Kelebihan dan Kekurangan Rangkaian Seri Paralel

Dari zaman SD, kita sudah mempraktekan rangkaian seri dan paralel. Tapi apa anda tahu mengapa ada rangkaian seri dan paralel ? apa kelebihan dan kekurangan masing - masing ? dan untuk apa kegunaan rangkaian seri, untuk apa kegunaan rangkaian paralel ?

Ayo kita bahas.

Secara sederhana, rangkaian seri itu terhubung secara segaris. Yang dirangkai juga bukan cuma beban kelistrikan tapi sumber arus juga bisa dirangkai seri.

Mungkin perlu dijelaskan juga, beban kelistrikan itu merujuk pada komponen yang memerlukan listrik. Seperti lamu, sirine, dan lainnya. Setiap beban listrik, itu punya dua konektor. Satu untuk sumber arus dan satu untuk ground.

Ketika sebuah beban dirangkai secara seri, maka konektor ground tiap beban akan bertemu dengan konektor sumber arus. Jadi akan membentuk lingkaran seperti ini.



Lalu apa kelebihannya ?

1. Rangkaiannya sangat simple

Bisa anda lihat sendiri, misal saya mau pasang lampu secara seri, tinggal sambungin aja tiap konektor lampu-lampu itu. Kemudian dua konektor paling ujung disambungkan ke sumber listrik pake kabel.

2. Kuat arus yang ada pada tiap beban itu sama dengan sumber arus



Jadi kalau sumber arus punya arus 3 ampere, maka ketiga beban diatas juga akan menerima arus 3 ampere juga.

3. Sekali pencet, semua beban langsung nyala

Kelebihan berikutnya, apabila rangkaian seri ini diaplikasikan pada lampu variasi yang jumlahnya banyak tentu lebih efektif. Karena rangkaiannya segaris jadi hanya butuh satu saklar.

Dan ketika kita nyalakan saklarnya, semua lampu langsung nyala.

Tapi ada kekuranganya juga. Kekurangan rangkaian seri antara lain ;

1. Kalau satu beban mati, rangkaian terputus

Ini nih yang jadi ciri khas dari rangkaian seri. Misal ada tiga lampu, satu lampu mati maka semuanya tidak akan nyala karena jalur kelistrikannya terputus.

2. semakin banyak beban, semakin kecil tegangan yang diperoleh tiap beban

Meskipun kuat arusnya sama dengan sumber arusnya, tapi tidak dengan tegangannya. Justru tegangan bertolak belakang dengan kuat arusnya.

Jadi misal sumber arus 12 Volt, dan ada tiga lampu. Maka tiap lampu cuma dapat 4 volt. Kalau ada empat lampu, tiap lampu hanya dapat 3 volt. Oleh sebab itu, rangkaian ini kurang cocok dipakai untuk merangkai beban kelistrikan dengan power tinggi.

Lalu bagaimana dengan rangkaian paralel ?

Secara sederhana, rangkaian paralel disebut rangkaian bercabang karena kabel-kabelnya bercabang.



Jadi, misal saya punya tiga beban. Kalau mau dirangkai secara palarel, kita perlu siapkan dua kabel. Nanti tiap konektor beban kita hubungkan pada kabel itu. Dan kabel dihubungkan ke sumber arus. Jadi menyerupai anak tangga.

Terus apa kelebihannya ?

1. Kalau satu beban mati, yang lain tetap nyala

Nah kebalikan dengan seri, kalau di paralel ketika ada beban yang mati. Maka beban yang lain masih tetap nyala. Karena rangkaiannya tidak teputus.

2. Cocok dipakai di instalasi rumah

Alasannya, di rumah beban kelisitrikan itu banyak seperti lampu, TV, kulkas, AC, Mesin cuci dan yang lainnya. Dan semua itu punya power yang besar.

Kalau dirangkai secara seri, tentu kita harus menyalakan semua beban itu agar yang lain nyala. Karena pada rangkaian seri, kalau satu beban mati maka rangkaian terputus.

Dan pada rangkaian paralel, tegangan pada tiap beban itu sama dengan tegangan sumbernya. Jadi cocok dipakai untuk TV, kulkas, mesin cuci yang perlu tegangan tinggi.

Sementara kekurangannya, antara lain ;

1. Rangkaiannya ribet

Kalau lihat diagram diatas memang masih simple. Tapi pada kenyataanya, rangkaian ini bakal cukup ribet, karena lokasi beban satu dengan beban lain dengan sumber arusnya juga jauh.

Jadi kabel pasti akan kemana-mana. Dan hanya orang yang paham kelistrikan yang tahu jalur kelistrikannya yang mana. Kadang hal ini membuat kita sebagai orang awam kesulitan kalau ada masalah listrik.

2. Butuh banyak kabel

Seperti yang saya bilang tadi, akan ada banyak kabel pada rangkaian ini. Jadi pasti butuh biaya lebih.

Mungkin itulah sedikit kelebihan dan kekurangan rangkaian seri dan paralel. Semoga bermanfaat.