9 Contoh Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui + Pemanfaatannya

Advertisement
Sumber daya alam yang dapat diperbaharui, merujuk pada segala jenis sumber daya yang kita peroleh dari alam yang proses pembentukannya lebih cepat dibandingkan penggunaannya. Sehingga tidak akan habis meski dipakai secara terus menerus.

Lalu apa saja yang masuk kedalam SDA terbaharukan ? simak uraiannya dibawah.

SDA (sumber daya alam) merupakan segala sumber daya yang diperoleh dari alam untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Secara umum, ada dua jenis SDA yakni yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui.

Perbedaan utamanya, ada pada proses pembentukan SDA tersebut. SDA terbaharukan bisa terbentuk lebih cepat sehingga meski dipakai secara terus menerus tidak akan habis, namun SDA tak terbaharukan memiliki proses pembentukan mencapai ratusan tahun, sehingga mustahil untuk terbaharui dalam waktu singkat.

SDA yang bisa diperbarui sendiri, sebenarnya sudah kita temui dalam kehidupan sehari-hari contohnya udara dan air. Tapi apa sebatas itu ? tenyata tidak. Ada banyak sekali SDA terbaharukan yang terdapat dibumi ini.

Lalu apa saja ?

9 Contoh Sumber Daya Alam Yang Bisa Diperbaharui


1. Air


Air adalah elemen terpenting pada kehidupan semua mahkluk hidup, karena makhluk hidup memerlukan air untuk dikonsumsi. Selain itu manusia selain sebagai minum, air juga digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti mandi dan mencuci.

Pernahkah anda berfikir mengapa air dibumi tidak pernah habis ? padahal triliyunan mahkluk hidup yang ada dimuka bumi menggunakan air.

Ternyata itu disebabkan karena adanya siklus air. Secara singkat siklus air berarti perputaran air laut yang menguap kemudian diembunkan dalam bentuk hujan didartan. Air hujan tersebut akan turun melewati sungai-sungai dan sebaian masuk kedalam tanah. Sehingga kandungan air disungai dan tanah tidak pernah habis.

Makhluk hidup yang mengkonsumsi air, juga hanya dijadikan sebagai pelarut. Sisa air yang dikonsumsi makhluk hidup akan dibuang kembali dalam bentuk urin dan keringat. Urin akan mengalir ke sungai untuk kembali ke laut dan keringat langsung menguap.

Sehingga meski air dikonsumsi terus menerus, volume air tidak pernah habis.

Selain makhluk hidup, air juga dijadikan sebagai :

  • Bahan bakar pembangkit listrik tenaga air
  • Bercocok tanam


2. Udara

Udara yang ada dilapisan atmosfer, terdiri dari oksigen, karbondioksida, nitrogen dan lainnya. Tapi yang paling banyak adalah oksigen dan karbondioksida dimana dua jenis udara tersebut digunakan oleh makhluk hidup untuk bernafas.

Manusia menggunakan oksigen untuk bernafas dan menghasilkan karbondioksida, sementara tumbuhan berfotosintesis menggunakan karbondioksida menghasilkan oksigen.

Siklus tersebut menyebabkan jumlah oksigen dan karbondioksida pada bumi tidak pernah habis. Hanya saja, karbondioksida tidak hanya dihasilkan dari pernafasan manusia tapi asap kendaraan juga menghasilkan gas karbondioksida.

Hal itu diperparah dengan semakin menyempitnya hutan didunia.

Sehingga jumlah karbondioksida dan oksigen menjadi tidak seimbang, hal itulah yang menyebabkan pemanasan global.

3. Angin


Angin dan udara memang secara fisik hampir sama, tapi ada bedanya. Angin memiliki energi, karena angin merupakan udara yang mengalir. Energi yang ada pada angin bisa digunakan untuk menghidupkan pembangkit listrik tenaga air.

Selain itu, angin juga membantu tumbuhan untuk melakukan penyerbukan.

Tapi apa yang membentuk aliran angin tersebut ?

Angin ternyata terbentuk akibat perbedaan tekanan udara pada tempat yang berbeda. Secara sederhana, udara dengan tekanan yang lebih tinggi secara otomatis mengalir ke udara yang memiliki tekanan lebih rendah.

Lalu apa yang menyebabkan perbedaan tekanan udara tersebut ?

Ternyata suhu yang mempengaruhi tekanan udara, ketika suatu tempat memiliki suhu lebih tinggi maka udara akan memuai sehingga tekanan udara dibawah menjadi turun. Hal ini menyebabkan udara dari wilayah bersuhu dingin mengalir ke wilayah ke suhu panas.

Siklus ini akan terus berlangsung selama matahari sebagai sumber panas bersinar, sehingga disebut energi yang bisa diperbaharui.

