Kelebihan Dan Kekurangan All New Kijang Innova

Advertisement
Kelebihan dan kekurangan All new Innova - Salah satu kendaraan paling legendaris di Indonesia adalah Toyota Kijang. Di tahun 2016, kijang resmi meluncurkan generasi ke lima sejak pertama kali diluncurkan dengan label All New Kijang Innova. Lantas bagaimana fitur serta spesifikasi All New Kijang Innova, sehingga layak menyandang mobil sejuta umat ?

Fitur Eksterior
Fitur Tipe G Tipe V Tipe Q
Headlight - - Yes
Foglamp Yes Yes Yes
DRL LED LED LED
Velg 16" alloy 16" alloy 16" alloy/17" (diesel)
Tailgate Spoer Yes Yes Yes
Smart Close Back Door - - Yes
Fitur Interior
Fitur Tipe G Tipe V Tipe Q
Head Unit 7" LCD with Advance Entertainment 8" LCD with Advance Entertainment 8" LCD with Advance Entertainment
MID Standar TFT TFT
Drive Mode Yes YesYes
Miracast No Yes Yes
Voice command Yes Yes Yes
Audio steering control Yes Yes Yes
HVAC control Manual Auto Auto
Power window Driver Auto Driver Auto All Auto
Floor Mate Yes Yes Yes
Fitur Keselamatan
Fitur Tipe G Tipe V Tipe Q
Airbag 5 Point 5 point 5 point
ABS+EBD Yes Yes Yes
Hill Assist No NoYes (Diesel)
Vehicle Stability No No Yes(Diesel)
Keyless entry No No Yes
ISOFIX Yes Yes Yes
Base Assy Child restrain Yes Yes Yes
Seat asyy child restrain Yes Yes Yes
Seat sub assy child restrain Yes Yes Yes
Spesifikasi Mesin
Kategori Tipe G Diesel
Engine Type 1TR FE4 2GD FTF4
Displacement 1.998 cc 2.393 cc
Number of valve DOHC 16 Valve Dual VVT-I DOHC 16 Valve
Power/RPM 139 PS/5.600 149 PS/3.400
Torque/RPM 18,7 KgM/4.000 34,9 KgM/2.800
Fuel System EFI CRDI
Fuel type Gasoline Solar
Harga
Tipe Harga
Tipe Q A/T Diesel Rp 432.700.000,-
Tipe Q A/T Gasoline Rp 391.700.000,-
Tipe Q M/T Diesel Rp 411.300.000,-
Tipe Q M/T Gasoline
Rp 371.600.000,-
Tipe V A/T Diesel Rp 386.200.000,-
Tipe V A/T Gasoline Rp 352.100.000,-
Tipe V M/T Diesel Rp 366.400.000,-
Tipe V M/T Gasoline Rp 332.500.000,-
Tipe G A/T Diesel Rp 340.500.000,-
Tipe G A/T Gasoline Rp 309.100.000,-
Tipe G M/T Diesel Rp 319.000.000,-
Tipe G M/T Gasoline Rp 288.900.000,-

Note

  • Data spesifikasi dan harga diambil dari toyota.astra.co.id
  • Harga OTR DKI Jakarta dan sekitarnya
  • Beda wilayah beda pula harga
  • Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan
  • Harga belum termasuk pajak progresif dan diskon


All New Kijang Innova hadir dengan sentuhan baru yang lebih menonjolkan kesan mewah dengan kenyamanan kelas wahid. Mobil ini resmi dirilis di Indonesia pada November 2015 oleh TAM. Sebagai mobil sejuta umat, Toyota Kijang tentu merupakan salah satu MPV paling legendaris yang pernah dibuat.

Sepak terjangnya dimulai sejak tahun 1970-an kala itu dengan produksi kijang kotak. Selama lebih dari 40 tahun, Toyota kijang telah memiliki beberapa generasi. Yang terakhir adalah generasi Kijang innova. Kijang innova sendiri sudah mendapatkan perubahan sebanyak tiga kali.

