Berapa Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil ?

Advertisement
Harga kampas kopling – kopling adalah salah satu komponen powertrain mobil yang berfungsi memutuskan dan menghubungkan putaran mesin. Seperti yang mungkin anda rasakan saat ini, jika tuas gigi atau tenaga mesin sering selip maka itu bisa bertanda bahwa kampas kopling sudah tipis. Lantas, berapa biaya penggantian kampas rem mobil ? simak ulasan lengkapnya dibawah.

Kampas kopling adalah sebuah komponen berbentuk piringan yang memiliki lapisan bahan organik seperti keramik. Sama halnya dengan kampas rem, lapisan ini juga akan bergesekan dengan sebuah plat besi. Namnya pressure plate, akibatnya dalam jangka waktu tertentu ketebalan lapisan organik ini akan menipis akibat frkisi gesekan.

Ketika ketebalannya hampir habis, maka plat kopling seolah tidak dilapisi dengan bahan organik ini, sehingga akan mudah selip karena besi bergesekan besin dan panasnya juga membuat plat ini melekat pada pressure plate sehingga kita akan kesulitan untuk memindahkan tuas gigi.

Namun, karena letak kampas kopling ini yang cukup sulit dijangkau maka pekerjaan penggantian kampas kopling tidak bisa dilakukan secepat mengganti kampas rem. Letak komponen ini ada setelah flywheel dibelakang mesin yang tertutup transmission housing. Jadi saat akan mengganti kampas kopling maka akan dilakukan proses turun transmisi atau pelepasan transmisi dari frame mobil.

Hal itulah yang membuat jasa penggantian transmisi juga lebih mahal dan memakan banyak waktu. Selain dari jasanya, dari segi komponen juga bisa memakan banyak biaya. Alasannya, saat melakukan penggantian ini kita tak bisa hanya mengganti plat kopling. Karena jika kondisi pressure plate atau lebih dikenal matahari kopling sudah tidak halus/rata karena efek gesekan dengan kampas kopling tipis maka pengopersian kopling juga akan mengalami masalah meski kampasnya sudah diganti.

img by motorenworks.com


Oleh sebab itu, dalam penggantian kampas kopling ini biasanya akan diganti dengan satu set kopling yang terdiri dari pressure plate/matahari kopling. Kampas kopling, dan release bearing/laher.

Berapa biaya total ganti kampas kopling mobil ?

Dari jasa dan komponen yang perlu ditanggung maka penggantian kopling bisa memakan biaya hingga menyentuh 6 digit angka. Itu karena jasa penggantian pada bengkel sendiri bisa berkisar antara 500 ribu hingga 1 juta rupiah.

Sementara harga komponennya bermacam-macam. Seperti pada list dibawah ini yang menunjukan harga satu set kopling dari beberapa mobil di Indonesia yang diambil dari beberapa marketpalce seperti tokopedia dan bukalapak.
  • Harga Kopling set avanza xenia Rp. 1.350.000
  • Harga Kopling set  Suzuki Ertiga Rp. 1.500.000-1.800.000
  • Livina Rp. 1.550.000 – 2.300.000
  • Innova Rp. 1.700.000
  • Honda jazz MT Rp. 1.350.000
  • Agya ayla Rp. 850.000


Harga diatas tentunya bisa berbeda karena bersifat variable, tapi dengan melihat data diatas maka bisa disimpulkan biaya total ganti kampas kopling mobil bisa berkisar antara Rp. 2.000.000 hingga Rp. 3.000.000 tergantung jenis mobilnya.

Apa Ciri-ciri Mobil Yang Harus Ganti Kampas Kopling ?


Beberapa tanda yang bisa anda rasakan saat kampas kopling tipis antara lain ;

1.Bau terbakar dari area bawah mobil.

Bau ini merupakan hasil gesekan antara kampas kopling yang tipis dengan pressure plate. Bau ini akan semakin menyengat apabila kondisi kampas sudah sangat tipis.

2. transmisi sulit dipindahkan

Ini terjadi karena plat kopling melekat dengan pressure plate kopling. Merekatnya kedua komponen ini berakibat pada hubungan antara putaran mesin yang tidak terbebas sepenuhnya sehingga ketika tuas gigi dipindahkan akan terasa sulit.

3. tenaga mobil berkurang drastis

Jika anda merasa bahwa power mobil berkurang drastis maka itu bukan  berarti mesin anda bermasalah. Jika check engine tidak menyala maka mesin dalam keadaan baik dan masalah ada pada sektor lain salah satunya kopling yang selip karena lapisan kampasnya tipis sehingga akan membuang banyak output tenaga dari mesin.

Jadi, jika ketiga gejala tersebut muncul bersiap untuk melakukan penggantian satu set kopling. Apa ada cara untuk mencegah ini ? kampas kopling sejatinya dibuat dari bahan organik yang lunak karena agar tidak selip dan tahan panas. Tapi karena bersifat lunak maka partikelnya mudah terlepas, sehingga sehalus apapun kita mengemudikan mobil pasti dalam beberapa tahun kampas kopling akan habis.

Umumnya, umur kampas kopling pada mobil berkisar antara 30.000 hingga 40.000 atau sekitar 3 tahunan jika dipakai secara jarang.

Agar kampas kopling lebih awet, anda bisa melakukan beberapa cara seperti mengemudikan mobil dengan halus dan meminimalkan penggunaan setengah kopling. Hat-hati juga terhadap genangan air, karena ada beberapa mobil yang memiliki bahan kampas kopling tidak tahan air. Akibatnya akan terasa gesekan yang tidak nyaman.


Mungkin ini saja pembahasan singkat kita kali ini mengenai biaya ganti kampas kopling mobil, semoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kita semua.