itu malah membuat berkendara menjadi tidak nyaman.

Tidak nyamanya seperti apa ?

Orang yang duduk dibelakang alias yang membonceng akan sangat terasa karena kalau shockbreaker terlalu empuk dia akan terpental-pental. Mungkin anda sendiri pernah membonceng sepeda motor yang shock belakangnya terlalu empuk.

Lalu bagaimana ketika motor itu melewati gundukan/jalan tidak rata ? tubuh kita cenderung terlempar keatas dan itu malah membuat kita menjadi tidak nyaman.

Lalu mengapa bisa demikian ?

Ternyata itu disebabkan karena ada kerusakan pada komponen shock breaker. Apa penyebabnya mari kita bahas dengan detail.

Penyebab Shock Breaker Terlalu Empuk


Ada dua bagian utama pada shockbreaker belakang motor yakni,

  • Per
  • Shock absorber


Seperti yang umum diketahui, per itu logam yang berputar-putar/melilit pada komponen shockbreaker. Per ini yang berfungsi sebagai menyerap getaran. Sementara shock absorber adalah tabung hidrolik yang terletak didalam per.

Apa fungsi tabung hidrolik ini ?

Fungsinya untuk menahan kejutan pergerakan per, jadi meski per mengalami tekanan pergerakan per tidak terlalu mengejutkan. Sehingga tidak sampai mementalkan penumpang motor.

Anda bisa baca bagaimana shock absorber bekerja pada artikel berikut ; Penjelasan lengkap cara kerja shock absorber

Kalau shock absorbernya rusak, alias tidak lagi dapat berfungsi otomatis per bergerak tanpa ada yang menahan. Sehingga pergerakan per lebih spontan.

Kerusakan yang umumnya terjadi pada shock absorber adalah kebocoran cairan hidrolik. Orang-orang menyebutnya kebocoran oli shock. Oli atau cairan hidrolik tersebut digunakan sebagai penahan pergerakan per,

Jadi kalau olinya bocor, otomatis shock absorber tidak dapat berfungsi sebagai mana mestinya.

Untuk solusinya, anda bisa saja menyuntikan oli shock ke shockbreaker motor anda tapi anda juga harus mengganti seal tabung ini. Alasannya, kalau sealnya masih bocor maka nanti olinya bakal bocor juga.

Kebocoran oli shock, bisa anda amati dengan melihat area tabung shockabsorber. Biasanya agak lembab dan tidak jarang ditemui debu basah yang menempel.