Mesin Motor Ngelitik Saat RPM Rendah, Apa Penyebabnya ?

Pernahkah anda mendengar bunyi aneh seperti ketukan logam “tek tek tek” pada mesin anda ? itu biasa disebut ngelitik atau engine knocking.

Gejala ini bisa muncul saat mesin digas, juga saat RPM rendah.

Lalu apa penyebab mesin motor bisa ngelitik ? simak informasinya dibawah.

Hal yang membuat ngelitik pada mesin, itu karena ada pre-combustion atau pembakaran dini. Jenis pembakaran ini muncul sebelum busi menyala, sehingga menimbulkan suara ketukan.

Pre combustion ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, bisa karena oktane bensin yang terlalu rendah atau campuran antara bensin dan udara yang masuk ke mesin tidak ideal. Dari penjelasan ini, maka kita bisa menganalisa beberapa hal yang dapat memicu engine knocking atau ngelitik pada mesin.

1. Memakai bensin oktane rendah padahal tekanan kompresi mesin tinggi

Seperti yang saya katakan sebelumnya, bensin dengan oktane rendah bisa menyebabkan ngelitik pada mesin. Tapi berapa standar oktanya ?

Itu tergantung dari tekanan kompresi mesin.

Secara umum, bensin jenis pertalite sudah cukup baik untuk mesin-mesin dengan rasio kompresi 10 kebawah. Tapi untuk mesin dengan raso 10 : 1 keatas, maka memakai pertalite bisa memicu mesin ngelitik.

2. Filter udara sangat kotor

Filter udara yang kotor itu wajar, karena memang fungsi filter ini sebagai saringan agar udara yang masuk ke mesin itu bersih jadi otomatis debu yang terbawa udara akan terkumpul pada filter udara.

Tapi kalau tidak dibersihkan, tumpukan debu ini akan membuat filter jadi rapat. Akibatnya udara yang masuk ke mesin jadi kurang lancar, ini bisa memicu ngelitik sebab suplai udara yang ke mesin itu berkurang.

Ini bisa membuat campuran antara bensin dan udara jadi tidak seimbang.

3. Kerusakan pada sensor mesin

Khusus pada motor-motor injeksi, hal ini bisa saja terjadi. Contohnya sensor air flow udara intake mengalami kerusakan, otomatis campuran udara dan bensin yang masuk ke mesin jadi tidak ideal.

Sehingga bisa memicu engine knocking.

Tapi umumnya, kerusakan pada sensor bisa kita baca pada kedipan lampu MIL yang ada pada dashboard. Interval kedipan ini dapat menunjukan mana sensor yang mengalami kerusakan.

Mungkin itu 3 hal yang dapat menyebabkan mesin ngelitik saat RPM rendah. Semoga bermanfaat.