2 Penyebab Utama Oli Motor Matic Sering Habis

Halo semua, gimana kondisi motor kalian. Udah ganti belum tuh olinya, jangan sampai pas mau ganti olinya tingga setetes ya. Nah di kesempatan ini, saya akan membahas kenapa sih oli didalam mesin itu bisa tiba tiba habis. siapa sih yang ngabisin oli didalam mesin.

Biar lebih jelas, saya bawakan penjelasan ini dengan video animasi.

Jadi, kejadian oli habis itu sering terjadi terutama pada motor motor matic. Kalo orang orang nyebutnya vampir oli. efeknya sangat berbahaya. Karena oli itu kan pelumas yang bikin komponen mesin itu ngga bergesekan secara langsung.

Kalau olinya kurang, otomatis ngga ada penyekat atau pelindung yang melapisi tiap komponen yang bergesekan.

Saya kasih contoh blok silinder dan piston. Ini kan piston bakal gerak naik turun terus selama mesin nyala. Dan gerakan ini akan menimbulkan gesekan antara ring piston dengan silinder. Kalau ngga ada oli sebagai pelumas, gesekan ini akan mengikis kedua komponen tersebut. Hasilnya, dalam waktu singkat blok silinder akan mengalami keausan.

Nah efek dari keausan ini yang berbahaya, karena bisa membuat mesin susah dihidupkan, mesin gampang mati mendadak, sampai tenaganya hilang.

Lalu apa yang bikin oli itu cepat habis dan bagaimana ccara mencegahnya ?



1. kebocoran seal yang tidak terdeteksi

Dengan kondisi mesin motor matic yang lebih tertutup, membuatnya susah terdeteksi kalau ada permasalahan. Salah satunya, jika terjadi kebocoran seal oli. Oli yang bocor dari seal oli tidak akan menetes kebawah, karena bentuk kebocorannya hanya berupa rembesan.

Jadi kita hanya akan melihat rembesan yang diselimuti debu biasanya. Inilah masalahnya, dengan kondisi mesin yang tertutup membuat kita tidak menyadarinya. Sebagai pemilik jarang sekali kita membuka bagian cover untuk melihat mesin, tau tau olinya sudah habis.

Motor matic ini memang lebih berpotensi mengalami kebocoran karena konfigurasi mesin yang terhubung ke cvt. Sementara cvt itu terhubung ke roda. Jadi guncangan di jalan, akan menggetarkan mesin. Ini berbeda dengan motor bebek atau sport, yang mesinnya dipasang pada chasis. Sehingga goncangan jalan lebih bisa diredam.

2. oli ikut terbakar diruang bakar

Jika yang pertama itu bisa dideteksi dari kondisi mesin yang terlihat rembesan dan ada debu tebal, kali ini mesin terlihat bersih. Tapi olinya tetep kurang. Ini bisa disebabkan karena olinya ikut terbakar didalam ruang bakar.

Mengapa bisa ?

Salah satu tugas oli itu melumasi gesekan antara piston dan blok silinder. Sehingga ada kemungkinan oli itu ikut masuk ke ruang bakar. Meski demikian, piston sebenarnya punya ring piston yang dapat mencegah agar oli tidak masuk ke ruang bakar. Namun jika blok silinder sudah aus, maka ring piston ini tidak terlalu berdampak. Oli tetap ikut masuk ke ruang bakar menyebabkan olinya terbakar dan ini bisa dikonfirmasi dari asap knalpot yang mengandung asap warna putih.

Gejala seperti ini, biasanya dibarengi dengan mesin yang kadang susah nyala serta tenaganya hilang. Kalau sudah seperti ini, oli harus selalu dicek agar tidak selalu kurang. Karena oli kalau sudah bocor ke ruang bakar, maka olinya berangsur angsur akan termakan.

Untuk menghindari oli yang kering, disarankan untuk mengecek oli mesin secara rutin. Karena ketika olinya sudah kering, maka mesin akan macet secara tiba tiba. Dan kerusakan itu bukan kerusakan yang termasuk parah.