WAJIB TAHU, Ini 7 Kode Warna Sekring Pada Mobil + Artinya

Advertisement
Sekring tancap atau biasa disebut blade fuse yang dipakai pada sekring mobil memiliki warna yang menarik. Tapi tahukah anda, kalau warna-warna sekring itu bukan Cuma digunakan untuk mempercantik tampilan tapi juga memiliki arti.

Dengan kata lain, warna pada tiap sekring memiliki arti sendiri-sendiri. Lalu apa arti dari semua warna kode warna sekring ?


Sekring merupakan komponen pengaman arus listrik yang dipakai untuk membatasi aliran arus listrik supaya tidak berlebihan. Ini seperti sekring pada rumah, dimana ketika ada korsleting maka sekering secara otomatis akan terputus sehingga tidak menimbulkan kebakaran.

Namun pada mobil, tiap komponen kelistrikan punya sekering sendiri-sendiri. Hal itu karena kebutuhan akan arus listrik tiap komponen kelistrikan itu beda sehingga sekeringnya juga punya kapasitas yang beda-beda.

Sebenarnya, kapasitas sekering itu sudah tertera pada bagian atas sekering. Namun, ada beberapa sekering polosan tanpa ada keterangan kapasitasnya. Kalau sudah begini, anda perlu tahu kode warnanya supaya saat akan membeli sekering tidak salah beli.

Umumnya ada 7 kode warna yang sering dipakai pada mobil yakni ;

  • Warna Coklat kekuningan, merupakan sekring dengan kapasitas 5 A
  • Warna Coklat tua, merupakan sekring dengan kapasitas 7,5 A
  • Warna Merah, merupakan sekring dengan kapasitas 10 A
  • Warna Biru, merupakan sekring dengan kapasitas 15 A
  • Warna Kuning, merupakan sekring dengan kapasitas 20 A
  • Warna Bening, merupakan sekring dengan kapasitas 25 A
  • Warna Hijau, merupakan sekring dengan kapasitas 30 A


Ketika anda membuka fuse box pada mobil anda pasti akan melihat warna-warni sekringnya. Saat ada salah satu sekring yang putus, pastikan anda mengganti sekring tersebut dengan warna yang sama.

Menggunakan sekring dengan kapasitas yang beda, bisa menimbulkan dampak negatif. Penggunaan sekering dengan kapasitas lebih tinggi beresiko membuat kabel/soket lampu terbakar, sementara penggunaan sekering dengan kapasitas lebih rendah justru akan membuat sekering terus putus.

Kecuali anda mengganti bohlam lampu dengan daya tinggi, maka kapasitas sekering perlu diseuaikan. Tapi umumnya, untuk sistem penerangan sekring 10 A saja sudah cukup.