4. Tanah

Tanah merupakan sumber daya yang tersedia melimpah dialam. Umumnya tanah digunakan sebagai tempat untuk bercocok tanam, seperti menaman padi, atau tanaman lainnya. Selain sebagai media bercocok tanam tanah juga digunakan untuk kepengtingan lainnya seperti ;

  • Membuat keramik (dari tanah lihat)
  • Membuat bahan bangunan (batubara, beton)
  • Pasir untuk membangun bangunan.


Ketersediaan tanah dialam, tidak akan habis karena tanah hanya berubah bentuk dan tidak dikonsumsi. Saat tanah dibuat menjadi batu bata, maka bentuk tanah hanya berubah bentuk ke wujud yang lebih padat. Saat batu bata tersebut dihancurkan, maka lambat laun akan kembali menjadi struktur tanah.

5. Flora

Segala jenis flora yang tumbuh dimuka bumi merupakan SDA yang bisa diperbaharui. Alasannya, tanaman bisa berkembang biak dengan mudah secara alami atau melewati bantuan manusia.

Contoh flora yang bekembang secara alami ada di hutan, sementara yang memerlukan bantuan manusia adalah tanaman-tanaman perkebunan, dan pertanian.

Penggunaan flora sebagai SDA terbarukan antara lain :

  • Padi, gandum, jagung, sebagai tanaman penghasil makanan pokok
  • Pohon jati, digunakan sebagai bahan baku ukiran kayu serta furniture
  • Sayur dan buah-buahan sebagai sumber nutrisi mahkluk hidup
  • Bunga, untuk bahan pewangi alami dan penghias.
  • Kayu/ranting pohon sebagai bahan bakar menghidupkan api


6. Fauna


Fauna adalah segala jenis hewan yang hidup dimuka bumi, tapi tidak semua jenis hewan bisa digunakan sebagai sumber daya. Beberapa bentuk sumber daya alam dari fauna antara lain ;

  • Sebagai bahan makanan seperti ayam pedaging, sapi, kambing dan lainnya
  • Diambil tenaganya seperti kuda dan kerbau
  • Kotoran hewan sebagai bahan pembuatan kompos


Alasan hewan masuk ke SDA terbaharukan, karena hewan bisa berkembang biak dengan cepat baik secara alami atau melalui peternakan.

7. Sinar matahari

Sinar matahari ternyata mengandung energi, hal itu dibuktikan oleh tumbuhan yang bisa berfotosintesis dengan bantuan sinar matahari dan adanya pembangkit listrik tenaga surya.

Selain berlimpah, ketersediaan sinar matahari juga bisa kita rasakan dimanapun saat siang hari. Sinar matahari ini masuk ke SDA yang dapat diperbaharui karena energi tersebut berasal dari matahari yang secara terus menerus memancarkan sinarnya.

Pemanfaatan sinar matahari dalam kehidupan manusia antara lain ;

  • Untuk mengeringkan pakaian
  • Menguapkan air pada air laut untuk mendapatkan garam
  • Menghidupkan panel surya untuk menghasilkan listrik


8. Geothermal


Mungkin sumber energi ini masih asing ditelinga kita tapi dibeberapa negara seperti Filipina dan Islandia sudah menerapkan panas bumi sebagai pembangkit listrik.

Lalu apa itu panas bumi ?

Geothermal adalah energi panas yang terdapat pada intibumi. Energi panas tersebut bisa berasal dari beberapa hal seperti

  • Aktifitas tektonik didalam perut bumi
  • Peluruhan elemen radioaktif dibawah permukaan bumi
  • Panas yang dilepaskan logam-logam berat didalam permukaan bumi
  • Panas matahari yang diserap kedalam pemukaan bumi


Peristiwa-peristiwa tersebut akan terus berlangsung, sehingga ketersediaan panas bumi akan terus berkesinambungan oleh sebab itu panas bumi masuk ke SDA terbaharukan.

9. Gelombang air laut/ombak

Semua orang tahu bahwa ombak itu gulungan air yang ada di pantai, tapi apakah ombak masuk ke sumber daya alam ?

Ingat, segala sesuatu yang diperoleh dari alam dan berguna bagi kehidupan manusia entah itu benda hidup (hayati) benda mati, yang terlihat maupun tak terlihat itu masuk ke SDA. Sementara ombak, apa gunanya ?

Bagi peseluncur, ombak digunakan sebagai daya untuk mendorong papan seluncurnya. Selain itu sekarang ada PLTGL (pembangkit listrik tenaga gelombang laut) yang memanfaatkan energi dari gelombang air laut untuk memutar generator listrik.

Hal itu menunjukan bahwa ombak memang memiliki energi, dan karena energi tersebut terbentuk secara alami maka ini masuk ke SDA.

Lalu, ombak itu tercipta karena peristiwa pasang surut air laut beserta gaya tarik bulan selain dipengaruhi juga oleh hembusan angin. Sehingga ketersediaan ombak akan terus berkesinambungan.