All New Kijang Innova dipasarkan dengan beberapa Varian. Tipe G sebagai tipe terendah, tipe V dan Q. Untuk varian mesin ada pilihan mesin diesel, dan juga mesin bensin. Ketiga tipe tersebut memiliki perbedaan fitur dan harga. Untuk lebih mendalami semua tentang All New Kijang Innova, silakan simak review di bawah ini.

1. Review Eksterior All New Kijang Innova

Di bagian eksterior, anda akan menemui perubahan yang signifikan dari innova versi sebelumya. Desain headlamp yang dibuat lebih sipit serta grill kombinasi berbentuk trapesium membuat tampilan luar All New Kijang Innova terlihat lebih modern. Sementara bagian samping hingga belakang, juga mendapatkan sentuhan baru yang makin membuat tampilan All New Kijang Innova lebih premium.

LED Projector (Q type)
Dibagian penerangan depan, terdapat dua garis lampu LED di kedua sisi headlampnya yang digunakan sebagai DRL (daytime running light). Selain itu headlamp All New Kijang Innova sudah mengusung Projector Headlight, yang dapat memberikan penerangan dengan jangkauan yang lebih jauh. Namun lampu projie ini hanya terdapat pada All New Innova tipe Q.

Smart close back door (Q type)
Dibagian belakang, juga ada fitur yang membuat mobil ini makin terkesan mewah. Fitur ini bernama Smart Close Back Door. Fitur ini bukan bagasi elektrik, namun ini adalah fitur yang akan menutup rapat pintu bagasi saat bagasi menutup namun belum rapat. Dengan fitur ini, anda tidak perlu membanting pintu bagasi ketika akan menutupnya. Cukup dorong secara berlahan hingga pintu menempel dengan dudukannya. Fitur ini akan secara otomatis merapatkan pintu bagasi. Namun anda akan menemui fitur ini pada Innove tipe Q saja.

Sementara, desain lampu belakang All New Kijang Innova dibuat seperti sirip hiu terbalik. Hal itu makin disempurnakan dengan aksesoris list garnish yang membentang dibawah kaca belakang innova. Di bagian atas juga telah terpasang tailgate spoiler serta shark fin antena yang membuat mobil ini makin terkesan modern.

Chrome door housing
Aksesoris lain yang makin membuat mobil ini terkesan premium dan modern adalah lapisan chrome pada handle tiap pintu. Memang secara fungsi, aksesoris ini tidak berpengaruh. Namun dalam segi penampilan, tentu akan menyumbang untuk menghasilkan kesan ekslusif. Kabar baiknya aksesoris ini tersedia di semua varian All New Kijang Innova.

2. Review Interior All New Kijang Innova


Dari dalam kabin, anda akan merasakan kesan yang elegan. Desain dasboard baru yang memiliki penempatan tombol navigasi yang lebih user friendly. Sementara fiturnya, juga tidak main-main. All New Kijang Innova memiliki seabrek fitur yang akan memanjakan siapa saja didalam mobil ini.

Auto HVAC
All New Kijang Innova tipe V dan Q sudah mengusung mode Automatic HVAC dengan layar digital. Namun dibagian power windows, hanya tipe Q yang dilengkapi fitur otomatis di semua jendela.

8" touch Head unit, with miraccast, bluethooth, voice command (Q and V)
Dibagian entertaiment, terdapat panel LCD layar sentuh yang memiliki lebar 8 inchi. Terbilang cukup besar karena biasanya mobil dilengkapi LCD hanya berkisar 6 sampai 7 inchi. Panel.LCD tersebut juga telah mendukung beberapa fitur seperti Miracast, HDMI, Bluetooth, DLNA, Browser Internet, Voice Command hingga Air gesture. Semua fitur tersebut akan anda temui pada tipe V dan Q. Sementara tipe G hanya dilengkapi fitur Voice Command.

