Alarm Mobil Bunyi Terus, Apa Penyebabnya ? Bagaimana Mengatasinya ?

Advertisement
Alarm memang digunakan sebagai pengaman mobil atau anti maling, tapi bagaimana jadinya kalau alarm mobil sering bunyi sendiri padahal tidak ada yang menyentuh mobilnya ?

Tentu itu bisa membuat kita jengkel karena kita harus bolak balik mematikan alarm yang selalu berbunyi tersebut.

Lalu apa kira-kira hal yang menyebabkan alarm mobil bunyi terus tanpa ada sebabnya ? apakah ada hantu ?

Ternyata hal itu disebabkan karena kepekaaan dari modul alarm.

Sekilas saya jelaskan cara kerja alarm mobil, jadi alarm mobil terdiri dari tiga unit komponen yakni

  1. Sensor getar yang umumnya terletak pada pintu mobil. Sehingga kalau ada yang membuka pintunya maka alarm akan bunyi.
  2. Module alarm, module ini akan menerima sinyal getaran dari sensor getar dan menyimpulkannya apakah getaran ini normal atau berasal dari pintu yang terbuka.
  3. Aktuator, yakni sirine yang akan berbunyi. Aktuator ini akan menyala apabila module menyimpulkan positif getaran dari sensor itu berasal dari pintu yang diutak-atik.


Masalah yang menyebabkan alarm bunyi terus itu berasal dari kepekaan modul yang terlalu sensitif. Jadi sensor getar itu akan selalu mengirimkan sinyal getaran meski mobil anda tidak ada yang menyentuhnya.

Hal itu karena getaran dari sekeliling seperti suara, mobil yang lewat akan menyebabkan sedikit getaran pada mobil. Jadi sensor juga tetap akan mengirimkan sinyal getaran.

Tugas module itu untuk menyeleksi apakah sinyal getaran ini masih wajar atau disebabkan karena ada yang mengutak-atik pintu. Umumnya pengaturan ini dilakukan dengan nominal sinyal getaran yang dikirim oleh sensor. Jadi semakin intens sinyal yang dikirim maka itu mengindikasikan getaran cukup dekat atau bisa disimpulkan oleh module bahwa pintu mobil sedang berusaha dibuka paksa.

Kalau module alarm memiliki kepekaan tinggi, maka sinyal getaran kecil saja bisa diindikasikan sebagai getaran yang berbahaya sehingga sirine akan berbunyi.

Dan pada beberapa mobil, kepekaan ini bisa diatur dengan memutar variable resistor pada module alarm. Umumnya module diatur peka agar pendeteksian bisa lebih bagus. Tapi kelemahannya, alarm akan bunyi saat ada petir bahkan kalau diset sangat sensitif, mobil lewat saja alarm bisa bunyi.

Tapi kalau diputar kepekaan rendah, maka kepekaan alarm sedikit berkurang namun itu akan mengatasi alarm yang bunyi sendiri.

Lalu bagaimana cara mengatasinya ?

Seperti yang dikatakan diatas, pertama cari dulu module alarmnya. Biasanya ini terletak dibagian bawah kabin atau kalau alarm mobil anda dibuat after market maka posisinya mudah sekali ditemukan.

Selanjutnya putar selektor pada module berlawanan jarum jarm. Maka itu akan mengurangi kepekaan alarm.

Bagaimana kalau alarm tetap terus bunyi ?

Itu berarti penyebabnya bukan dari setelan module, bisa dari modulenya sendiri yang rusak atau sensor getarnya yang rusak. Apabila komponen-komponen ini telah mengalami kerusakan maka cara mengatasinya adalah dengan menggantinya.