TFT Mid (Q and V)
Di sektor Multi Information Display atau nama lainya instrument cluster, juga akan mendapatkan sentuhan baru mirip MID pada Camry. MID pada All New Innova telah berbentuk TFT yang mampu memberikan informasi terkait pengemudian dengan akurat dan menarik. Namun sekali lagi, fitur ini tersedia hanya pada tipe Q dan V.

Drive mode (All Type)
Hal lain yang akan membuat mobil ini nampak ekslusif yaitu dengan adanya fitur Drive mode. Fitur ini memungkinkan pengemudi berkendara dalam tiga kondisi. Normal, mode Eco dan mode power. Kabar baiknya, fitur ini telah tersedia di semua tipe All New Innova.

Premium ilumination lamp (Q and V )
Hal lain yang menunjukan bahwa mobil ini memang berkelas adalah dari atap kabinnya. Di bagian atap telah tersedia lampu interior ekslusif berlabel Premium Ilumination Lamp, berbentuk list yang mengikuti alur kabin mobil ini. Lampu ini, identik dengan Alphard dan Velfire. Fitur ini juga tersedia hanya untuk tipe V dan Q.

Captain Seat and cabin Tray
Toyota menyuguhkan hal baru pada All New Innova melalui fitur cabin tray atau meja lipat untuk penumpang baris kedua, dan captain seat seperti pada bangku tengah Alphard. Fitur ini kian menunjukan bahwa Innova bukan MPV biasa. Melainkan MPV mewah yang mengusung banyak fitur premium.

3. Review chasis dan powertrain All New Kijang Innova

Dibagian chasis, All New Innova sudah mengusung Double Wisbone untuk suspensi depan. Ini adalah tipe suspensi khas SUV yang memiliki tingkat kenyamanan yang paling baik. Selain itu, suspensi belakang All New Innova menggunakan 4 link with coil spring yang dilengkapi lateral road.

Pilihan transmisi
Untuk pilihan transmisi, ada dua macam matic dan manual. Transmisi manual innova sama persis dengan versi sebelumnya dengan M/T 5 percepatan. Untuk transmisi matic, mobil ini menggunakan pilihan A/T 6 speed yang dilengkapi Sequential Shifting di tuas transmisinya. Fitur ini akan membuat Innova baru ini lebih responsif dan mudah dikendalikan.

5. Spesifikasi mesin All New Kijang Innova

Beralih ke dapur pacu, sama seperti versi sebelumnya. Innova dilengkapi dengan dua varian mesin bensin dan mesin diesel. Mesin bensin innova, sama seperti sebelumnya namun mendapatkan penambahan teknologi Dual-VVT-i hasilnya mesin ini dapat mengeluarkan tenaga mencapai 137 HP.

Sementara mesin diesel Innova, berbeda dengan versi sebelumnya. Mesin berkode 2KD itu diganti dengan mesin diesel baru berkode 2GD. Mesin yang sama pada Fortuner ini telah mengadopsi teknologi CRDI dan VNT(Variable Noozle Turbo). Sehingga dapat mengeluarkan tenaga hingga 147 HP.

Kelebihan All New Kijang Innova

  • Tampilan baru dan sangat memukau
  • Pencahayaan lebih sempurna melalui headlamp projector
  • Fitur hiburan sangat lengkap
  • Kabin di desain sangat modern dan nyaman
  • Kenyamanan terjamin berkat suspensi double wishbone

Kekurangan All New Kijang Innova

  • Mesin diesel innova terlalu berisik
  • Bahan bakar boros
  • Lampu belakang masih mengusung bulb, belum LED
  • Harga terlalu tinggi khususnya untuk tipe terendah
  • Perbedaan fitur ditiap tipe terlalu jauh.

Itulah review kelebihan dan kekurangan All New Kijang Innova. Sebagai MPV legendaris di Indonesia, tentu mobil melekat pada konsumen Indonesia.